Kulit Kapalan? Sekarang Nggak Lagi. Inilah 5 Rahasia Si Penghancur Kapalan Yang Ada di Dapur Kamu

Kapalan adalah penebalan atau pengerasan kulit akibat gesekan yang berlebihan umumnya kapalan ini muncul pada bagian kaki, tumit, tangan dan juga jari.

Kapalan sendiri muncul karena berat badan menekan secara berlebihan salah satu area di kulit kamu. Kulit yang mengalami tekanan secara berlebihan tersebut akan menebal untuk melindungi jaringan di bawahnya sehingga reaksi ini membuat kapalan muncul loh.

Banyak cara untuk menghilangkan kapalan baik secara modern maupun juga tradisional. Tetapi untuk kamu yang ingin mencoba menghilangkan kapalan secara tradisional kamu bisa mencoba cara-cara berikut:

1. Lemon.

photo credit : Pexels
photo credit : Pexels

Karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi lemon sangat berfungsi untuk melembutkan bagian kulit yang mengeras kamu sehingga hal tersebut membantu mencegah munculnya kapalan. Kamu hanya perlu menggosok-gosokkan lemon pada bagian kulit yang mengeras di tubuh kamu.

2. Baking soda.

Baking soda sangatlah baik digunakan sebagai exfoliator. Sehingga baking soda dapat mengikis bagian kulit yang mengeras pada tubuh kamu. Selain untuk menghilangkan kulit keras pada tubuh kamu baking soda juga berfungsi sebagai proteksi anti bakteri.

3. Massage.

Massage sangat berguna untuk meningkatkan aliran darah pada bagian tubuh kamu sehingga darah yang terus mengalir tersebut membentuk jaringan yang baru menggantikan jaringan darah yang lama. Jadi massage sangat baik untuk menghilangkan kulit keras atau kapalan pada tubuh kamu.

4. Espom salt atau garam inggris.

photo credit : smart detox
photo credit : smart detox

Penggunaan espom salt atau garam Inggris adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menghilangkan kulit kapalan kamu. Kamu bisa menambahkan garam Inggris tersebut ke dalam air hangat dan rendam kaki kamu selama 10 sampai 15 menit untuk membantu menghilangkan kulit mengeras atau kapalan kamu. Selain untuk menghilangkan kapalan , Espom salt sendiri berfungsi juga untuk relaksasi dan detox tubuh.

5. Vitamin e.

photo credit : Google
photo credit : Google

Kandungan antioksidan pada vitamin eh sudah sangat terbukti untuk menjaga dan merawat kulit kamu. Sehingga kandungan antioksidan tersebut membantu kulit kamu untuk membentuk kulit baru dan menggantikan sel kulit mati. Vitamin E sangatlah banyak terkandung dalam biji bunga matahari, hazelnut, brokoli dan juga labu.

Kamu juga bisa menurunkan resiko kapalan kamu seperti mencuci kaki dan memastikan mengeringkannya dan tidak lupa untuk mengoleskan krim pelembut pada bagian kulit yang sering kapalan. Penggunaan sarung tangan juga sangat membantu kamu mencegah kapalan.

Nah, selamat mencoba ya.