Bukan Cokelat Bukan Es Krim, 4 Makanan Ini Baik Untuk Mengurangi Rasa Stres

Photo credit: Garlic & Zest
Photo credit: Garlic & Zest
Selain cokelat dan es krim, ada makanan lain yang juga ampuh buat menenangkan pikiran, loh. Cek apa saja makanan tersebut di sini, yuk!

Menghibur diri dengan makanan biasanya jadi pilihan utama ketika pikiran sedang tak karuan. Satu gelas penuh es krim atau sebatang cokelat ukuran jumbo adalah pelarian yang menyenangkan sekaligus mengenyangkan. Es krim dan cokelat memang terbukti memiliki zat yang mampu mengurangi perasaan tegang. Namun cobalah sesekali menggunakan trik lain. Makanan-makanan ini diyakini menghilangkan stres pada otak sebab terdapat mineral dan vitamin yang memicu pelepasan neurotransmiter rasa bahagia di otak. Kamu bisa mengolahnya menjadi makanan yang kamu suka untuk menuju suasana hati dan pikiran yang lebih baik.

1. Tahu

Photo credit: care2
Photo credit: Google

Siapa sangka, makanan yang sering diidentikkan dengan kalangan menengah ke bawah ini ternyata memiliki khasiat ampuh untuk mengurangi rasa stres. Tahu memiliki kandungan vitamin B1, triptofan, magnesium, dan omega-3 yang tinggi yang digadang-gadang sebagai nutrisi baik untuk menangkan diri. Menghindari rasa yang datar-datar saja, kamu bisa mengolahnya menjadi tahu orak-arik, campuran salad brokoli, campuran sup jamur, atau tahu krispi juga enak.

2. Ikan Salmon

Photo credit: Ricardo
Photo credit: Ricardo

Membayangkan sajian ikan salmon saja sudah bikin air liur mau menetes. Apalagi mengetahui bahwa ikan ini baik untuk menghilangkan stres, rasanya makin semangat masak ikan salmon. Ikan ini terkenal dengan kandungan asam lemak omega-3. Selain itu juga mengandung banyak vitamin B, sarat dengan magnesium, dan memiliki sedikit triptofan. Baik digoreng biasa maupun dipanggang, semua enak untuk menenangkan diri.

3. Udang dan Kerang

Photo credit: Safer Eating
Photo credit: Safer Eating

Buat kamu yang suka seafood pasti senang mendapat kabar gembira ini. Selain baik untuk nutrisi tubuh, udang dan kerang yang mengandung asam lemak omega-3 ini juga baik untuk nutrisi otak. Cobalah mencampurkannya dalam satu masakan untuk membuat kamu merasa rileks, kenyang, dan sehat.

4. Edamame

Photo credit: Garlic & Zest
Photo credit: Garlic & Zest

Kedelai asal Jepang ini sudah sejak lama diakui sebagai salah satu dari makanan superfood. Sama seperti tahu, edamame juga bisa jadi camilan anti-kecemasan. pada edamame akan kamu dapati kandunan triptofan dan omega-3 yang mampu melawan rasa cemas. Kamu bisa mengolahnya dengan cara apapun yang kamu suka mulai dari digoreng, direbus, atau dilumerkan seperti sup kental.

Nah, sekarang kamu punya lebih banyak resep untuk menenangkan pikiran. Jadi, nggak perlu stres lagi.