Menu Sahur Sehat Dan Praktis Berbahan Dasar Brokoli Yang Menjaga Kulitmu Segar Sepanjang Hari

Tidak hanya bermanfaat bagi kekebalan tubuh dan kesehatan jantung, brokoli juga dipercaya mampu melindungi kulit wajahmu dari kerusakan.

Selain cocok sebagai menu dietmu, brokoli juga bisa kamu jadikan pilihan menu sahur. Karena tidak hanya bermanfaat bagi kekebalan tubuh dan kesehatan jantung, brokoli juga dipercaya mampu melindungi kulit wajahmu dari kerusakan. Kulitmu menjadi lebih kuat untuk melawan sinar ultraviolet sehinga kamu dapat bebas berpergian di siang hari. Adanya vitamin C dan E dalam kandungan brokoli akan menjaga kelembaban kulit sehingga kulitmu segar sepanjang hari apalagi di bulan puasa dimana tubuh kamu kekurangan asupan air. Nah, berikut menu yang praktis untuk menjadi temanmu saat sahur (untuk 1 porsi):

1. Omelet Brokoli Keju

Bellabeat
Bellabeat

Bahan dan Bumbu:

– Brokoli secukupnya (potong kecil-kecil, bisa juga ditambah sayuran lainnya seperti wortel dan kembang kol)
– 2 butir telur
– Keju parut
– Roti gandum
– Daun bawang
– Lada
– Garam

Cara Membuat:

1. Panaskan minyak atau margarin dalam wajan yang telah panas.
2. Tumis brokoli dan sayuran tambahan lainnya.
3. Campurkan telur, keju parut, daun bawang, lada, dan garam secukupnya ke dalam mangkuk berukuran sedang.
4. Tuang campuran telur itu ke dalam wajan. Masak hingga berwarna kuning keemasan.
5. Sajikan dengan roti gandum

2. Pasta Brokoli

Hurry The Food Up
Hurry The Food Up

Bahan dan Bumbu:

– Brokoli secukupnya potong kecil-kecil
– 50 gram dada ayam (potong dadu)
– 50 ml susu cair
– 50 gram spaghetti (bisa diganti dengan jenis pasta lainnya)
– 2 siung bawang putih
– 1/2 sdt maizena
– Bawang bombay secukupnya
– Minyak zaitun (bisa diganti dengan minyak sayur)
– Lada Hitam
– Garam
– Saus tiram
– Keju (sebagai garnish)

Cara Membuat:

1. Rebus spaghetti hingga lunak dalam air mendidih yang telah diberi sedikit minyak agar tidak lengket. Kemudian tiriskan dan pindahkan ke piring saji.
2. Sambil menunggu spaghetti lunak, panaskan wajan. Tumis bawang putih dan bawang bombay dengan minyak zaitun sampai harum kemudian masukkan dada ayam.
3. Setelah itu masukkan brokoli. Tambahkan garam, lada, dan saus tiram.
4. Tambahkan susu. Setelah mendidih, masukkan maizena. Aduk rata.
5. Tuang saus brokoli ke dalam piring yang berisi pasta.
6. Spaghetti siap disantap!

3. Brokoli Cah Sapi

Once Upon a Chef
Once Upon a Chef

Bahan dan bumbu:

– 150 gr brokoli, potong kecil-kecil
– 100 gr daging sapi, iris tipis-tipis
– 1 porsi nasi/ kentang yang telah direbus
– Bawang bombay sesuai selera
– Saus tiram
– 1 sdt tepung maizena (cairkan dengan air)
– Kecap asin
– Merica bubuk

Cara Membuat:

1. Lumuri daging sapi dengan kecap asin, dan merica, lalu diamkan selama 30 menit
2. Tumis rendaman daging sapi tadi hingga matang dengan minyak goreng yang telah panas.
3. Rebus brokoli selama beberapa menit, lalu tiriskan.
4. Kemudian tumis bawang bombay sampai kecoklatan, masukkan saus tiram, daging yang telah ditumis, dan brokoli. Aduk rata.
5. Masukkan maizena yang telah dicairkan. Tunggu sampai tercampur rata.
6. Siap disajikan dengan nasi hangat. Atau kalau sedang diet, kamu bisa menggantinya dengan kentang.

Bagaimana, sudah siap mencoba? Meskipun brokoli dapat mencegah kulitmu agar tidak kering, jangan lupa tetap minum air putih yang cukup ya!