Ubah Barang Bekas Jadi Barang Berguna. Inilah 10 Ide Kreatif yang Bisa Kamu Coba!

Berkarya

637
Berkarya itu juga bisa dengan mendaur ulang barang bekas menjadi barang yang berguna. Tinggal bagaimana kamu mengkreasikannya,

Salah satu bentuk karya yang bisa kamu lakukan saat punya waktu kosong adalah mendaur ulang barang bekas. Pasti ada deh di rumah atau di kos-kosan barang-barang yang tidak terpakai lagi tapi menjadi tumpukkan di sudut ruangan. Nah, daripada buat jadi tambah numpuk dan tidak terlihat indah, mending diubah menjadi barang-barang berguna. Gimana caranya? Berikut ada beberapa ide kreatif mendaur ulang barang bekas menjadi barang lucu dan berguna.


1. Gulungan tisu toilet jadi tempat kabel

Photo Credit: blogspot

Tahukan gulungan tisu toilet? Kalau sudah tidak dipakai lagi bisa loh kamu pakai jadi tempat kabel-kabel supaya lebih rapih.


2. Cermin dari raket bekas

Photo Credit: blogspot

Di kos-kosan nggak ada cermin, gak bisa ngaca, tapi punya raket yang gak pernah dipakai lagi? Raket itu bisa kamu ubah jadi cermin. Tinggal ganti jarring di raket dengan kaca. Jadilah cermin dan kamu bisa gantung di dinding kamar kamu.


3. Tempat CD bekas jadi tempat bekal

Photo Credit: blogspot

Sekarang sudah jarang ada CD, jadi tempat CD kamu nggak terpakai lagi. Nah, daripada dibuang, mending jadikan tempat bekal kamu buat ke kantor atau ke kampus. Lumayan kan bisa jadi tempat makanan buat ngeganjel pas lagi laper.


4. Tempat lilin dari tutup botol bekas

Photo Credit: blogspot

Sebelum nunggu mati lampu ada baiknya untuk menyediakan lilin lebih dulu untuk jaga-jaga. Biasanya bingung kan taruh lilin di mana, dan akhirnya taruh di ubin yang menghasilkan ubin kotor bekas lelehan lilin. Dengan tutup botol bekas, kamu tidak perlu repot bingung taruh lilin di mana dan tidak akan mengotori ubin kamu.


5. Boneka dari sarung tangan


Photo Credit: blogspot

Kamu punya sarung tangan yang sudah tidak terpakai lagi? Dengan sarung tangan itu kamu bisa buat boneka yang lucu. Cocok banget untuk hadiah ke teman atau pasangan kamu.


6. Phone holder dari botol lotion

photo credit: Fiesta FM - UNS

Dengan membuat phone holder ini kamu tidak perlu repot saar charge handphone kamu karena kabel yang kepanjangan atau kependekkan.


7. Botol bekas jadi tempat alat makeup

Photo Credit: .pluii.com

Kamu punya botol bekas yang tidak terpakai? Daripada dibuang sayang, mending kamu ubah jadi tempat alat makeup yang lucu. Kreasikan mau bentuk seperti apa. Kalau kamu tidak punya botol warna-warni, bisa kamu sendiri yang mewarnainya.


8. Buat rak buku dari tangga bekas

Photo Credit: blogspot

Di rumah kamu punya tangga yang sudah jelek dan tidak bisa dipakai lagi? Tangga itu bisa kamu jadikan rak buku loh. Kamu cat dengan warna kesukaanmu dan gantung di dinding. Jadilah rak buku.


9. Lampu dari botol bekas

Photo Credit: blogspot

Botol-botol beling bekas minuman itu walau sepertinya tidak bisa digunakan lagi, ternyata bisa untuk buat lampu loh. Selain itu bisa jadi terlihat vintage dan menarik.


10. Kursi bekas jadi gantungan baju

Photo Credit: blogspot

Bosan punya lemari yang makan tempat banyak di kamar? Nah, kamu bisa gantikan lemari itu dengan kursi bekas yang kamu punya. Kursi itu bisa kamu gantung dan dijadikan tempat gantungan baju.

BACA JUGA


Biar Hobi Gambar Kamu Jadi Duit, Inilah 5 Cara yang Bisa Kamu Coba!

Biar Hobi Gambar Kamu Jadi Duit, Inilah 5 Cara yang Bisa Kamu Coba!

Kamu hobi dan jago gambar? Mau jadikan gambar-gambar kamu bisa menghasilkan uang

Read more..

Menarik dan lucu-lucu ya idenya, sangat bermanfaat pula. Jadi, daripada kamu menumpuk barang bekas di rumah atau kos-kosan, ubahlah itu untuk jadi barang berguna yang lagi kamu butuhkan. Mau mencobanya?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ubah Barang Bekas Jadi Barang Berguna. Inilah 10 Ide Kreatif yang Bisa Kamu Coba!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Geovania Loppies | @geovanialoppies

Silahkan login untuk memberi komentar