Binggung Memilih Sablon Kaos? Ini Info Lengkap Jenis Sablon

Binggung Memilih Sablon Kaos? Ini Info Lengkap Jenis Sablon

Menggunakan sablon sebagai salah satu desain kaos memang menjadikan sarana menimbulkan daya tarik. Pasalnya, ketika  kaos diaplikasikan sebuah sablon akan tampak unik dan juga indah. Namun perlu diketahui bahwa ketika menggunakan sablon kaos ini tidak boleh sembarangan. Hal tersebut dikarenakan faktor dari sablon menjadikan perbedaan dalam kualitas sebuah kaos tinggi atau bahkan rendah.

Ketika salah dalam memilih jenis sablon ini, bisa saja menimbulkan kerusakan atau bahkan terlihat tidak menarik. Hal ini menjadikan pentingnya untuk mengetahui apa saja jenis sablon yang bisa diaplikasikan kepada jenis bahan tertentu. Nah, untuk lebih lanjut mengenai jenis sablon, simak beberapa jenis sablon untuk kaos beserta kelebihan dan kekurangannya, diantara:

1. Sablon Rubber Sebagai Jenis Sablon Paling Populer

Mungkin bagi orang yang suda pandai atau mahir dalam dunia per konveksian tentu sudah sangat familiar dengan jenis sablon yang satu ini.Terlebih bagi konveksi yang melakukan produksi warna gelap, sablon rubber ini tentu menjadi pilihannya.

Tintanya yang pekat pada sablon akan mampu menutup permukaan pada kain sehingga menghasilkan tampilan sempurna. Keunggulan lain dari sablon ini yaitu tingkat keawetannya yang tidak perlu diragukan lagi. Namun Dibalik itu semua, sablon ini memiliki sebuah kelemahan yaitu sifat tinta yang lebih mudah kering. Hal ini menjadikan banyaknya kerak yang bisa saja muncul ketika tidak hati-hati.

2. Sablon Dengan Jenis Pigmen

Ketika hendak membuat sebuah kaos yang digunakan sebagai sarana promosi, jenis sablon ini bisa menjadi pilihannya. Warna sablon yang lebih mudah dalam melakukan penyerapan menjadikan sablon tidak akan terasa menyengat karena bisa menyatu dengan bahan yang digunakan.

Jenis dari sablon in juga lebih banyak cocok dengan berbagai jenis kain yang menjadi bahan dasarnya. Namun dibalik itu semua, sablon pigmen ini tidak bisa digunakan untuk warna yang cenderung gelap. Hal ini karena tinta pigmen dalam sablon tidak akan Nampak.

3. Sablon Plastisol dengan Dasar Minyak

Jika menginginkan daya rekat sablon dengan tingkat  kekuatan tinggi, sablon plastisol bisa menjadi pilihannya. Namun ketika hendak menggunakan sablon jenis ini perlu menggunakan sebuah peralatan khusus untuk hasil yang sempurna.

Ketika menggunakan sablon plastisol, maka kemampuan mencetak sebuah kaso akan lebih mudah dan terbilang maksimal. Bahkan tidak hanya itu, hasil dari sablon tidak akan mudah mengelupas. Namun pastikan untuk tidak melakukan penyetrikaan pada sablon karena bisa mengakibatkan sablon meleleh akibat kepanasan.

4. Super White dengan Kefamiliarnya

Saat ini banyak sekali kaos yang hanya menggunakan sebuah sablon berupa tulisan untuk desainnya. Selain sangat mudah dalam pengerjaannya, karakter yang dihasilkan dari sablon kaos tersebut sangat menonjol. Ketika menggunakan sablon Super White, kaos bisa dengan mudah dilakukan penyetrikaan karena tidak akan lengket.

Dibalik kelebihan tentu terdapat sebuah kekurangan. Seperti halnya jenis sablon super white yang tidak bisa digunakan pada beberapa desain yang terbilang kontras.

5. Sablon dengan Kesan Terang Pada Kaos Yang Keren

Bagi Sebagian orang, memiliki sebuah kaos yang bisa menyala dalam keadaan gelap menjadikan daya tarik sendiri. Ketika suasana gelap dan kaos yang digunakan akan memancarkan sebuah cahaya yang nyata menjadikan kesan yang sangat fantastis.

Perpaduan antara fosfor dan juga dasar sablon menjadikan efek yang sangat indah. Jenis sablon ini sangat tepat jika digunakan untuk kaos yang memiliki warna putih atau bahkan hitam. Namun perlu diketahui bahwa ketika menggunakan jenis sablon ini, maka akan terasa sangat teal. Hal ini yang menjadikan perlunya kehati-hatian ketika hendak melakukan pencucian.

Beberapa jenis sablon kaos tersebut tentu memiliki sebuah kelebihan dan kekurangan. Jika tidak yakin dengan pilihan sablon untuk sebuah kaos yang hendak digunakan, memilih jasa konveksi seperti halnya Oscas Apparel bisa menjadi pilihan yang tepat dalam mengaplikasikan sablon pada kaos.