Kamu Penulis Pemula? 5 Platform Penulis Ini Akan Mewadahi Karyamu Dan Memungkinkanmu Menggaet Ribuan Pembaca Loh

Kamu penulis pemula? Bingung cara memamerkan karyamu tanpa takut gak dipedulikan? Karena masih pemula, kadang kita malu meminta bantuan teman untuk mengomentari karya kita. Kalau malu-malu terus begitu, kapan kamu berhasil menulis dengan lebih baik? Untungnya kita terlahir di jaman digital, di mana semua hal bisa dilakukan hanya dari dalam ruangan. Salah satu jawaban untuk permasalahan para penulis adalah platform menulis digital. Jika di blog, kamu memilki alamat sendiri, yang mungkin agak sulit untuk memamerkan karyamu, maka di platform menulis ini kamu lebih mudah mengajak orang-orang dengan minat sama (membaca dan menulis) untuk mengomentari karyamu.

Nah, berikut 5 platform menulis yang bisa kamu kunjungi dan berkarya:

1. Wattpad.com

sumber: pribadi
sumber: pribadi

Wattpad merupakan platform menulis online paling populer saat ini. Didirikan tahun 2009 dan sekarang telah memiliki 10 juta koleksi cerita dari seluruh dunia yang dapat dibaca secara gratis. Hal yang menarik di Wattpad adalah sistem copyright atau hak cipta sehingga kamu tidak bisa sembarang mengcopy paste tulisan orang lain dan menjaga supaya karya kamu juga tidak sembarangan dijiplak. Wattpad juga telah memiliki aplikasi android dan ios yang memungkinkan kamu untuk mengedit dan memposting karyamu dengan lebih mudah. Saat ini banyak penerbit yang melirik penulis-penulis dengan cerita yang telah populer di Wattpad untuk diterbitkan karyanya menjadi buku fisik lho!

2. figment.com

sumber: Google
sumber: Google

Hampir mirip seperti wattpad, figment.com merupakan platform menulis online dimana kamu bisa menulis buku dan memamerkan karyamu. Figment didirikan tahun 2012 dan terdapat koleksi 440ribu cerita di dalamnya. Di figment juga terdapat fitur forum dan review untuk berdiskusi dengan sesama penulis.

3. fictionpress.com

Meskipun memiliki tampilan sederhana, fictionpress memiliki pengguna aktif sejumlah 2 juta anggota. Didirikan pada tahun 1998 dan hingga sekarang ficyionpress menjadi salah satu platform menulis terbesar di dunia.

4. storial.co

sumber: Google
sumber: Google

Merupakan platform menulis novel online pertama di Indonesia. Selain itu storial kerap mengadakan sayembara menulis dengan berbagai macam hadiah. Storial memilki fitur untuk menulis secara bertahap dengan mengunggah ceritamu bab per bab. Selain itu kamu juga dapat berkolaborasi dengan penulis lain melalui fitur cowriting. Didirikan tahun 2015, saat ini storial telah memiliki 500 judul buku.

5. kemudian.com

Tidak sedikit penulis yang memulai karyanya dari situs ini dan kemudian menerbitkan sebuah buku. Di kemudian.com kamu bisa menulis cerita yang kemudian sambungannya dilanjutkan oleh orang lain. Penulis dapat menampilkan cerita yang telah rampung atau cerita yang baru tercetus idenya, settingnya, tokohnya atau bahkan endingnya. Setiap anggota boleh menambahkan bagian lain dari cerita, kemudian bersama-sama membentuk cerita itu menjadi suatu cerita yang utuh.

 

Ayo mulailah menulis dan memamerkan karyamu di sana. Siapa tahu dengan banyaknya komentar akan membuatmu semakin belajar menulis dengan baik.