Hayo Ngaku! Kutu Buku Pasti Pernah Baca Novel Karya Mira W. Inilah 5 Judul Novel Terbaik Karya Mira W. yang Masih Seru Dibaca Ulang

Photo Credit: Google
Photo Credit: Google

Jika berbicara tentang penulis wanita Indonesia terbaik, Mira W. masih jagonya. Manakah judul novel karya Mira W. yang jadi favoritmu, SahabatTransport?

Mira W. atau Mira Widjaja adalah penulis asli Indonesia yang berhasil menelurkan ratusan karya sepanjang hidupnya. Novel-novel bergenre drama penuh melankolia itu memiliki ciri khas tokoh bad boy yang berpasangan dengan gadis baik, profesi dokter, pembunuhan, psikopat, drama rumah tangga, perselingkuhan, serta butuh waktu puluhan tahun untuk menggapai kebahagiaan. Seperti dijelaskan, karya-karya Mira W. memang tidak jauh-jauh dari ilmu kedokteran dan tokoh berprofesi dokter sebab selain dikenal sebagai penulis andal, Mira adalah seorang dokter sekaligus dosen kawakan. Nah untuk mengisi libur akhir pekan, yuk baca kembali 5 novel terbaik karya penulis fenomenal ini!

1. Semburat Lembayung di Bombay

Photo Credit: Google
Photo Credit: Google

Berada di urutan pertama yang cocok kamu baca adalah Semburat Lembayung di Bombay, sebuah kisah yang mengambil latar di India dengan manis getir cinta segitiga antara Rio –Nuke – Madhuri. Kisah bermula saat Rio berangkat ke Bombay menjelang pernikahannya dengan Nuke. Di tepi laut, di balik Gateway of India, Rio dirampok dan dianiaya hingga mengalami luka cukup serius. Bahkan, tak hanya kehilangan identitasnya, Rio pun kehilangan ingatannya. Dalam kondisi amesia dan tidak ingat namanya, ia jatuh cinta pada Dokter Madhuri yang merawatnya dan bahkan menyelamatkan nyawanya. Singkat cerita, Rio menikah dengan Madhuri meski banyak pertentangan dari keluarga karena Madhuri telah dijodohkan dengan Ravi sejak kanak-kanak. Suatu ketika, Nuke, tunangan Rio berhasil menemukan jejaknya dan menyusul ke India. Rio yang pelan-pelan mulai mendapatkan kembali ingatannya merasa sangat bimbang. Pun juga Madhuri yang akhirnya merelakan Rio menikahi Nuke meski dirinya sedang hamil muda. Tapi hidup tak semulus itu, masih banyak kejadian demi kejadian menimpa mereka hingga Madhuri meninggal akibat kanker dan menyerahkan anaknya untuk dirawat Nuke.

2. Jangan Pergi, Lara

 

photo credit: Google
photo credit: Google

Cerita mengharu biru juga dialami oleh novel kedua yang Transport rekomendasikan untuk kamu semua. Jangan Pergi, Lara adalah salah satu novel terbaik karya Mira W. sepanjang karir kepenulisannya dan telah diangkat ke layar kaca dengan judul Cinta Dara Kembar. Adalah Lara yang harus melepas cinta sejatinya, Adrian, untuk menikahi saudara kembarnya, Lina, yang punya penyakit jantung bawaan. Lara sendiri akhirnya memilih Dedi, bekas pasien yang dirawatnya karena berkelahi dan jatuh cinta pada Lara yang baik hati. Nasib kurang beruntung yang menimpa Lara membuat siapapun merasa iba, terlebih lagi saat ia didiagnosa menderita kanker tulang yang berakhir amputasi pada kakinya. Ketegaran, kekuatan, serta pengorbanan Lara terhadap saudaranya benar-benar memberi pelajaran pada kita semua, khususnya bagaimana menjalani hidup sebagai perempuan.

