Sibuk Tak Berarti Produktif, Berikut Kebiasaan Kecil Yang Membuat Kamu Tidak Produktif

photo credit:Huffington Post
photo credit:Huffington Post
Sibuk bukan berarti produktif. Management waktu yang salah bisa membuat kamu sibuk, tapi apa yang kamu kerjakan sebagian besar hanya membuang waktumu
photo credit:Huffington Post
photo credit:Huffington Post

Kesibukan dan padatnya rutinitas bukan jaminan kalau kamu produktif. Orang produktif tau jelas apa yang dia lakukan dan apa yang ingin dia capai, sedangkan sebagian besar orang sibuk hanya mengerjakan apa yang ada di depannya tanpa mengkaji ulang apakah yang dikerjakan berguna atau tidak, berikut kebiasaan kecil yang membuat kamu tidak produktif.

1. Jadi perfeksionis

photo credit:reachup.lk
photo credit:reachup.lk

Tidak ada orang yang sempurna. Memaksakan diri untuk jadi sempurna akan memakan waktumu lebih banyak. Tidak salah memang all out dalam mengerjakan segala sesuatu, justru itu merupakan sebuah keharusan agar apa yang dikerjakan bisa optimal. Tapi menunggu semuanya “sempurna” akan memperlambat langkahmu.

2. Tidak bisa mendelegasikan tugas

Mengerjakan segala sesuatu sendirian akan mengurangi fokus kamu dan membuat apa yang kamu kerjakan jadi tidak produktif. Cobalah percaya pada orang lain dengan mendelegasikan tugas atau bagikan apa yang kamu tahu, sehingga orang lain bisa turut membantu kamu. Berbagi tidak akan membuat kamu kekurangan dan semakin banyak “tangan” yang bekerja tentu akan membuat pekerjaan lebih cepat selesai.

3. Mengesampingkan rasa lelah

photo credit:telegraph.co.uk
photo credit:telegraph.co.uk

Manusia buka robot, punya limit dan rasa lelah. Dan tubuh lebih “jujur” tentang apa yang sebenarnya kamu rasakan. Padatnya rutinitas dan kesibukan seringkali membuat orang mengesampingkan rasa lelah dan menunda istirahat. Padahal istirahat cukup akan membuat kamu lebih fresh dan membuat produktivitas meningkat.

4. Memberi “batas” pada diri sendiri

photo credit:The Odyssey Online
photo credit:The Odyssey Online

Apa yang kamu pikirkan akan memberi sugesti pada dirimu sendiri. Membatasi diri dengan berpikir negatif dan mengatakan tidak bisa akan menghalangi potensi yang kamu miliki dan membuat kamu tidak bisa melakukan banyak hal, yang sebenarnya kamu mampu melakukannya. Kamu tidak akan pernah tahu hasilnya sebelum kamu mencoba.

5. Menjauhi “masalah”

Banyak orang menghindari masalah dan cenderung cari “aman”. Padahal dengan kamu berhasil dalam menemukan solusi dan menyelesaikan masalah baru, maka kamu akan lebih berkembang dan tentu akan meningkatkan skill yang kamu miliki.

Bagaimana SahabatTransport? Semoga bermanfaat.