Ternyata Buah-Buahan Ini Bisa Jadi Anti Kanker Loh.

Meskipun buah ini tidak dapat menyembuhkan kanker, buah-buahan ini dapat membantu mencegah kanker dan memperkuat sistem kekebalan tubuh kamu pada saat bersamaan.

 

Buah merupakan salah satu makanan yang paling bermanfaat bagi tubuh kamu. Buah memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan kamu tetap optimal. Penyakit kanker adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti. Namun ternyata ada beberapa buah anti kanker yang harus kamu makan untuk menghindari penyakit ini.

Apa sajakah itu?

1. Cranberry.

photo credit : health and fitness talk
photo credit : health and fitness talk

Cranberry merupakan salah satu buah yang baik sebagai antikanker karena Cranberry memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Selain itu kandungan antosianin, asam ellagic dan urine yang terkandung dalam cranberry meminimalkan radikal bebas dalam DNA yang dapat menyebabkan kanker. Kandungan-kandungan dalam cranberry juga mematikan sel berbahaya dan menurunkan pertumbuhan sel kanker mulut, usus besar, payudara dan juga prostat. Vitamin C yang terkandung dalam cranberry juga dapat membantu mencegah kanker dan melindungi sel DNA sekaligus menghambat pertumbuhan tumor.

Untuk kamu yang mengalami cystitis atau radang saluran kemih, atau biasa disebut anyang-anyangan, minum jus cranberry ternyata jauh lebih efektif daripada obat-obatan antibiotik loh.

2. Anggur.

Kandungan senyawa alami pada kulit buah anggur yang disebut resveratrol telah terbukti sebagai pengobatan kanker usus besar. Efek positif dari buah anggur tidak hanya terhadap pertumbuhan kanker usus besar tapi juga dapat membantu mengurangi resiko berkembangnya tumor di daerah payudara dan kelenjar prostat.

3. Alpukat.

photo credit : best health magazine
photo credit : best health magazine

Alpukat dapat membantu menghancurkan dan menghilangkan radikal bebas yang biasanya bermutasi pada DNA kamu yang yang bisa menjadi penyebab pertumbuhan sel kanker. Kandungan vitamin C yang tinggi pada alpukat dapat melindungi sel DNA kamu dan menghambat pembentukan tumor. Alpukat juga dipercaya dapat membantu mencegah kanker payudara prostat dan juga kanker mulut.

4. Jambu biji.

photo credit : serving joy
photo credit : serving joy

Selain berfungsi sebagai obat penambah trombosit pada penderita demam berdarah jambu biji juga berfungsi sebagai antikanker loh. Zat karotenoid pada buah jambu biji memiliki fungsi sebagai antioksidan sehingga bermanfaat untuk memberikan perlindungan pada tubuh dari serangan berbagai jenis kanker.

5. Pepaya.

Pepaya memiliki kandungan vitamin C yang dapat bekerja sebagai antioksidan dan juga mengurangi kanker yang berasal dari makanan makanan olahan. Pepaya juga mengandung asam folat yang dapat meminimalisasi kanker jenis tertentu.

 

Nah, jangan lupa selalu sertakan buah-buahan dan sayuran ya dalam menu makananmu. Lagipula mencegah lebih baik daripada mengobati. Dan lagipula makan makanan yang sehat akan berbonus pada kebugaranmu, bukan?