Jatim Maknyus! Rekomendasi 10 Makanan Khas Jatim Yang Harus Kamu Cicipi Saat Mudik Lebaran

Photo Credit: Pemerintah Kabupaten Gresik
Photo Credit: Pemerintah Kabupaten Gresik

“Mudik ke Jatim? Yuk cicipi 10 makanan lezat berikut ini!”

Bagaimana suasana Lebaranmu? Dan kemana tujuan mudikmu bersama keluarga tercinta? Bila Jawa Timur menjadi destinasi berkumpul sanak famili, yuk mari cicipi 10 makanan khas yang maknyus ini!

1. Rujak Cingur

Photo Credit: Kompasiana
Photo Credit: Kompasiana

Rujak cingur adalah ikon kuliner Surabaya yang populer di kalangan pecinta makanan dan masyarakat awam. Berisi potongan tahu, tempe, lontong, sayuran, dan tentunya cingur alias mulut sapi yang paling dinanti. Kenikmatan rujak cingur terletak pada bumbu petis dan kacang yang digunakan. Bumbu uleg tersebut akan semakin nikmat bila ditambahkan gedhang kluthuk, cabai, dan air asem jawa sebagai penambah cita rasa. Jika kamu ingin mencicipi rujak cingur terbaik di Surabaya, datanglah ke Jalan Ahmad Jais. Di sana terdapat rujak cingur langganan para tokoh nasional.

2. Soto Lamongan

photo credit: Google
photo credit: Google

Kamu yang mudik di daerah Jawa Timur akan sangat familiar dengan kuliner satu ini. Soto Lamongan tak hanya terkenal di kota asal, sebab di daerah lain juga kamu mudah menemukan. Namun, mencicipi soto Lamongan langsung dari ‘rumahnya’ menjadi hal yang pasti berbeda. Di Depot Asih Jaya Lamongan, kamu bisa menemukan soto paling enak dan rasanya nendang. Tentu, yang jadi poin penting dalam sajian ini adalah serbuk koya dan kuahnya yang tiada dua!

3. Rawon

Photo Credit: Closet Domestic Bunny
Photo Credit: Closet Domestic Bunny

Sup hitam asal Jawa Timur berisi potongan daging sapi ini juga banyak digemari. Rawon biasa dihidangkan di hajatan-hajatan besar seperti pernikahan, khitanan, dan Lebaran. Warna hitam sendiri berasal dari kluwek yang juga jadi pewarna dalam kuah sup konro. Untuk berburu rawon terlezat, Kamu bisa mampir ke Rawon Nguling di Probolinggo, Rawon Setan dan Rawon Pak Pangat di Surabaya, atau Rawon Pak Di di Gresik.

4. Nasi Krawu

Photo Credit: Pemerintah Kabupaten Gresik
Photo Credit: Pemerintah Kabupaten Gresik

Selain terkenal dengan pabrik semen, Gresik juga dikenal sebagai ‘rumah’ bagi salah satu makanan terlezat di Jawa Timur yaitu nasi krawu. Berupa sepincuk nasi yang dilengkapi suwiran daging sapi gurih, serundeng dua warna, sambal petis, dan kuah semur, nasi krawu menjadi primadona yang selalu diburu para pemudik saat Lebaran. Bila kamu ingin sajian nasi krawu terlezat, mampirlah ke Depot Buk Tiban, Buk Timan, Bu Rika, dan Bu Mus di Gresik.

5. Ayam Lodho

Photo Credit: Info Trenggalek
Photo Credit: Info Trenggalek

Mudik ke Jawa Timur, rasanya belum lengkap jika tidak mencoba ayam lodho. Bumbu rempah dan santan yang kuat sekilas mirip kari ayam namun keduanya jelas berbeda. Proses pembuatan ayam lodho diawali dengan membakar ayam lalu memasak bumbu kari hingga kuahnya asat. Selain gurih, ayam lodho juga dikenal pedas menggigit. Datanglah ke Ayam Lodho Pak Yusuf jika ingin bermandi keringat saat mengunjungi kerabat di Trenggalek.

6. Sego Tempong

Photo Credit: Travel Kompas
Photo Credit: Travel Kompas

Nah, kalau tujuan mudik kamu ke Banyuwangi, tentu tak asing lagi dengan sego tempong ini. Eits, tak hanya di Banyuwangi saja loh, sebab di sekitar Jembrana dan Singaraja pun banyak ditemukan warung sego tempong yang tak kalah lezatnya. Sajian ini berupa seporsi nasi dengan aneka sayuran, lauk pauk, serta sambal yang pedas menampar (dalam bahasa Jawa, “tempong” berarti “tampar”). Untuk rekomendasi sego tempong paling enak, Rula merekomendasikan warung milik Mbok Nah yang banyak dikunjungi para pejalan. Berani coba?

7. Tahu Campur

Photo Credit: Manual Jakarta
Photo Credit: Manual Jakarta

Kalau bicara tentang Lamongan, rasanya tak akan ada habisnya kita mengagumi aneka kuliner lezat yang berasal dari sana. Tak cuma sotonya yang maknyus, tahu campurnya pun wajib dicoba. Terdiri dari sop panas berisi potongan kikil sapi, tahu goreng, perkedel singkong, taoge dan selada segar serta mi kuning dan kerupuk udang, kekuatan tahu campur terdapat pada petisnya yang menambah cita rasa sedap. Ingin cicip yang paling ajib? Yuk mampir ke Tahu Campur Pak Joko di Jalan Arteri Pondok Indah, Lamongan!

8. Lontong Balap

Photo Credit: KSMTour
Photo Credit: KSMTour

Balik lagi ke Surabaya, di sana ada Lontong Balap Garuda yang melegenda selain Rujak Cingur Ahmad Jais. Keunikan nama lontong balap punya sejarah unik yakni para penjualnya sering jalan cepat-cepat layaknya sedang balapan karena tak kuat memikul gentong tanah liat yang sungguh berat. Lontong balap sendiri berupa sepiring gunungan tauge rebus yang dikombinasikan potongan lontong, tahu, dan lentho enak yang disiram kuah dan disajikan bersama sate kerang, kecap, dan sambal. Kamu sudah pernah mencobanya?

9. Bebek Goreng

Photo Credit: Foody
Photo Credit: Foody

Inilah yang paling seru. Mudik ke Jawa Timur tidak akan lengkap tanpa mencoba hidangan bebek goreng krispi dengan sambal pedas menggelora. Daging bebek yang kering di luar sangat tender dan juicy di dalam. Sangat cocok dinikmati sebagai kuliner malam kamu bersama keluarga tersayang. Bebek goreng ternikmat bisa kamu coba di Bebek Tugu Pahlawan dan Bebek Sinjay.

10. Bakso Malang

Photo Credit: Google
Photo Credit: Google

Last but not least, setelah menahan lapar dan dahaga selama sebulan, kamu tak boleh melewatkan kenikmatan Bakso Malang saat mudik ke kampung halaman. Apa yang membedakan dari bakso kebanyakan? Bakso Malang tentu lebih sedap dari segi kuah dan pentol yang berisi cacahan daging sapi melimpah. Ups, jangan lupa! Tambahkan siomay dan bakso tahu juga ya biar makin terasa sedapnya!

SahabatTransport, itulah 10 kuliner yang wajib kamu cicipi saat mudik Lebaran ke Jawa Timur. Kamu punya rekomendasi lain? Bagikan di kolom komentar ya!