6 Cara Agar Diterima Kerja Saat Interview

6 Cara Agar Diterima Kerja Saat Interview

Proses interview saat panggilan kerja menjadi salah satu tahap mendebarkan bagi para pencari kerja. Tentunya setiap pelamar menginginkan wawancara kerja yang dijalani tidak sia-sia dan membuahkan hasil. Maka dari itu, seorang pelamar dapat mempelajari cara agar diterima kerja saat interview yang akan dibahas pada artikel ini.

Wawancara atau interview adalah proses penting yang menjadi salah satu penentu apakah seorang pelamar diterima bekerja atau tidak. Dalam proses ini, akan ada pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara. Agar sukses dan diterima kerja, berikut tips yang dapat dilakukan sebelum atau saat interview kerja:

1. Gunakan Pakaian Rapi dan Sopan

Jangan pernah mengabaikan kesan first impression saat wawancara kerja. Agar dianggap profesional dan serius melamar kerja, gunakanlah pakaian yang sopan dan disesuaikan dengan budaya kantor tempat interview. Selain sopan, usahakan mengenakan pakaian yang bersih dan rapi. Bagi pelamar wanita, gunakan riasan minimalis dan aksesoris secukupnya.

2. Tidak Datang Terlambat

Apa jadinya jika pada hari wawancara pelamar telat datang? Tentu saja hal ini akan mengurangi poin dan menjadi bumerang bagi pelamar itu sendiri. Maka dari itu, usahakan untuk datang lebih awal kira-kira sekitar 15 hingga 30 menit sebelum wawancara dimulai. Waktu menunggu dapat digunakan untuk merapikan penampilan, menyiapkan berkas hingga menenangkan pikiran.

3. Tunjukkan Kelebihan yang Dimiliki

Wawancara merupakan waktu terbaik untuk menunjukkan skill dan kelebihan yang dimiliki. Dalam proses wawancara, pelamar dapat menjelaskan lebih spesifik terkait apa yang dituliskannya dalam surat lamaran kerja. Maka dari itu, surat tersebut harus ditulis dengan benar. Ikuti contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar ini agar tidak ada data yang tertinggal.

4. Selalu Bersikap Ramah

Keramahan merupakan sikap yang disukai setiap orang. Selalu tersenyum dan bersikap ramah menjadi salah satu cara agar diterima kerja saat interview. Pelamar yang bersikap jutek, sinis atau cuek tentu tidak disukai. Sapalah pewawancara lebih dahulu dengan senyum manis dan jabat tangannya dengan erat. Kesan pertama yang baik akan diingat oleh pewawancara.

5. Tunjukkan Sikap Percaya Diri

Sikap penting yang mesti dimiliki di dunia kerja adalah percaya diri. Sebelum orang lain mempercayai kemampuan seseorang, orang tersebutlah yang harus mempercayai dirinya terlebih dahulu. Percayalah pada kekuatan sendiri bahwa kedatangan pada interview ini membawa keahlian dan kompetensi. Jawab pertanyaan pewawancara dengan tegas dan percaya diri agar meyakinkan.

6. Pelajari Seluk Beluk Perusahaan yang Dilamar

Salah satu hal yang membuat pewawancara menilai keseriusan pelamar adalah pengetahuan pelamar akan perusahaan tersebut. Calon pekerja yang mengetahui seluk beluk perusahaan akan mendapat nilai plus dan dianggap sangat tertarik terhadap perusahaan. Pewawancara pun akan sangat menghargai pelamar yang memiliki rasa penasaran tinggi terhadap perusahaannya.

Tentunya, kesempatan bekerja di suatu instansi atau perusahaan kembali lagi pada kemampuan yang dimiliki. Menerapkan cara agar diterima kerja saat interview pun sama pentingnya agar pihak pewawancara mempertimbangkan posisi pelamar. Cara di atas dapat menjadi strategi cerdas agar interview bisa membuahkan hasil.