Tanda ASI Sudah Basi Yang Wajib Diketahui Para Ibu

Tanda ASI Sudah Basi Yang Wajib Diketahui Para Ibu

ASI merupakan sumber makanan yang sangat penting bagi bayi. Banyak ibu yang memilih untuk memompa ASI dan menyimpannya dalam botol sebagai stok saat bayi ditinggal di rumah. Namun jika penyimpanannya kurang baik, ASI bisa menjadi basi. Tanda ASI sudah basi bisa dilihat dari beberapa kondisi.

Kenali Ciri ASI Yang Sudah Basi

Sebaiknya bayi minum ASI secara langsung. Pada kondisi tertentu saat sang Ibu tidak berada di tempat, ASI dapat diperas dan disimpan dalam botol. Pada suhu ruangan ASI harus langsung dikonsumsi sebelum jam. Agar tahan lama simpan ASI dalam freezer dengan suhu 4 derajat celcius. Lalu bagaimana jika ASI terlanjur basi?. Kenali tandanya berikut ini:

1. ASI Memiliki Bau Tidak Sedap

ASI yang basi dapat dilihat dari baunya yang sudah berubah kecut dan tidak sedap seperti halnya susu sapi yang basi. Bau yang kecut dan tengik menyengat menjadi pertanda kuat bahwa ASI sudah tidak layak dikonsumsi oleh bayi. Sebelum memberikan ASI dalam botol, periksa terlebih dahulu kondisinya dengan benar.

2. Tidak Larut Saat Botol Digoyangkan

Pada saat ASI mengendap dalam suhu ruangan, ASI akan terbagi menjadi 2 lapisan yaitu lapisan atas berwarna putih kekuningan dan lapisan bawah yang berwarna lebih bening. Ini hal yang wajar. Saat botol digoyangkan kedua lapisan ini akan kembali menyatu dengan cepat. Jika saat digoyangkan keduanya tidak menyatu sempurna, ini menandakan bahwa ASI telah basi.

3. ASI Terasa Asam

Tanda ASI sudah basi berikutnya dapat dikenali dari rasanya. Cicipi susu terlebih dahulu sebelum diberikan kepada bayi. Jika rasa susu terasa asam maka itu pertanda bahwa ASI sudah basi dan tidak boleh diminum oleh bayi.

Efek Yang Ditimbulkan Jika Bayi Minum ASI Basi

Saat ASI sudah basi, kandungan nutrisinya berubah menjadi racun. Sangat berbahaya jika ASI yang basi terminum oleh bayi. Akibat yang ditimbulkan bisa sangat fatal. Beberapa efek yang ditimbulkan akibat meminum ASI basi pada bayi adalah keracunan, diare, muntah-muntah, demam dan bayi bisa menjadi sangat rewel. Dalam kondisi yang parah bayi harus mendapat penanganan medis yang tepat.

Botol Susu Dr. Brown’s Media Perantara Menyusui Terbaik

Memberi ASI dalam botol tidak boleh dilakukan sembarangan. Gunakan botol bayi yang bagus, steril dan nyaman bagi bayi. Botol susu yang tidak tepat akan membuat bayi mengalami kolik. Botol susu Dr. Brown’s dirancang sedemikian rupa agar nyaman bagi bayi dan mengurangi resiko bayi terkena kolik.

Walaupun kolik bukan penyakit berbahaya namun saat bayi mengalaminya tentu akan merepotkan orang tua akibat kerewelan dan tangisannya yang tanpa henti. Dengan botol susu Dr. Brown’s, bayi dapat menyusui dengan media perantara terbaik yang higienis dan menimbulkan rasa nyaman di mulut bayi.

Demikian ulasan mengenai tanda ASI sudah basi yang penting untuk diketahui. Berhati-hatilah saat memberikan ASI perah agar bayi terhindar dari keracunan. Semoga informasi ini bermanfaat.