Hasil Karya Ukir Hiper Realis Para Seniman Ini Bikin Merinding!

Berkarya

4.5K
Jika kamu melihat karya hiper realis ini, kamu pasti sulit membedakan apakah itu manusia sungguhan atau bukan.

Setiap orang memang memiliki bakat yang berbeda-beda dan luar bisa. Salah satunya adalah para seniman yang selalu berusaha, teliti, telaten, dan niat yang begitu kuat untuk membuat sebuah karya yang indah. Berikut adalah karya dari 8 pemahat yang terkenal di dunia.

Mereka membuat sebuah karya dari kayu yang sempurna dan sangat detail, sehingga kamu mungkin tidak bisa membedakannya apakah itu asli atau tidak. Yuk, lihat hasil karya-karyanya. Kamu bisa sangat takjub dan kagum akan keahlian para pemahat ini.


1. Ron Mueck

Pemahat dari Australia ini merupakan anak dari keluarga yang memiliki usaha dalam pembuatan boneka. Karya Mueck yang menjadi perhatian publik adalah Dead Dad, merupakan penggambaran ayahnya yang baru meninggal dunia. Karya ini dipamerkan di Royal Academy of Arts, London pada 1997. Karya Mueck biasanya berupa manusia yang memiliki skala yang lebih besar. Biasanya ia bisa menghabiskan waktu lebih dari satu tahun untuk menyelesaikan karyanya.


photo credit: pinterest


2. Evan Penny

Lahir di Afrika Selatan, Evan Penny kini tinggal di Toronto, Kanada. Karya Penny merupakan patung manusia yang ia buat dari silikon, pigmen, rambut, dan aluminimum. Karyanya dikenal begitu mirip seperti manusia asli, tapi ia selalu berkata bahwa “The real can’t be represented or symbolized”. Tahun ini, Penny mengadakan exhibition dengan tema Ask Your Body di San Samuele, Venice.

photo credit: jacarebanguela

photo credit: francescomugnai

3. Patricia Piccinini

Patricia merupakan seniman dari Australia berumur 52 tahun. Ia telah membuat exhibition solo pada tahun 1994. Hal itu membuat ia menerima banyak penghargaan seperti Lifetime Acheivement Award, Melbourne Art Foundation pada 2014 silam. Sekarang Patricia menjadi Professor Victorian college of The Arts di University of Melbourne.

photo credit: issnruede

photo credit: flickr


4. Marc Sijan

Pemahat panting lain yang karyanya begitu mengagumkan adalah Marc Sijan. Karya-karyanya dikenal begitu detail dan menarik. Ia selalu membuat karyanya terlihat hidup. Ia telah menyelesaikan pendidikannya sebagai Master of Science in Art pada 1971. Karya-karyanya pun telah masuk dalam koleksi pameran di lebih dari 30 museum internasional.

photo credit: jazjaz

photo credit: pinterest

5. Jamie Salmon

Pemahat dari Inggris ini mempelajari seni ukir secara otodidak. Ia memulai kariernya sebagai seniman komersil dan pemahat untuk industri film. Dia mengkhususkan karya-karya pada patung hiper realis dengan memakai karet silikon, resin, rambut, dan kain sebagai bahan pembuatannya.

photo credit: avatarsculptureworks


6. Maurizio Cattelan

Lahir pada 21 September 1960, pemahat asal Italia ini memulai kariernya pada tahun 1980 sebagai pembuat furnitur kayu di Forli, Italia. Dia dikenal karena patung satirnya. Ia juga menciptakan sebuah patung burung unta dengan kepala terkubur di tanah, mengenakan kostum patung dengan kepala raksasa Picasso, dan menempelkan sebuah galeri Milan ke dinding dengan perekat. Pada waktu yang sama ia juga menciptakan Oblomov Foundation.

photo credit: perrotin

photo credit: perrotin


7. Carole Feuerman

Pemahat hiper realis dari Amerika ini dikenal sebagai tokoh perintis patung hiper realis di dunia. Melalui karyanya, ia menciptakan manifestasi visual dari cerita yang ingin ia sampaikan. Bahan-bahan yang sering ia gunakan dalam pembuatan patung adalah baja, perunggu, air, suara, dan video. Tahun 2011 Carole telah membuat The Carole A. Feuerman Sculpture Foundation dan sampai sekarang ia fokus pada patung publik.

photo credit: lookatme

photo credit: lookatme


8. Adam Beane

Adam Beane adalah pematung master yang terkenal dengan karya potretnya yang sangat realistis dan dinamis. Ia merupakan salah satu pemahat otodidak, dan terus mengasah talentanya untuk bisa menciptakan karya yang detail dan realistis. Dalam mengembangkan talenta dan tekniknya, ia menggunakan alat pemahat tradisional.

photo credit: webdesignerdepot

photo credit: webdesignerdepot

BACA JUGA


Deretan Mural Kreatif Terbaik di Dunia yang Bisa Bikin Lingkungan Bagai Pameran Seni!

Deretan Mural Kreatif Terbaik di Dunia yang Bisa Bikin Lingkungan Bagai Pameran Seni!

Mengekspresikan diri lewat seni itu banyak caranya. Salah satunya adalah lewat melukis di dinding yang besar. Tidak mudah loh melukis di ...

Read more..

Bagaimana menurutmu karya-karya mereka? Perjuangan mereka untuk membuat sebuah karya seperti itu tidaklah mudah. Banyak waktu dan tenaga yang diberikan. Tapi hasilnya sungguh luar biasa yah.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Hasil Karya Ukir Hiper Realis Para Seniman Ini Bikin Merinding!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Geovania Loppies | @geovanialoppies

Silahkan login untuk memberi komentar