Inilah Contoh Artikel Ilmiah dan Ciri-Cirinya

Contoh Artikel Ilmiah dan Ciri-Cirinya

Dalam kehidupan sehari-hari, contoh artikel ilmiah bisa ditemukan dalam bentuk berita, review dan lain sebagainya. Hanya saja artikel yang dibuat harus berdasarkan fakta dan data sebagai salah satu ciri artikel ilmiah yang baik dan benar.

Sebuah artikel biasanya ditulis dengan menggunakan metode mengarang tulisan hingga harus melakukan riset atau penelitian, tentu saja harus ditulis dengan gaya bahasa yang sederhana agar mudah dipahami oleh para pembaca.

Ada banyak contoh penulisan artikel ilmiah yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk membuat tulisan yang baik dan benar. Namun sebelum membahas itu, ketahui terlebih dahulu pengertian artikel ilmiah dan ciri-cirinya dibawah ini.

Pengertian Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah adalah suatu karya tulis yang dibuat dengan ide dan gagasan yang dihasilkan dari penelitian, pengamatan, observasi dan evaluasi sesuai dengan metode ilmiah. Maka dari itu, isi artikel ilmiah harus sesuai fakta dan data.

Contoh artikel ilmiah bisa berupa surat kabar, berita, dan informasi lainnya yang ditulis sesuai kaidahnya. Hal ini karena artikel ilmiah berbeda dengan membuat artikel biasa, penulis harus memenuhi etika dan kaidah ilmiah.

Cara membuat artikel ilmiah isinya harus sesuai kenyataan bukan lah karangan belaka, maka penulisannya pun harus bisa dipertanggungjawabkan. Lantas, seperti apa ciri-ciri penulisan artikel ilmiah yang baik dan benar?

Ciri-Ciri Artikel Ilmiah

Sebelum membuat artikel ilmiah, ketahui beberapa ciri artikel yang baik dan benar berikut ini sehingga bisa jadi referensi buat yang ingin menulis artikel ilmiah, dimana salah satunya harus berdasarkan fakta. Berikut ciri-ciri selengkapnya.

  1. Artikel ilmiah bersifat faktual dan objektif, tulisan sesuai dengan fakta dan realita bukan dongeng atau mitos
  2. Artikel ilmiah harus dari pemikiran yang logis dan empiris, serta dapat dibuktikan akan kebenarannya
  3. Artikel ilmiah dibuat untuk kepentingan ilmiah atau ilmu pengetahuan, ditulis secara sistematis dan terurut
  4. Artikel dibuat bukan untuk mempengaruhi pembaca, melainkan untuk mendidik sesuai dengan fakta
  5. Gaya penulisan artikel menggunakan bahasa formal yang eksplisit atau tegas, tidak berbelit-belit dan ambigu
  6. Artikel ilmiah ditulis berdasarkan referensi dan rujukan yang jelas sehingga selalu tercantum daftar pustaka
  7. Artikel ilmiah menggunakan hipotesis awal, kemudian analisis masalah, dan beberapa kesimpulan

Itulah beberapa ciri penulisan artikel ilmiah yang perlu diketahui, untuk mendapatkan informasi lengkap lainnya bisa kunjungi Mustakim.org ada berbagai referensi yang bermanfaat, bisa menambah pengetahuan dan wawasan.

Selanjutnya ketahui contoh penulisan artikel ilmiah dibawah ini, untuk menambah pengetahuan tentang cara menulis artikel ilmiah yang baik dan benar.

Contoh Tulisan Artikel Ilmiah

Jika ingin mengetahui contoh artikel ilmiah dengan berbagai tema agar bisa dijadikan sebagai referensi untuk membuat tulisan ilmiah sesuai dengan kaidah yang telah ditentukan, maka bisa simak informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Artikel Ilmiah Kesehatan

Artikel Ilmiah Kesehatan

Adapun contoh penulisan artikel ilmiah tentang kesehatan yang bisa dijadikan referensi adalah sebagai berikut :

2. Artikel Ilmiah Pendidikan

Artikel Ilmiah Pendidikan

Berikut ini contoh penulisan artikel ilmiah tentang pendidikan yang bisa dijadikan inspirasi, yaitu sebagai berikut :

3. Artikel Ilmiah Populer

Artikel Ilmiah Populer

Adapun contoh penulisan artikel ilmiah dengan mengangkat tema yang sedang populer saat ini adalah sebagai berikut.

Dengan mengetahui contoh artikel ilmiah dan ciri-ciri tulisan yang benar, maka bisa menjadi inspirasi dan referensi bagi yang sedang belajar atau ingin membuat artikel dengan kaidah ilmiah. Pastikan artikel dibuat sesuai fakta dan data ya!

Demikian informasi terkait penulisan artikel ilmiah dan contoh penulisannya berdasarkan ciri-ciri penulisannya yang baik dan benar. Semoga informasinya bermanfaat dan menginspirasi, serta nantikan update informasi lainnya hanya disini saja!