Ketika Teman Merendahkanmu di Depan Umum, Hadapilah Dengan Cara Ini!

Photo Credit : newbeauty.com
Photo Credit : newbeauty.com
Pribadi yang dewasa adalah yang mampu menjaga kestabilan emosinya.

Seringkali ketika sedang berkumpul dengan teman-teman, terkadang ada saja celetukan yang merendahkanmu. Disengaja atau tidak, tetap saja celetukan tersebut membuatmu merasa kesal ya. Tapi sebaiknya jangan emosi dulu, lihat situasi dan kondisi suasana di sekitarmu. Pahami apakah temanmu hanya sekadar bercanda buat seru-seruan atau memang serius sedang nyinyirin kamu.

Jangan keburu emosi dulu, daripada dihadapi dengan emosi nggak jelas, lakukan saja cara berikut ini untuk menetralisir suasana.

1. Tenang

Tenanglah, ketika temanmu mengatakan hal buruk tentangmu di depan umum, bukan berarti kamu tidak bisa membalasnya. Tidak semua kejahatan dibalas dengan kejahatan. Orang lain juga bisa menilai kebaikanmu jika kamu tetap tenang meskipun temanmu merendahkanmu, biarkan mereka yang menilainya. Kalau kamu malah meladeninya akan sangat terlihat kalau kamu nggak dewasa. Keep calm ya.

Photo Credit : shutterstock
Photo Credit : shutterstock

2. Sabar

Sabarlah, jangan pernah membuat paradigma sabar itu ada batasnya. Kesabaran tidak ada batasnya, jika semakin banyak kamu bersabar, maka semakin baiklah kualitas dirimu. Jangan pernah menyerah dengan emosimu. Kesabaranmu akan membuat temanmu sadar dengan sendirinya, bahwa dia tengah merendahkan orang yang salah.

Photo Credit : shutterstock
Photo Credit : shutterstock

3. Utarakan apa yang ingin kamu sampaikan

Bicaralah dengan pelan ketika sudah tidak ada orang di sekitarmu. Sebaiknya utarakan dari hati ke hati. Katakan pada temanmu bahwa kamu kurang menyukai sikapnya. Katakan dengan lembut agar temanmu memahamimu. Biarkan temanmu memahamimu, agar bisa mengingat bahwa perbuatannya tidaklah menyenangkan. Segala sesuatu bila dikomunikasikan dengan baik maka semuanya akan baik-baik saja.

Photo Credit : sashimaidubai.com
Photo Credit : sashimaidubai.com

4. Jaga tutur katamu

Jika kamu ingin dihargai, maka hargailah orang lain terutama temanmu. Belajarlah bertutur kata yang baik, dengan kata-kata yang baik bisa membuat orang segan mengatakan keburukan tentangmu. Jangan membalas dengan spontan setiap kata-kata yang dilontarkan temanmu walaupun itu sangat menyakitimu, tetaplah jaga ucapan agar kamu tidak melakukan hal yang sama dengan perlakuan temanmu.

Photo Credit : newbeauty.com
Photo Credit : newbeauty.com

5. Tetap tersenyum

Senyum adalah ibadah, dengan senyum kamu bisa menjadikan orang yang berpikiran buruk tentangmu menjadi tertarik padamu. Jangan berhenti tersenyum meskipun kamu menyimpan kesedihan ketika direndahkan sekali pun.

Photo Credit : shutterstock
Photo Credit : shutterstock

Nah, tetaplah menjadi elegan meskipun temanmu merendahkanmu. Bukan berarti kamu kalah, hanya saja mengalah membentuk kepribadianmu jadi lebih baik.