Vitamin Terbaik Untuk Ibu Hamil Yang Wajib Dikonsumsi Setiap Hari

Vitamin Terbaik Untuk Ibu Hamil Yang Wajib Dikonsumsi Setiap Hari

Vitamin terbaik untuk ibu hamil berikut ini penting diketahui agar kebutuhan nutrisi janin dalam kandungan terpenuhi. Dengan terpenuhinya gizi yang dibutuhkan, janin dapat tumbuh serta berkembang dengan baik dan bayi yang dilahirkan sehat. Berikut ini sejumlah nutrisi vitamin ibu hamil yang direkomendasikan untuk dikonsumsi.

1. Vitamin A

Vitamin terbaik untuk ibu hamil pertama adalah vitamin A. Ia tidak hanya berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, tetapi juga berperan dalam membantu tumbuh kembang janin. Ia akan membantu proses pembentukan tulang dan gigi, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah cacat bawaan, dan sebagainya.

Jumlah konsumsi vitamin A yang disarankan untuk ibu hamil adalah 770 mg per hari. Jika kurang dari itu, janin bisa berpotensi terganggu tumbuh kembangnya. Beberapa asupan yang bisa ibu konsumsi antara lain daging, telur, tomat, wortel dan pepaya. Jika perlu, ibu dapat mengkonsumsi suplemen tambahan.

2. Vitamin B

Vitamin yang dibutuhkan ibu saat proses kehamilan adalah vitamin B. Vitamin B9 berperan dalam membantu pembentukan sel darah merah dan memastikan produknya tercukupi. Vitamin ini bisa didapatkan pada susu ibu hamil ataupun makanan seperti kentang, brokoli, bayam, hati, dan lainnya.

Vitamin B1 juga tak kalah penting. Kandungannya berfungsi untuk membantu metabolisme energi dan tumbuh kembang janin. Ibu hamil dapat mengkonsumsi kacang-kacangan seperti kacang kapri, kacang kedelai, buncis dan lainnya untuk pemenuhan nutrisi ini.

Selain itu, ada vitamin B2 yang akan menunjang proses metabolisme protein, lemak dan karbohidrat. Ibu dapat memenuhi nutrisi vitamin jenis ini dengan mengkonsumsi susu atau produk olahannya, daging, dan juga sayuran hijau.

Ibu juga perlu memenuhi vitamin B3. Nutrisi tersebut berperan penting dalam metabolisme dan sintesis hormon. Nutrisi ini dapat diperoleh dari konsumsi telur, daging, ikat, dan alpukat serta kurma. Vitamin B lainnya yakni B6 yang bisa diperoleh dari ikan salmon, kacang, daging dan ikan tuna. Terakhir ada vitamin B12 yang didapatkan dari susu, daging dan telur.

3. Vitamin C

Selain sebagai antioksidan, vitamin C juga berperan untuk membantu penyerapan zat besi, memperkuat pembuluh darah dan membantu proses pembentukan tulang. Nutrisi ini juga berperan dalam mengaktifkan kerja sel darah putih, meningkatkan imun tubuh dan memperbaiki jaringan yang rusak.

Vitamin C juga berperan untuk menurunkan resiko meningkatnya kadar gula darah, meningkatkan tekanan darah pada ibu hamil dan membantu proses tumbuh kembang bayi. Konsumsi yang disarankan yakni 10 mg per harinya. Sejumlah makanan tinggi vitamin C dapat dikonsumsi seperti jeruk, jambu biji, stroberi, paprika dan sayur-sayuran hijau.

4. Vitamin D

Vitamin D berguna untuk membentuk dan memperkuat tulang. Ibu dapat mendapatkannya melalui konsumsi susu atau produk olahannya dan juga daging. Namun, vitamin ini akan terbentuk sempurna jika didukung dengan sinar matahari. Jadi, pastikan ibu mendapatkan sinar matahari yang cukup di pagi hari.

5. Vitamin E

Vitamin E berperan sebagai antioksidan, melindungi kerusakan sel-sel tubuh dan membantu pembentukan eritrosit. Nutrisi ini juga dapat menjaga struktur dan fungsi sel tubuh dari ibu hamil dan janin. Konsumsi yang disarankan adalah 15 mg  per harinya. Makanan yang mengandung vitamin E yakni kacang-kacangan dan minyak nabati.

Nah, itulah sejumlah vitamin terbaik untuk ibu hamil yang wajib dikonsumsi. Nutrisi tersebut haruslah diperhitungkan dengan benar. Jika tidak tercukupi, maka tumbuh kembang janin akan bermasalah. Jadi, selalu penuhi nutrisi harian yang dibutuhkan selama proses kehamilan. Jika perlu ibu bisa berkonsultasi dengan dokter.