Kamu Penyuka Mango Sticky Rice? Inilah Resep Mudah Mango Sticky Rice Yang Sedang Hits Itu

Penganan tradisional asal Thailand ini mudah dibuat, loh. Yuk, coba resepnya di rumah!

SahabatTransport, akhir-akhir ini, berbagai macam penganan pencuci mulut banyak bermunculan. Salah satunya adalah Mango Sticky Rice. Wah, makanan apa itu? Mango Sticky Rice atau Khao Niao Mamuang merupakan makanan pencuci mulut tradisional asal Thailand. Makanan manis satu ini terbuat dari ketan, mangga segar, dan juga santan. Ternyata, selain ada di Thailand, nyatanya Mango Sticky Rice ini juga bisa ditemui di hampir seluruh daratan Indo-Cina di Asia Tenggara, termasuk Laos, Kamboja, dan juga Vietnam.

Jadi, negara Gajah Putih ini juga memiliki makanan tradional khas yang patut dicoba. Mungkin ketika mendengar Thailand, kamu lebih berminat kepada pariwisata yang ditawarkan. Akan tetapi, nyatanya, wisata kuliner di Thailand juga tak kalah juara, kok. Salah satunya, ya Mango Sticky Rice.

Loh, memangnya, Mango Sticky Rice ini se-spesial apa? Nah, makanan ini biasaya dimakan pada saat puncak musim mangga. Kalau di Thailand, puncak dari musim mangga jatuh pada bulan April dan Mei.

photo credit: bakingthegoods.com
photo credit: bakingthegoods.com

Ehm, perlu nggak sih jauh-jauh ke Thailand untuk bisa menyantap makanan ini? Jawabannya adalah tidak. Berikut merupakan cara sederhana untuk membuat makanan khas Thailand itu. Disimak, ya!

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Pada dasarnya, membuat Mango Sticky Rice tidaklah sesulit yang kamu bayangkan. Tentunya, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan-bahan tersebut adalah sebagai berikut:

1. 1 ½ gelas beras ketan

2. 1 1/3 gelas santan

3. 1 1/3 gelas dan 3 sendok makan gula

4. ¼ sendok teh garam

5. 1 buah mangga yang sudah dikupas dan dipotong.

Semua bahan di atas pastinya akan mudah kamu temukan di supermarket. Tidak ada bahan khusus, kok. Jadi, akan memudahkan kamu pastinya dalam membuat makanan ini di rumah.

Cara pembuatan

• Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencuci beras ketan sampai bersih menggunakan air dingin. Kemudian, rendam beras ketan tersebut dalam air selama semalam.

• Kukus beras ketan yang telah didiamkan selama 30-40 menit. Tunggu hingga air kukusannya berkurang dan ketannya mulai melunak.

• Sembari memasak beras ketan, siapkan satu wadah kecil untuk mencampur santan, gula, dan juga garam. Aduk hingga tercampur dan panaskan. Pastikan bahwa campuran ini tetap hangat.

• Masukkan beras ketan yang telah matang ke dalam campuran santan. Biarkan selama 30 menit atau sampai santan meresap ke dalam ketan.

• Selain itu, kamu juga harus menyiapkan saus yang terdiri dari 1/3 gelas santan, 3 sendok makan gula. Aduk selama kurang-lebih satu menit, atau setidaknya tercampur rata. Setelah selesai, pindahkan adonan saus ke dalam mangkuk kecil dan biarkan hingga dingin.

• Untuk menyajikannya, cukup siramkan saus ke atas beras ketan yang sudah mulai meresap dan tambahkan potongan mangga di atasnya.

• Voila. Jadi deh, Mango Sticky Rice buatan kamu.

Nah, demikian. Cukup mudah bukan cara pembuatannya? Pada dasarnya, kamu bisa menggunakan jenis mangga apa saja untuk membuat makanan ini. Akan tetapi, kebih baik gunakan mangga kuning karena rasanya yang memang lebih manis dari mangga hijau. Lalu, lebih baik, segera konsumsi Mango Sticky Rice setelah kamu memasaknya. Karena, apabila sudah dimasukkan ke dalam kulkas, ada kemungkinan beras ketannya akan semakin mengeras dan santan dari makanan ini cepat mengalami kadaluwarsa.