Waktu yang Tepat Kamu Punya Kartu Kredit, Inilah Tanda-Tandanya!

Gaya Hidup

photo credit: Bankrate

4.2K
Hal-hal berikut menjadi penentu apakah inilah waktunya kamu memiliki kartu kredit atau tidak!

Berada di era millennial yang semua serba praktis, kartu kredit menjadi salah satu bagian kebutuhan saat ini. Dahulu tidak semua orang memiliki kartu kredit, tapi sekarang bisa dikatakan semua banyak transaksi yang lebih menguntungkan jika menggunakan kartu kredit. Terbukti di Indonesia sendiri sudah mencapai sekitar 16 juta orang yang menggunakan kartu kredit. Tapi, walaupun begitu, kamu harus memahami dengan selaga fasilitas dan layanan yang ditawarkan. Apakah sekarang waktu yang tepat untuk kamu memilikinya? Nah, berikut ada beberapa hal yang harus kamu pastikan terlebih dahulu sebelum memiliki kartu kredit.


1. Kesiapan finansial


Credit: entrepreneur

Sebelum mendaftar untuk memiliki kartu kredit, kamu harus pastikan bahwa finansial kamu baik alias kamu memiliki penghasilan yang diterima secara rutin. Hal ini merupakan persyaratan dasar yang perlu kamu.


2. Memiliki pekerjaan tetap


Credit: intuit

Untuk mendapatkan keuangan secara rutin berarti kamu harus memiliki pekerjaan tetap. Baik kamu menjadi pekerja full timer di sebuah perusahaan, atau memiliki sebuah usaha. Hal ini membuat kamu layak memiliki kartu kredit.


3. Keuangan stabil

Credit: forbes

Kartu kredit memiliki beberapa limit yang berbeda. Mengetahui tingkatan keuangan yang dimiliki bisa menjadi penentu batasan nilai kartu kredit kamu. Tentukan kartu kredit yang batas nilainya sesuai dengan kondisi keuangan kamu.


4. Tidak memiliki banyak utang

Credit: thecreditsolutionprogram

Hal lain yang perlu diperhatikan sebelum memiliki kartu kredit adalah kamu tidak memiliki hutang. Jika kamu masih memiliki kredit rumah, kredit mobil, dan lainnya, lebih baik jangan memiliki kartu kredit terlebih dahulu karena itu hanya akan menimbulkan masalah keuangan kamu nantinya.


5. Gaya hidup

photo credit: Daily Mail

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa dengan menggunakan kartu kredit akan membuat kamu bertransaksi lebih praktis. Maka dari itu jika kamu memiliki gaya hidup yang suka berbelanja karena memiliki budget keuangan yang lebih, suka jalan-jalan ke luar negeri, dan sebagainya. Maka sudah waktunya kamu memiliki kartu kredit. Karena sudah ada banyak promo-promo yang ditawarkan yang sesuai dengan gaya hidup kamu, seperti promo tiket, penginapan, hingga mendapatkan diskon dengan kartu kredit.

Itu dia lima hal yang harus kamu perhatikan. Praktis memang, tapi tetaplah bijak dalam menggunakannya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Waktu yang Tepat Kamu Punya Kartu Kredit, Inilah Tanda-Tandanya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Geovania Loppies | @geovanialoppies

Silahkan login untuk memberi komentar