Macam-macam Virus Komputer

Macam-macam Virus Komputer

Virus adalah salah satu masalah umum yang sering menyerang laptop atau komputer. Akibat dari serangan virus itu bisa membuat performa laptop melambat, file penting tidak terbaca atau hilang, hingga peretasan akun. Namun, seiring berkembangnya zaman, teknologi untuk menghadang virus juga semakin canggih. Itulah mengapa sekarang jarang terjadi serangan virus yang menggemparkan. 

Macam-macam Virus Komputer

Virus komputer yang berbahaya di antaranya: 

  • Virus Worm

Virus Worm menginfeksi komputer menggunakan email dan terhubung dalam jaringan internet. Virus Worm dapat menggandakan diri, membuat file acak tak berguna pada komputer sehingga membuat memori penyimpanan cepat penuh dan sistem komputer menjadi rapuh. 

  • Virus Trojan

Trojan biasanya muncul melalui jaringan internet dan email yang diterima. Trojan memiliki kemampuan memperoleh informasi seperti password, kebiasaan user yang tercatat dalam sistem log, data, bahkan mengendalikan target. 

  • Multipartite Virus

Virus ini menginfeksi sistem operasi dan program tertentu yang jika tidak diatasi akan membahayakan kesehatan RAM dan hard disk.

  • Web Scripting Virus

Web Scripting muncul ketika komputer tersambung dengan internet dan mengganggu program dalam komputer. Sebenarnya, Web Scripting adalah sebuah kode program yang digunakan untuk mengoperasikan konten dalam website dan bukan termasuk virus. Namun, karena mengganggu maka digolongkan ke dalam virus.

  • FAT Virus

Virus yang tersembunyi di tempat penyimpanan data pribadi dan mampu merusak file tertentu. Virus ini bisa menyembunyikan file sehingga terlihat bahwa file hilang atau terhapus. 

Untuk mencegah serangan virus pada laptop atau komputer, Anda harus memasang antivirus. Disarankan untuk scan komputer dan laptop secara teratur. 

Jika komputer atau laptop sudah terkena virus, segera bersihkan perangkat Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan jasa service laptop kantor untuk membersihkan virus, Anda bisa menghubungi Asani