Cara Pasang Audio Mobil Agar Aki Tidak Tekor dengan Aman Sendiri Dirumah

Cara Pasang Audio Mobil Agar Aki Tidak Tekor dengan Aman Sendiri Dirumah

Salah satu penyebab aki cepat habis yang tidak disadari pengguna mobil adalah kurang tepatnya pemasangan audio tambahan yang biasa dijadikan sebagai aksesoris fungsional. Jika dibiarkan dapat berakibat pada menurunnya kualitas aki sehingga pengguna menjadi lebih sering menggantinya. Untuk mengantisipasi kondisi tersebut, beberapa cara pasang audio mobil agar aki tidak tekor akan dijelaskan di bawah ini:

1. Pastikan Memiliki Kabel Sambungan yang Tepat

Memilih kabel sambungan yang tepat merupakan langkah awal yang cukup mudah sebelum menyambungkannya dengan sumber listrik yang terdapat di aki. Pastikan kabel yang disambungkan dengan audio mobil dalam keadaan rapat, rapi, dan tidak terkelupas. Penyusunannya juga tidak boleh sembarangan atau sampai terlipat untuk menjaga keamanan.

2. Alirkan Sumber Listrik yang Berasal dari Aki

Langkah berikutnya yakni pengguna menyalurkan sumber listrik yang didapatkan dari kepala aki negatif dan positif menggunakan kabel yang dipilih tadi menuju speaker. Setelah itu pasang secara perlahan dan jangan biarkan antar kabel saling terhimpit satu sama lain. Tekan kabel yang tersambung hingga pakem untuk menghindari kegagalan pasang yang bisa menyebabkan aki bocor.

3. Pasang Power Amplifier

Cara pasang audio mobil agar aki tidak tekor yang paling utama tentu saja memasang power amplifier. Benda tersebut menjadi kunci utama untuk menyiasati penggunaan aki agar tidak tekor saat memasang audio baru yang diinginkan. Pilihlah amplifier yang sesuai dengan kapasitas daya mobil agar beban yang dihasilkan selama menggunakan audio dan speaker menjadi lebih ringan dan efisien.

4. Sambung Amplifier dengan Subwoofer dan speaker

Perlu diingat ketika menyambungkan amplifier dengan subwoofer, pastikan kabel penghubung speaker dan subwoofer tertutup rapat dengan selotip listrik agar tidak terjadi konslet. Selain itu, kabel penyambung yang cukup variatif membuat tahapan ini terasa sedikit rumit. Metode yang sering dijumpai biasanya dengan cara menyambungkan subwoofer pada output (SUB OUT) atau LFE dari amplifier.

5. Gunakan Pengaturan Jenis Monoblock pada Amplifier untuk Meningkatkan Kualitas Audio

Setelah memastikan pemasangan audio telah dilakukan dengan tepat, pengguna bisa meningkatkan kualitas audio menggunakan pengaturan monoblock pada amplifier. Fungsi pengaturan tersebut pada audio yakni memperkuat saluran tunggal sehingga menghasilkan efek suara yang lebih berkualitas. Pengaturan monoblock pada amplifier bisa dengan cara berikut;

  • Lepas terminal negatif pada baterai
  • Salurkan kabel daya baterai melalui firewall menuju amplifier
  • Potong kabel daya kemudian letakkan dudukan sekring dekat dengan baterai
  • Salurkan kabel ground dari baterai ke amplifier, kemudian kabel sinyal dari head unit menuju amplifier
  • Sambungkan remote, kabel jarak jauh, dan kabel sinyal menuju amplifier
  • Sambungkan amplifier dengan ground dan kabel daya
  • Masukkan monoblock pada sisinya
  • Hubungkan kabel speaker dari amplifier ke subwoofer kembali seperti semula

Pemasangan audio secara pribadi membutuhkan tingkat kehati-hatian tinggi. Salah sedikit saja bisa menyebabkan pemakaian aki menjadi lebih tekor. Cara pasang audio mobil agar aki tidak tekor di atas sekiranya dapat menjawab permasalahan yang mungkin dialami. Apabila membutuhkan solusi terkait permasalahan modif mobil beserta tips-tipsnya bisa mengunjungi situs mobilku yang memiliki segudang informasi di bidang otomotif yang sangat recommended.