Merayakan Idul Adha Jauh Dari Keluarga? Jangan Bersedih, Ini Enam Hal Yang Bisa Kamu Lakukan

Kamu berstatus sebagai perantau? Jangan bersedih hati kalau kamu tidak bisa pulang ke rumah. Ini enam hal yang bisa kamu lakukan di hari raya Idul Adha.

Hari raya Idul Adha merupakan salah satu hari raya yang akan terasa menyenangkan apabila dirayakan bersama keluarga. Akan tetapi, apa daya, terkadang orang-orang yang tidak dapat pulang ke rumah karena alasan pekerjaan atau pendidikan. Nah, apakah kamu termasuk perantau dan tidak berkesempatan untuk pulang di hari raya? Kalau iya, jangan terlalu bersedih. Lebih baik, isi hari rayamu dengan hal-hal berikut ini!

1. Beribadah bersama teman-teman yang senasib

SahabatTransport, tentunya, sebagai anak rantau, entah karena kamu bekerja di luar kota atau sedang kuliah, kamu pasti memiliki teman-teman yang senasib. Nah, daripada kamu merana sendirian, lebih baik hubungi teman-teman kamu yang sama-sama tidak dapat berkesempatan untuk pulang ke kampung halaman. Ajak mereka untuk beribadah bersama. Setidaknya, kamu tidak akan merasa begitu sendirian!

2. Adakan kegiatan masak bersama

Setelah beribadah, terkadang, kamu bisa saja mendapat rezeki. Biasanya, ada daging sapi atau kambing yang dibagikan pada saat hari raya Idul Adha. Apabila kamu beruntung mendapatkannya, akan menyenangkan kalau kamu dan teman-temanmu yang senasib tadi melakukan kegiatan masak bersama. Selain mengisi hari libur, kamu juga bisa sambil belajar memasak loh. Atau setidaknya, kamu bisa saling memberi saran atas masakan yang kamu buat.

3. Bantu-bantu ibu kos

Selama kamu di perantauan, ibu kos menjadi sosok yang harus kamu hormati. Nah, kalau kamu memang tidak ada kegiatan lagi, tidak ada salahnya kamu membantu ibu kos. Membantu masak, mungkin? Dengan membantu ibu kos, kamu akan memiliki hubungan yang baik dengan beliau. Sehingga, mungkin nanti di kala kamu ada kesulitan, ibu kos bisa membantu kamu dengan ikhlas. Eits, jangan lupakan juga, mungkin setelah kamu bantu-bantu masak, kamu bisa mendapat jatah makanan di hari raya. Ssst! Jangan keras-keras!

4. Jalan-jalan bersama teman

photo credit: malangvoice.com
photo credit: malangvoice.com

Ibadah sudah selesai. Masak sudah. Masih punya waktu luang? Manfaatkan waktu luang kamu dengan jalan-jalan bersama temanmu. Tentunya, jalan-jalan ini bertujuan untuk membunuh rasa sepi dan juga kangen rumah yang mungkin kamu alami karena harus merayakan hari raya tanpa keluarga. Nggak perlu kok jalan-jalan ke tempat yang jauh. Sekadar piknik di taman kota atau nongkrong di kafe favorit, bisa menjadi pilihan untuk kamu bersantai dan ngobrol bersama teman-temanmu!

5. Manfaatkan me Time yang kamu miliki

Teman-teman kamu ternyata pulang ke rumah masing-masing dan kamu sendirian, RulaWoman? Jangan bersedih. Coba ubah perspektifmu dan cobalah untuk memanfaatkan me time yang kamu miliki. Saat kamu sendirian, mungkin kamu bisa melakukan banyak hal. Mulai dari menonton film, membaca buku, hingga mungkin mengerjakan tugas kuliah atau kantor. Me time juga bisa kamu gunakan untuk beristirahat. Jadi, bukan berarti kamu benar-benar sendirian ya di hari raya. Yang ada, kamu lah yang memanfaatkan saat-saat yang kamu miliki untuk diri kamu sendiri.

6. Hubungi orang rumah

photo credit: shutterstock.com
photo credit: shutterstock.com

Meskipun kamu berada jauh dari rumah, ada baiknya kamu tetap menghubungi orang rumah. Mengobrol dan juga menanyakan kabar di hari raya dapat menjadi salah satu obat kangen buatmu. Tak cukup lewat suara? Sekarang sudah zaman dengan teknologi canggih, lakukan video call bersama keluarga. Ceritakan kegiatanmu di hari raya ini dan tentunya, sampaikan maafmu karena belum bisa pulang ke rumah seperti biasanya. Keluargamu pasti akan memakluminya.

Terkadang, saat merayakan hari raya jauh dari keluarga, ada rasa haru yang terselip di hati. Akan tetapi, kamu harus tetap menjalani hari raya dengan penuh rasa syukur. Banyak hal kok yang dapat kamu lakukan. Mulai dari berkumpul bersama teman, hingga memanfaatkan waktu untuk dirimu sendiri. Yang pasti, jangan bersedih hati karena tidak bisa pulang. Momen Idul Adha, meskipun kamu jauh dari keluarga, akan tetap berkesan jika kamu bisa memanfaatkan momen tersebut dengan sebaik-sebaiknya. Tetap semangat! Selamat hari raya Idul Adha!