Kegunaan Mesin RO Pada Sistem Pengolahan Sumber Air dan Pendistribusian Air Bersih di Hotel

Kegunaan Mesin RO Pada Sistem Pengolahan Sumber Air dan Pendistribusian Air Bersih di Hotel

Sebagian besar masyarakat pasti pernah menginap di hotel. Selain urusan pekerjaan, travelling kadang perlu menginap di hotel. Hotel merupakan salah satu industri yang membutuhkan pasokan air bersih dalam jumlah banyak. Bukan rahasia umum, penggunaan mesin RO (Reverse Osmosis) untuk pendistribusian air bersih. Maka perlu diketahui sistem pengolahan dan pendistribusiannya.

Sistem Pengolahan Sumber Air Hotel

Setiap hotel pasti memiliki instalasi khusus untuk mengolah air bersih. Instalasi tersebut meliputi pengolahan air serta pendistribusiannya pada setiap bagian hotel yang membutuhkan. Pada umumnya, sebuah hotel memiliki 2 sumber utama untuk pengadaan air bersih. Adapun ulasan air bersih itu sebagai berikut:

1. Sumur Dalam (Deepwell)

Pengeboran Sumur dalam (deepwell) dilakukan untuk mendapatkan pasokan sumber air yang cukup untuk seluruh kebutuhan hotel. Air yang berasal dari sumur dalam tidak serta merta bisa langsung digunakan. Karena berasal dari dalam tanah, perlu dilakukan penyaringan terlebih dahulu.

Proses pengolahan dimulai dengan memompa air menuju tangki penampungan . Setelah itu akan dialirkan ke mesin-mesin filter menggunakan pompa transfer. Terdapat lebih dari satu mesin filter untuk proses penyaringan. Diantaranya sand filter, multi filter (carbon filter), soft filter dan yang terakhir mesin RO (Reverse Osmosis).

Setelah melewati mesin-mesin filter, air tersebut akan ditampung di Clean Water Tank. Air hasil penyaringan di Clean Water Tank nantiya akan di pompa untuk memenuhi supply kebutuhan air hotel.

2. PDAM

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) merupakan pemasok kedua air bersih untuk seluruh aktivitas hotel. Tujuannya untuk backup dan mencegah kurangnya supply air bersih dari Clean Water Tank. Air dari PDAM akan disalurkan melalui pipa dan ditampung pada Clean Water Tank atau Raw Water Tank tergantung kebijakan pengolahan air tiap hotel.

Pendistribusian Air Bersih di Hotel

Proses Pendistribusian air bersih di hotel harus dilakukan dengan penuh perhitungan. Banyak sekali bagian-bagian hotel yang dalam pelayanannya sangat membutuhkan sumber air bersih. Air bersih akan digunakan untuk berbagai keperluan hotel maupun fasilitas untuk tamu. Diantaranya sebagai berikut:

1. Kamar Mandi

Biasanya air pada kamar mandi terbagi menjadi 2, yakni air panas dan air dingin. Air dingin akan di distribusikan langsung dari tangki penampungan air. Sedangkan air panas akan melalui tahap pemanasan. Proses pemanasan air untuk kebutuhan hotel memerlukan bantuan mesin RO ini.

Mesin ini akan berfungsi untuk menyaring air bersih sebelum masuk ke mesin boiler atau water heater. Hal ini diperlukan untuk proses demineralisasi air agar tidak terdapat kandungan kapur di dalamnya. Air dengan tingkat conductivity yang tinggi akan menyebabkan penumpukan kerak dan membuat kinerja mesin boiler berkurang.

2. Kolam Renang, Waterpark, Jacuzzi dan Laundry

Fasilitas umum hotel yang memerlukan banyak air bersih adalah kolam renang, waterpark, dan jacuzzi. Kolam renang dan waterpark hanya memerlukan air bersih suhu ruang. Namun untuk fasilitas jacuzzi atau pemandian air panas, diperlukan proses pemanasan air terlebih dahulu.

Selain ketiga fasilitas itu ada fasilitas lainnya, salah satunya laundry. Tidak semua hotel menyediakan fasilitas laundry. Proses laundry memerlukan air bersih, meskipun jumlahnya tidak banyak. Biasanya jasa laundry tidak termasuk dalam paket menginap, jadi pengunjung hotel harus membayar lebih untuk bisa menikmati fasilitas ini.

3. Kitchen (Makanan dan Air Minum)

Air bersih dibutuhkan untuk proses memasak, mencuci alat masak dan alat makan. Pada kebanyakan hotel di Amerika dan Eropa, pengunjung bisa minum air langsung dari keran. Hotel tidak menyediakan air minum botol seperti di Indonesia. Hal ini karena sistem pengolahan airnya sudah diakui WHO sehingga aman langsung dikonsumsi.

Itulah sedikit informasi tentang penggunaan mesin RO untuk pendistribusian air bersih di hotel. Air bersih merupakan kebutuhan utama di industri ini. Ketersediaan air bersih dan pelayanan yang memuaskan menjadi kunci utama kemajuan sebuah hotel.