Awas, Jangan Sampai Gajimu Kandas Duluan. Kiat Awal Bulan Agar Akhir Bulan Kamu Terhindar Dari Krisis

Hore, sebentar lagi bulan baru akan dimulai SahabatTransport. Nah untuk kamu yang sudah bekerja, tentu awal bulan menjadi sesuatu yang dinanti-nantikan ‘kan ? Yup apalagi alasannya selain gajian.

Gajian memang bagaikan oase di tengah padang pasir ya. Eits tapi bagi RulaWoman yang belum bekerja pun, awal bulan menjadi sesuatu yang menyenangkan juga ‘kan ? Karena akan ada rezeki baru yang akan dikirimkan. Nah tapi sering kali jumlah yang diterima tidak cukup untuk menutup keinginan yang mungkin kalau didaftar lebih panjang dari kabel charger.

Akibatnya sebelum sempat memasuki awal bulan lagi, kamu sudah mengalami krisis. Tapi jangan khawatir, ada loh kiat yang bisa kamu coba untuk menyelamatkan akhir bulan kamu. Apa saja ? Ini dia !

1. Perhatikan label ‘butuh’ dan ‘ingin’

brain picking
brain picking

Yup sebelum membeli sesuatu, kamu harus dapat membedakan antara barang yang kamu butuhkan dan inginkan. Semisal kamu ingin membeli sepatu atau tas, bisa sih membeli keduanya namun akhir bulan kamu terancam krisis. Oleh sebab itu kamu harus mengklasifikasikan di antara sepatu atau tas, mana yang berlabel butuh atau ingin.

Bila keduanya sama-sama berlabel butuh, mana yang lebih utama. Namun bila keduanya berlabel ingin sedangkan ada hal lain yang lebih butuh, maka ditunda dulu ya RulaWoman, belinya.

2. Belanja borongan

money saving expert
money saving expert

Nah bila belanja jangan segan-segan untuk membeli barang dengan isi banyak sekalian. Jangan terkecoh dengan membeli barang dengan isi sedikit lebih hemat, sebab pada kenyataannya barang dengan isi lebih sedikit akan mudah habis dan kamu harus membeli lagi. Ini bisa jadi kerugian untuk kamu, loh.

Oleh sebab itu, bila belanja bulanan tidak apa-apa habis banyak untuk barang-barang yang memang kamu butuhkan. Bila perlu sediakan stock juga. Hal tersebut akan lebih hemat dibanding membeli sedikit-sedikit tapi berulang kali.

3. Jangan tergoda jajan

Memang rasanya kalau punya uang, lebih baik jajan daripada masak. No, no, no. Jangan terkecoh, itu bisikan setan. Meskipun ada uang, kamu tetap harus hemat. Memang ribet sih kalau masak, tapi makanan yang dibuat sendiri akan terasa lebih memuaskan daripada membeli dan kamu juga bisa membuat sesuai selera. Tapi bila kamu sedang sibuk dan ingin sekali jajan, sesekali jajan tidak apa-apa asal jangan keterusan ya.

4. Isi full tank bensin

Sepele tapi penting loh. Kamu jangan kebiasaan mengisi bensin di pinggir jalan karena sebenarnya hitungannya lebih mahal daripada membeli di SPBU. Nah membeli di SPBU pun jangan hanya seliter atau dua liter sebab mengisi bensin full lebih hemat daripada sekedar nyicil. Selain itu membeli bensin full akan membuat kamu hemat waktu untuk sekedar berhenti beberapa kali karena kehabisan bensin.

5. Sisihkan uang

finance Blvd
finance Blvd

SahabatTransport, biasakan ya untuk menyisihkan beberapa lembar uang dari yang kamu terima dan labeli uang tersebut dengan uang haram. Maksudnya bukan uang haram yang beneran haram ya. Tapi uang yang kalau kamu pakai akan membuat kamu rugi. Jadi uang ini harus benar-benar RulaWoman simpan di dompet terdalam kamu, dan baru boleh digunakan ketika situasi sangat darurat.

Selama tidak ada situasi darurat, anggap kamu tidak memiliki uang tersebut. Dan bila sampai awal berikutnya uang tersebut masih ada, kamu dapat menabungnya.

Nah itu dia, beberapa kiat yang dapat kamu coba untuk menyelamatkan akhir bulan kamu dari krisis. Selamat mencoba ya, SahabatTransport.