3. Biarkan Kereta itu Lewat, Arini!

 

Photo Credit: Google
Photo Credit: Google

Sama dengan judul kedua yang telah Transport rekomendasikan, Biarkan Kereta itu Lewat, Arini! juga pernah diangkat ke layar kaca dibintangi oleh Ida Iasha—wanita tercantik di zamannya sebagai Arini dan Rano Karno yang sukses memerankan tokoh Nick—pemuda usil nan tampan. Nick dan Arini akhirnya menikah meski terpaut usia sangat jauh hingga membuat Ibu Nick naik pitam. Apalagi, pada saat itu karir Arini tengah menanjak dan Nick belum beroleh pekerjaan. Pada awal pernikahan, mereka berdua sepakat pergi ke psikiater untuk menyesuaikan diri dalam hubungan. Naik turunnya konflik mereka berdua sangat menarik untuk dibaca, terutama saat Ella, anak Arini dari hasil pernikahan terdahulunya bersama Helmy harus menjalani operasi cangkok ginjal baru di luar negeri. Arini yang pergi bersama Helmy tentu membuat Nick cemburu dan berbuah fitnah besar yang dimotori oleh Ibu Nick. Ia menghasut anaknya untuk bercerai dengan menunjukkan bon pembelian baju tidur dan foto Helmy bersama Arini. Saat rumah tangga Nick dan Arini di ujung tanduk, dokter malah mengabarkan bahwa Arini sedang hamil. Dalam ujian terberat hidupnya karena Nick menolak mengakui anaknya, Arini berjuang mempertahankan kandungan hingga melahirkan sendirian melalui operasi caesar.

4. Cinta Sepanjang Amazon

 

Photo Credit: Google
Photo Credit: Google

Novel Cinta Sepanjang Amazon diangkat ke layar kaca dengan judul True Love. Dibintangi oleh Fanny Fabriana sebagai Vania dan Mario Lawalata sebagai Aries, kisah bermula di bangku kuliah saat Vania yang berasal dari keluarga sederhana dianggap sebagai anak harap karena tidak diketahui siapa ayahnya. Karena kesulitan demi kesulitan hidupnya, Vania menempa diri menjadi wanita tangguh dan cerdas sehingga ia mendapat beasiswa dan diizinkan membuka usaha warnet di lingkungan universitas. Kesalahan terbesar Vania saat ia menjalin hubungan dengan Aries, mahasiswa kaya raya dari keluarga terhormat. Demi cintanya pada Vania, Aries pun rela meninggalkan keluarga untuk menikah dan tinggal bersama Vania. Semula Aries berpikir bahwa segalanya akan mudah, namun hidup memang tak cukup bermodal cinta saja. Aries baru merasakan sulitnya hidup tanpa subsidi orangtua, terlebih lagi saat Guntur—pengawal pribadinya menambah rumit kondisi rumah tangga. Pernikahan dua insan muda itupun berantakan karena banyaknya prahara yang menghadang. Banyak kekeliruan dan kesalahpahaman datang, terlebih lagi ketika Vania ternyata mengandung anak dari Guntur yang tidak diketahui oleh Aries.

5. Sampai Maut Memisahkan Kita

 

Photo Credit: Google
Photo Credit: Google

Rekomendasi terakhir dari Transport, Sampai Maut Memisahkan Kita sangat layak untuk kembali dibaca. Berkisah tentang seorang lelaki bernama Febrian yang kehilangan kejantanan karena sebuah kejadian di masa lalunya. Febrian yang pergi ke Amerika akhirnya bertemu dengan Blue Angel, pegulat wanita yang akhirnya membantu Febrian mengembalikan kejantanan. Alih-alih sebagai bacaan ‘panas’ penuh adegan seksual, novel ini justru mengajarkan kita banyak hal. Tentang istilah-istilah dalam ilmu kedokteran, hingga kesetiaan seorang perempuan. Febrian dan Angel yang bersumpah saling mencintai hingga maut memisahkan pun tak ayal mengalami naik turunnya kehidupan. Apalagi ketika Febrian memutuskan kembali ke Indonesia dan melakukan sesuatu yang membuat Angel berang dan memutuskan untuk pulang. Febrian yang bimbang akhirnya menyusul Angel ke Amerika namun semuanya telah terlambat, karena waktu telah mengubah segalanya, tapi tidak dengan cinta.

Nah SahabatTransport, itulah kelima novel terbaik karya Mira W. yang masih seru dibaca ulang. Untuk menghabiskan akhir pekan memang cocok ditemani banyak bacaan, terutama yang penuh dengan pelajaran dan sarat nilai-nilai kehidupan. Judul manakah yang sudah pernah kamu baca atau ingin kembali kamu baca? Bagikan di kolom komentar.