Mengenal Aplikasi Video Bokeh dan Contoh Aplikasinya

Mengenal Aplikasi Video Bokeh dan Contoh Aplikasinya

Jangan salah paham dulu jika mendengar kata bokeh. Yang dimaksud bukan video dengan konten tertentu, namun teknik pengambilan foto yang diambil dari kosakata jepang yang berarti buram atau blur. Efek bokeh pada video maupun foto sangatlah populer dan orang sudah mengenal aplikasi video bokeh yang tersedia di internet.

Sebelum mengambil atau menciptakan video dengan teknik bokeh menggunakan aplikasi. Ada baiknya pengguna memahami apa itu aplikasi video bokeh dan seperti apa teknik bokeh itu. Berikut ini ada sekilas penjelasan mengenai teknik pengambilan bokeh sekaligus dengan aplikasinya. Kemudian akan dibahas pula contoh aplikasi yang bisa digunakan oleh pengguna.

Mengenal Teknik Pengambilan Gambar Bokeh

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bokeh diambil dari kosa kata Bahasa Jepang. Kata ini memiliki arti buram, blur, atau kabur. Hal ini memang sangat mewakili tampilan fotonya, dimana memang ada area yang dibuat kabur untuk menonjolkan objek fokus pada frame.

Untuk menghasilkan tampilan seperti ini, pengambil gambar harus memanfaatkan fitur fokus pada kamera. Mengarahkan semua fokus pada objek sehingga area yang berada di luar fitur fokus akan menjadi buram. Biasanya video atau foto yang diambil akan semakin maksimal dengan lemahnya pencahayaan yang ada di sekitar.

Teknik pengambilan gambar bokeh sendiri sebenarnya sudah ada sejak tahun 1977. Terbilang sebagai teknik pengambilan gambar yang sulit pada masa itu. Karena harus mengkombinasikan berbagai teknik dan trik. Pengembangnya sendiri adalah seorang editor majalah bernama Mike Johnston.

Namun seiring dengan berkembangnya teknologi dalam pengambilan gambar. Menciptakan video dengan teknik bokeh semakin mudah sekarang. Apalagi dengan adanya berbagai aplikasi bisa menciptakan teknik bokeh secara instan.

Aplikasi-Aplikasi Video yang Bisa Digunakan Untuk Efek Bokeh

Setelah mengetahui mengenai teknik bokehnya sendiri. Selanjutnya pengguna harus mengenal aplikasi video bokeh yang bisa digunakan. Aplikasi ini bisa dipasang di smartphone pengguna jadi pengguna tidak harus memiliki kamera untuk mempelajari dan menciptakan efek ini. Cukup dengan kamera HP saja dan bantuan dari aplikasi-aplikasi di bawah ini:

1. Paling Aman Digunakan Video Show

Video Show sudah lama dipercaya sebagai aplikasi edit video di sistem operasi basis Android. Ternyata aplikasi ini juga mampu menciptakan efek bokeh pada video selain fitur editing yang lainnya, loh. Hal tersebut dimungkinkan karena Video Show punya efek blur yang bisa diseleksi.

Jadi pengguna bisa memilih sendiri bagian mana yang ingin di blur dan mana yang di fokus. Apalagi aplikasi ini mampu mengedit video dengan durasi yang panjang namun tetap mempertahankan resolusinya.

2. Tampilan Lebih Sederhana dengan InShot

Jika dibandingkan dengan Video Show, InShot punya ukuran yang lebih ringan dan tampilan yang lebih sederhana. Namun bukan berarti fiturnya kurang lengkap bahkan fitur pada InShot sudah cukup untuk menciptakan efek bokeh yang rapi dan estetik.

Karena sama seperti Video Show, aplikasi satu ini punya efek blur atau buram yang bisa menyeleksi area. Jadi pengguna bisa dengan bebas untuk menentukan area yang di blur. Sayangnya untuk kualitas video yang dihasilkan bisa dibilang tidak sejernih Video Show. Namun tidak tergolong rendah juga.

3. Untuk Para Pemula Mago Video

Untuk para pengguna yang mungkin baru saja mengenal efek bokeh dan ingin menciptakannya dengan cara mudah. Bisa menggunakan aplikasi Mago Video, aplikasi yang colourfull ini memang ditujukan untuk para pemula. Punya efek yang lengkap namun dengan tampilan yang sederhana membuat aplikasi ini semakin mudah digunakan.

Bagaimana setelah mengenal aplikasi video bokeh dan mengetahui tentang teknik bokeh. Pastinya pengguna akan tertarik untuk mencobanya, bukan. Aplikasi-aplikasi di atas bisa didapatkan secara di https://bpbdkotabandarlampung.id/ dengan fitur premiumnya yang sudah terbuka secara gratis.