5 Tips Agar Wawancara Kerja Berjalan Mulus Dan Tanpa Halangan. Catat Yuk!

pinterest.com
pinterest.com
Siapa sih yang tidak ingin bekerja? Terlebih dibidang dan perusahaan yang dimaui? Nah wawancara menjadi salah satu gerbang untuk mencapai impian kamu itu. So prepare your interview carefully.

SahabatTransport seorang job seekers? Nah, bila iya, pasti sekarang tengah sibuk masukin CV dan membuat daftar nama-nama perusahaan yang sudah dan akan dilamar kan? Bila kamu sudah dipanggil untuk wawancara, wah langkah kamu semakin dekat untuk bekerja di perusahaan pilihan kamu. Nahkamu pasti juga sudah tahu bila wawancara merupakan langkah penting yang akan menentukan langkah kamu di perusahaan tersebut. Oleh sebab itu, wawancaranya harus dipersiapkan baik-baik ya. Eits, sambil berlatih wawancara, coba deh dibaca artikel ini, supaya wawancara kamu semakin mulus.

1. Buat Daftar Kemungkinan Pertanyaan Umum

pinterest.com
pinterest.com

Pernah dengan pepatah sedia paying sebelum hujan? Nah, pepatah itu bisa loh kamu terapkan untuk mempersiapkan wawancara kamu. Salah satunya dengan membuat daftar pertanyaan umum yang kemungkinan ditanyakan saat kamu wawancara. Misal tentang kekurangan kelebihan kamu, apa kesibukan kamu, motivasi kamu, dan apa rencana kamu ke depan. Nah pertanyaan-pertanyaan semacam itu sangat bisa kamu jawab dengan mudah, namun karena gugup, akhirnya jawaban kamu tidak maksimal. So, persiapkan ya, bikin pertanyaan sekaligus jawabannya. Bila bisa dibuat 20 daftar kekurangan dan kelebihan kamu, supaya makin matang.

2. Gesture

pinterest.com
pinterest.com

Yup, hal utama yang diperhatikan sebelum kamu diberi pertanyaan dan menjawab pertanyaan itu adalah gesture kamu. Gesture berkaitan dengan sikap tubuh kamu saat diwawancara, baik saat berjalan, duduk, bahkan lirikan mata juga termasuk gesture. Tak jarang, para panelis pewawancara kamu juga akan memperhatikan mikro ekspresi kamu. So, jangan gugup. Bertingkahlah sealami mungkin dan percaya dirilah. Sebab dalam wawancara, kamu lah yang paling tahu kamu dan kamu lah yang bisa mengendalikan kamu, bukan orang lain.

3. Tenang

Sikap tenang ini perlu kamu pertahankan saat kamu wawancara terutama saat menjawab pertanyaan. Jangan berbohong, terlalu ambisius, atau terlalu berlebihan saat menjawab pertanyaan. Bila ada pertanyaan sulit, jawablah dengan diplomatis dan jangan beri kesan bila kamu tertekan. Memang perasaan gugup selalu menghampiri, bahkan bila kamu sudah pernah wawancara beberapa kali. Namun sekali lagi ingat, kamu lah yang paling tahu kamu dan kamu lah yang bisa mengendalikan kamu, bukan orang lain.

4. Penampilan

pinterest.com
pinterest.com

Ini dia, hal pertama yang akan dilihat ketika kamu memasuki ruang wawancara. Penampilan kamu akan menentukan kesan pertama panelis terhadap kamu. So, ciptakanlah kesan pertama yang menyenangkan agar panelis tertarik dengan kamu. Tips-nya, jangan memakai parfum berlebihan, usahan baju kamu selalu rapi (bila perlu, bawa baju ganti yang akan kamu pakai wawancara untuk menjaga kerapian kamu), jangan memakaia aksesoris berlebihan pun jangan berpenampilan terlalu sederhana. Kombinasi warna dan mix and match juga harus kamu perhatikan ya, jangan tabrakan warna. Wawancara bukan ajang harajuku.

5. Siapkan Pertanyaan

Nah pada umumnya, selepas panelis mewawancarai kamu, mereka akan memberi kamu kesempatan untuk bertanya. Nah jangan sampai pada kesempatan tersebut kamu tidak mengajukan pertanyaan satu pun ya. Siapkanlah pertanyaan itu dari rumah. Sebab dengan kamu mengajukan pertanyaan, hal tersebut menjadi bukti ketertarikan kamu terhadap sesi wawancara tersebut dan perusahaan pada umumnya. Jadi itu adalah kesempatan emas loh, atau istilah dalam dunia perfilm-an, scene stealer. Sedikit tapi berdampak besar.

Nah, itu dia 5 tips yang bisa kamu coba agar wawancara kamu berjalan mulus. Good luck ya!