Jenis Alat Bantu Dengar Anak, Sesuaikan Dengan Kebutuhan Anak!

Jenis Alat Bantu Dengar Anak, Sesuaikan Dengan Kebutuhan Anak!

Apa saja jenis alat bantu dengar anak? Bagaimana cara agar anak mau untuk menggunakan alat tersebut? Bagi anak-anak mengggunakan alat bantu pendengaran memang mungkin terasa mengganjal dan kurang nyaman. Untuk mendapatkan solusi dapat dilakukan konsultasi pada ahlinya dengan mengakses Aqm-hearingcenter.com .

Pada layanan website tersebut maka akan didapatkan solusi yang tepat serta alat yang sesuai bagi anak-anak. Alat bantu dengar bagi anak sebenarnya sama saja dengan jenis yang ada di pasaran yang dipakai orang dewasa, sebagai berikut:

1. Jenis Behind the Ear

Alat bantu dengar yang ada dikalangan masyarakat terdiri dari 5 jenis. Jenis alat pendengaran yang pertama yaitu Behind the Ear. Penggunaan dari alat ini dikaitkan pada bagian belakang telinga. Suara akan dimasukkan melalui tabung earmold yang tersedia. Alat ini dapat digunakan untuk semua jenis gangguan pendengaran.

Jenis alat bantu ini mungkin akan kurang nyaman digunakan bagi anak-anak. Hal tersebut dikarenakan telinga anak akan sepenuhnya terpenuhi oleh alat earmold. Kondisi alat yang terlihat juga memungkinkan anak kurang percaya diri. Namun kelebihan dari alat satu ini lebih tahan lama karena baterai besar. Untuk mengontrol volume juga dapat dilakukan dengan manual.

2. Jenis Receiver in the Canal

Alat bantu kedua ini hampir mirip dengan yang pertama. Hal yang membedakan hanya terletak pada bagian selang yang lebih kecil. Penggunaan alat bantu ini juga berada pada bagian luar telinga khususnya bagian belakang. Mengggunakan alat ini mungkin lebih nyaman dari sebelumnya karena tidak memerlukan penggunaan earmold pada bagian telinga.

3. Jenis Inside the Ear

Tipe alat bantu dengar yang kedua yaitu Inside the Ear. Jenis alat bantu ini mungkin cukup sesuai bagi anak-anak. Hal tersebut dikarenakan alat dirancang sesuai dengan bentuk telinga setiap anak. Alat ini digunakan dengan cara dimasukkan pada bagian telinga luar sehingga menutupi lubang telinga. Bagi anak-anak yang mulai aktif beraktivitas sangat sesuai untuk digunakan.

Meskipun cukup sesuai bagi anak namun tipe ini juga memiliki kekurangan seperti baterai yang kecil. Baterai mempengaruhi lama daya penggunaan sehingga akan lebih sering ganti baterai. Selain itu, alat bantu ini masih dapat terlihat oleh orang lain namun ukurannya lebih kecil dari tipe sebelumnya.

4. Jenis Inside the Canal

Inside the Canal mungkin hampir sama dengan jenis ITE namun alat bantu pendengaran memiliki ukuran lebih kecil. Letak dari alat ini pada telinga juga berada pada bagian awal lubang masuk saluran telinga. Untuk memiliki alat ini umumnya diperlukan pemesanan atau custom.

Tenaga ahli akan memberikan desain dan bentuk yang disesuaikan dengan kondisi telinga masing-masing konsumen. Kelemahan dari jenis alat ini yaitu biaya yang mahal dan sulit untuk mengubah volume.

5. Jenis Completely Inside Canal

Jenis ini hampir sama dengan jenis ketiga, namun ukurannya lebih kecil. Alat ini umumnya dibuat hanya seusai dengan pesanan konsumen. Pemasangan alat ini pada bagian lubang telinga dan hampir tidak terlihat oleh orang lain. Penggunaan alat ini dipercaya akan lebih meningkatkan percaya diri penggunanya karena tidak terlihat.

Kelemahan dari jenis alat bantu dengar ini yaitu harga yang mahal serta rentan terhadap kotoran yang akan menyumbat speaker. Oleh karena itu jika mengggunakan alat bantu dengar anak jenis ini perlu dilakukan pengecekan secara berkala oleh orang tua. Hal tersebut dilakukan agar speaker tidak tersumbat dan bekerja optimal.

Telah diketahui beberapa jenis alat bantu dengar anak yang dapat digunakan. Sesuaikan jenis alat bantu dengar tersebut dengan kebutuhan anak agar anak mau untuk menggunakannya.