Wisata Alam Sangkur Banjar Memiliki Potensi Pengembangan Hutan yang Maju

Wisata Alam Sangkur Banjar

Wisata alam Sangkur merupakan destinasi menarik yang wajib dikunjungi. Destinasi wisata Sangkur, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Desa Mulyasari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat.

Destinasi alam Sangkur adalah hutan yang menyediakan pemandangan yang indah dan asri. Beberapa waktu lalu, di hari Minggu diadakan acara jalan sehat. Jalan sehat ini dilakukan di area hutan Sangkur, Dusun Sukamaju, Desa Mulyasari.

Acara ini diikuti kurang lebih 2000 orang. Antusias warga baik dalam menyambut digelarnya kegiatan jalan sehat. Selain aktivitas jalan sehat, bisa dijadikan olahraga sekaligus memperkenalkan destinasi alam di Kota Banjar.

Badan akan bugar dengan udara yang segar dan pemandangan nan elok. Destinasi wisata Sangkur di Kota Banjar termasuk mampu menarik perhatian.

Destinasi Wisata Alam Sangkur

Wisata alam adalah salah satu destinasi yang paling banyak dicari. Sebab, wisata alam mampu memberikan keindahan suatu tempat secara alami. Salah satu destinasi wisata yang dimiliki Kota Banjar yaitu hutan Sangkur.

Lokasi wisata yang berada di daerah memiliki ciri khasnya masing-masing. Hutan yang memiliki potensi alam begitu luas bisa dijadikan salah satu destinasi menarik. Gali potensi alam dengan memajukannya untuk dikenal masyarakat secara luas.

Peranan masyarakat begitu penting dalam pencapaian hasil yang maksimal. Didukung oleh petinggi yang mampu membantu dan masyarakat membuat wisata alam di daerah maju dan berkembang.

Seperti halnya destinasi hutan Sangkur yang berada di Kota Banjar. Disini diadakan kerjasama antara karang taruna, asper, kepala dinas, LMDH, serta pemerintah Kota Banjar.

Semangat LMHD adalah salah satu bentuk apresiasi yang menjadi penyemangat pemugaran wisata alam Sangkur. Hingga suatu ketika untuk memperkenalkan destinasi ini diadakan jalan sehat.

Diadakannya acara jalan sehat beberapa waktu yang lalu bertujuan untuk memperkenalkan destinasi alam Sangkur. Toni Farindo selaku ketua penyelenggara jalan sehat mengatakan dengan jelas untuk memperkenalkan destinasi wisata alam yang satu ini.

Dirinya dengan sengaja ingin memperkenalkan destinasi hutan Sangkur agar lebih dikenal masyarakat secara luas. Bagi masyarakat Kota Banjar, khususnya harus bangga dengan hal ini.

Potensi Wisata Alam Sangkur Kota Banjar

Destinasi wisata Kota Banjar tidak hanya alami, namun masih belum banyak dilakukan pemugaran. Pemugaran hutan Sangkur menjadi bukti jika Kota Banjar memiliki banyak potensi wisata menarik.

Pihak pengelola hutan Sangkur melakukan koordinasi pada pihak perhutani maupun pemerintah Kota Banjar. Banyak potensi alam yang menarik dimiliki oleh hutan Sangkur.

Potensi tersebut sangat sayang jika tidak dikembangkan dan dimanfaatkan. Potensi alam hutan Sangkur diantaranya:

Air Terjun

Siapa yang tidak suka berkunjung di area air terjun yang berada di beberapa lokasi wisata. Potensi wisata alam Sangkur juga memiliki air terjun indah yang terlihat masih alami.

Air terjun yang ada disini bisa dijadikan lokasi wisata alam yang banyak dikunjungi. Selain anda dapat menikmati udaranya yang segar, pemandangannya pun tidak kalah menarik.

Goa Kerud

Selain potensi alam, air terjun hutan Sangkur juga memiliki goa yang belum banyak dikenal masyarakat secara luas. Goa Kerud bisa dijadikan destinasi menarik yang tidak kalah seru dengan wisata goa di tempat lain. Setiap goa memiliki ciri dan keindahan masing-masing.

Situs Budaya

Beragam situs budaya juga bisa dijadikan potensi wisata hutan Sangur. Wisata di daerah selalu memiliki keunikan dan cerita sejarah yang menarik.

Hutan Sangkur menawarkan berbagai potensi alam dengan berbagai jenis situs yang belum banyak dikenal masyarakat. Padahal situs budaya adalah peninggalan orang terdahulu yang wajib untuk dilestarikan.

Selain beberapa destinasi alam tersebut, wisata alam Sangkur masih memiliki berbagai potensi menarik. Bagi masyarakat Banjar dan sekitarnya, merasa sangat bangga memiliki berbagai potensi wisata menarik.

Meski masyarakat Banjar tidak memiliki potensi wisata candi atau laut, namun harus bangga. Kota Banjar memiliki destinasi alam yang mampu dikembangkan menjadi lokasi wisata yang menarik.

Seperti yang sudah dikenal, Kota Banjar memiliki destinasi wisata alam yang banyak dan beragam. Hutannya yang masih asri dan tertata dengan baik membuat beberapa lokasi banyak dikembangkan untuk wisata. Salah satunya destinasi wisata alam Sangkur.