Aduh, Hujan Turun Lagi! Ini Dia Empat Hal Yang Dapat Kamu Lakukan Saat Terjebak Hujan

Hujan itu satu hal yang disukai tapi juga kadang dibenci. Apa saja sih hal yang bisa kamu lakukan saat terjebak hujan? Yuk, simak artikel ini!

“Tik.. tik.. tik.. bunyi hujan di atas genting…”

Eits, bukan, kok! Ini bukan artikel tentang lagu hujan turun dan berkebun. Hem, akhir-akhir ini tiba-tiba saja sering turun hujan. Tanpa petunjuk apa pun, hujan mulai mengguyur beberapa kota di Indonesia. Wah, kalo kamu sedang berada di rumah nih, mungkin kamu akan menikmati turunnya hujan. Apalagi kalau kamu bisa tiduran di tempat tidur sambil membaca buku atau mendengarkan musik. Kemudian, ditemani juga dengan secangkir cokelat panas. Pasti akan sangat nyaman, bukan?

Akan tetapi, bagaimana kalau kamu sedang berada di luar rumah dan hujan turun dengan tiba-tiba? Contohnya, waktu kamu pulang kuliah atau kerja. Euh, pasti sebel banget, kan? Hem, kira-kira, apa saja yang bisa dilakukan saat hujan turun? Yuk, simak artikel ini, RulaWoman!

1. Kalau hujan tidak terlalu deras, pulanglah dengan payung

Photo Credit: pix.avaxnews.com
Photo Credit: pix.avaxnews.com

Sekadar tips nih, sedia payung sebelum hujan, ya. Eits, meskipun di musim kemarau yang panas, payung tetap akan berguna, kok. Kalau bisa, payung harus menjadi salah satu barang bawaan wajib yang ada di tas kamu. O, ya, kalau memang hujan yang turun ini masih bisa ditembus menggunakan payung, dalam artian bukan hujan yang terlalu deras, pergunakan payung untuk ke stasiun atau halte terdekat. Seenggaknya, risiko baju kamu basah akan sedikit berkurang.

2. Nebeng teman atau rame-rame pesan transportasi online

Kamu dan beberapa temanmu galau mau pulang bagaimana karena hujan? Yuk, manfaatkan kesempatan untuk pulang bersama. Apabila salah satu teman kamu kebetulan punya kendaraan, bisa lah diminta menjadi supir dadakan. Eits, tapi jangan semena-mena ya. Jangan sampai merepotkan teman kamu, ya. Kalau memang tidak ada yang membawa kendaraan, bisa dong kamu dan teman-teman kamu beramai-ramai memesan transportasi online. Selain aman dan nyaman bisa sampai rumah dengan selamat, biaya yang kamu keluarkan pun tidak akan terlalu besar. Setidaknya, kamu akan lebih berhemat.

3. Melipir ke kafe atau tempat makan terdekat

Photo Credit: cdn.concreteplayground.com
Photo Credit: cdn.concreteplayground.com

Percayalah! Saat hujan, keinginan kamu untuk makan akan jauh lebih besar. Apalagi kalau hujan turun dengan sangat deras yang mengakibatkan kamu tidak bisa menembus hujan. Akan lebih baik kalau kamu mencari tempat makan terdekat supaya kamu bisa menunggu hujan di sana. Selain itu, kamu juga bisa ajak teman-teman kamu—yang sama-sama terjebak hujan—untuk mengobrol bersama. Setidaknya, dengan begitu kamu tidak akan merana sendirian!

4. Siapkan hiburan

Photo Credit: static.dnaindia.com
Photo Credit: static.dnaindia.com

Kamu sendirian saat hujan turun? Lupa bawa payung? Atau hujan terlalu deras hingga tidak bisa ditembus? Hem, coba kamu lihat-lihat tempat kamu berada sekarang. Apakah ada sudut yang nyaman untuk kamu diami? Kalau ada, yuk keluarkan hiburan-hiburan yang kamu bawa. Hiburan apa itu? Kalau kamu suka membaca, pastinya kamu sudah menyiapkan bacaan untuk dibaca di mana saja kamu berada. Hibur diri kamu dengan membaca. Setidaknya, waktu kamu menunggu hujan menjadi lebih berfaedah. Kamu bukan tipe pembaca? Oh, kamu masih bisa memanfaatkan gawai yang kamu punya. Baik untuk menonton film atau bermain game.

Yang terpenting nih, manfaatkan saja waktu kamu harus menunggu hujan reda. Memang sih, sangat menyebalkan karena kamu jadi tidak bisa pulang di jadwal kamu yang biasanya. Tapi, setidaknya, hal-hal di atas bisa menjadi tips yang berguna kala kamu terjebak hujan. Tentunya, tetap jaga kesehatan ya! Meskipun musim hujan, tubuh kita harus tetap sehat dan bisa menjalani aktivitas dengan bahagia. Semangat!