Apa Saja Kekurangan VPS? Yuk Ketahui Penjelasannya

Kekurangan VPS

Saat ini, penggunaan website sebagai sarana mengolah informasi dan komunikasi sudah sangat luas dan sangat banyak digunakan oleh berbagai pihak. Bahkan, jika website yang dikelola sudah mencapai batas yang disarankan. Dalam arti lain, sudah mengalami peningkatan dan kemajuan yang cukup pesat, sudah saatnya anda menyewa dan memasang VPS untuk menghandle segala yang dibutuhkan untuk kepentingan selanjutnya.

VPS (Virtual Privat Server) merupakan suatu layanan hosting yang saat ini banyak digunakan. Fungsi utama dari VPS adalah membantu user fisik dalam memberikan layanan server secara virtual. Walaupun  demikian, anda tetap dapat mengendalikannya secara penuh karena bersifat private dan terpisah dengan server lainnya. Dengan begitu, website anda akan aman karena adanya resource tambahan yang tersedia dan tidak perlu lagi berbagi dengan pengguna lainnya.

 

Kekurangan VPS yang Harus Diketahui

Kelebihan VPS sebagai resource website perusahaan sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun setiap kelebihan dan fungsi yang ditawarkan VPS, pastilah ada kekurangan yang juga perlu anda ketahui. Hal ini berguna untuk lebih memastikan jenis VPS mana yang cocok untuk anda gunakan pada website anda nantinya. Berikut beberapa kekurangan VPS yang perlu anda ketahui.

1. Kemungkinan Gangguan Server

Secara umum, kekurangan VPS yang paling sering dialami adalah gangguan pada server. Dikarenakan kapasitas yang besar, serta dipengaruhi juga oleh kegagalan hardware, maka hal tersebut secara otomatis akan mempengaruhi VPS itu sendiri di dalam server. Jika hal tersebut terjadi, maka anda sebisa mungkin lebih sering memantau server, serta lebih sering untuk update software terbaru. Selain itu, disarankan agar menggunakan VPS ini hanya untuk bidang-bidang yang sudah maju ataupun yang sudah profesional dalam menangani beberapa kemungkinan yang terjadi. Untuk itu, bagi para pemula dan ingin memasang VPS, disarankan untuk sharing server terlebih dahulu.

2. Tidak Cocok bagi Pemula

Kekurangan VPS selanjutnya ialah VPS memerlukan penanganan yang sedikit rumit. Pasalnya, ketika proses awal penginstallan softwarepun, pengguna dituntut untuk mengetahui dan menjalankan serangkaian aturan dan prosedur sebelum menjalankan VPS. Oleh karena itu, VPS sepertinya tidak cocok untuk digunakan bagi masyarakat awam yang masih pemula.

3. Harga Sewa

Jika dibandingkan dengan shared hosting, VPS sudah pasti memerlukan biaya yang tidak sedikit dalam pengoperasiannya. Walaupun demikian, sudah pasti manfaat yang dapat diambil akan sebanding dengan harga yang ditawarkan. Untuk itulah, jika anda memasang VPS, anda akan mengeluarkan biaya tambahan yang lebih besar. Dengan begitu, anda perlu menyiapkan budget yang lebih banyak jika ingin merasakan manfaat dari VPS bagi website anda.

4. Memahami Teknis Lebih Mendalam

Jika anda benar-benar sudah siap untuk memasang VPS dan menggunakannya, tentunya anda harus mengetahui dan memahami beberapa cara menggunakan dan mengelola server seperti windows. Anda harus memahami dan mempelajari secara mendalam beberapa aturannya terlebih dahulu sebelum mulai mengoperasikan server secara menyeluruh, agar prosesnya berjalan dengan lancar dan tanpa ada hambatan.

5. Resiko Tinggi

Kekurangan VPS yang terakhir adalah resiko besar yang harus anda hadapi. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, server yang dikelola pastinya melalui proses pengaturan yang cukup detail. Jika anda mengalami kesalahan sedikit saja, maka resikonya adalah pada sisi keamanan. Untuk itulah, anda sebisa mungkin harus teliti dan berhati-hati ketika mengelola dan mengatur server. Selalu periksa ulang setiap saat untuk menghindari kesalahan yang menyebabkan kerugian bagi anda.

Itulah beberapa kekurangan VPS yang terjadi dan harus anda antisipasi jika ingin memilih server yang cocok untuk anda. Selalu pelajari dan pahami terlebih dahulu sebelum memutuskan. Jika anda memerlukan VPS Indonesia paling handal bisa mencoba berbagai layanan VPS di Domainesia.