Hati-Hati! Ini Akibatnya Kalau Kamu Kurang Minum Air Putih

Terdiri dari 80 % air pada bayi, dan 60 % air pada orang dewasa. Kamu wajib minum 8 gelas air sehari.

Air adalah salah satu komponen yang paling penting yang menjaga cairan didalam tubuh manusia. Setidaknya tubuh kamu membutuhkan asupan 1,5 hingga 2 liter air setiap harinya. Namun, apa jadinya kalau tubuh kamu kekurangan cairan akibat kamu kurang minum? Yuk cari tahu.

1. Gangguan Kulit.

photo credit : kesehatan 96
photo credit : kesehatan 96

Kulit akan menjadi kusam, kasar dan kehilangan elastisitasnya ketika tubuh kamu kekurangan cairan. Hal ini terjadi karena fungsi enzim yang menjaga kesehatan kulit kamu tidak dapat berjalan dengan baik. jika kamu tidak ingin kulit kamu kusam dan kasar maka, minumlah air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya ya.

2. Kelelahan.

Jika tubuh kamu kekurangan air putih badan kamu akan terasa lemah, letih, lesu, kurang bersemangat, dan mudah sekali capek walaupun tidak melakukan aktivitas yang berat. Ini terjadi karena air berfungsi membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh. Jika tubuh kekurangan air maka oksigen dan nutrisi tidak dapat tersalurkan dengan baik yang akhirnya membuat tubuh kamu menjadi mudah lelah.

3. Resiko Tekanan Darah Tinggi.

Kurang minum air putih dapat menyebabkan pembuluh kapiler menutup loh. Penutupan pembuluh kapiler tersebut pada akhirnya lah akan mengakibatkan terbatasnya pergerakan darah yang dapat menyebabkan darah tinggi. Sehingga mencukupi kebutuhan cairan tubuh sangat membantu dalam menurunkan tekanan darah ke tahap normal.

4. Masalah Pencernaan.

photo credit : spirit web
photo credit : spirit web

Karena kurangnya cairan di dalam tubuh, terutama air putih yang berfungsi untuk membantu proses pencernaan dalam tubuh kamu loh. Kurangnya konsumsi air putih dapat menyebabkan berbagai gangguan pencernaan seperti susah buang air besar. Jadi, sebelum meminum obat-obatan pencahar, kalau kamu memiliki gangguan buang air besar, cobalah perbanyak minum air putih dahulu.

5. Kurangnya Konsentrasi.

Konsentrasi ini sangatlah diperlukan untuk melakukan berbagai aktivitas. Kondisi otak yang mengalami kekurangan cairan menyebabkan berbagai gangguan konsentrasi. Melamun, sulit mengerjakan tugas atau bahkan mudah melakukan kesalahan merupakan akibat kamu kurang minum air putih.

 

Cairan yang diperlukan tubuh kamu tidak hanya berasal dari air putih saja loh. Kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang dapat menambah cairan tubuh kamu seperti buah-buahan.