Tips Sukses Promosi di Media Sosial Biar Bisnis Kamu Lancar Maksimal!

Industri Kreatif

photo credit: thisisinfinite

351
Berikan kualitas yang baik dalam foto maupun gambar dan disertai dengan keterangan yang menarik.

Melakukan promosi lewat media sosial menjadi cara terbaik untuk bisnis kamu. Selain gratis, akan lebih cepat tersebar. Ada banyak media sosial yang bisa kamu pakai sebagai tempat promosi kamu, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, dan sebagainya. Namun, untuk promosi kamu juga butuh beberapa strategi agar lebih berhasil lagi. Berikut ini tips cara promosi di media sosial agar bisnismu lancar maksimal!


1. Konten tidak monoton

photo credit: digitaltrends

Dalam setiap promosi yang kamu lakukan, buatlah konten yang menarik dan berbeda. Jangan buat konten yang monoton dan itu-itu saja. Hal itu akan mempengaruhi followers atau calon customer. Selain itu promosi kamu bisa dianggap sebagai spam. Lebih baik tarik mereka dengan ajakkan atau kata-kata yang buat mereka ingin tahu mengenai bisnis kamu.


2. Gunakan media gambar atau video

photo credit: thisisinfinite

Karena kamu promosi di media sosial, jadi akan lebih menarik jika gunakan visual seperti foto atau video untuk menarik perhatian. Berikan kualitas yang baik dalam foto maupun gambar dan disertai dengan keterangan yang menarik.


3. Maksimalkan penggunaan hashtag (#)

photo credit: Christiankonlin

Dalam teks keterangan kamu bisa gunakan hashtag untuk mempermudah pencarian promosi kamu. Gunakan sebanyak-banyaknya hashtag yang berhubungan dengan bisnis yang kamu geluti.


4. Posting secara konsisten

photo credit: linkedin

Posting secara konsisten akan membuat bisnismu terlihat berjalan dengan baik. Selain itu kamu juga akan terlihat aktif sehingga akan ada banyak calon customer yang akan tertarik.


5. Bangun relasi dengan akun-akun sejenis

Selain kamu yang promosi di sosial media, ada banyak juga bisnis lain yang melakukan hal yang sama. Maka bangun relasi-relasi dengan akun yang memiliki bisnis yang serupa denganmu. Selain itu, kamu juga bisa bangun relasi dengan beberapa orang yang sesuai dengan targer pasar kamu.


6. Buat sistem promosi yang menarik

Photo Credit: yourdigitalresource

Untuk lebih menarik banyak customer, kamu bisa buat promosi yang menarik. Seperti promosi ‘siapa cepat dia dapat’, adanya promosi discount atau free item, dan berbagai sistem promosi lainnya yang mampu membuat orang tertarik ikut serta.


7. Endorsement

photo credit: linkedin

Setelah kamu membangun relasi dengan beberapa orang yang menjadi target pasar kamu, ajak mereka untuk mau endorse bisnis kamu. Pilih influencer sesuai target pasarmu. Ada beberapa yang memberikan secara gratis, ada juga dengan syarat seperti bayaran.


8. Paid promote

Hal yang satu ini sedang tren dalam dunia bisnis promosi. Kamu bisa gunakan paid promote untuk mempercepat promosi yang kamu lakukan. Jadi paid promote ini dilakukan oleh beberapa akun yang sudah setuju melakukan promosi untuk sebuah bisnis dan mereka membantu promosi lewat akun mereka sendiri.

BACA JUGA


Bagaimana Seharusnya Penerbit Memanfaatkan Sosial Media untuk Mempromosikan Buku?

Bagaimana Seharusnya Penerbit Memanfaatkan Sosial Media untuk Mempromosikan Buku?

Keberadaan sosial media makin memudahkan kita untuk melakukan promosi buku. Hanya perlu melakukan beberapa hal sederhana namun hasilnya ...

Read more..

Sangat tepat deh untuk melakukan promosi bisnis kamu lewat sosial media, apalagi bagi kamu yang baru memulai bisnis. Tinggal gunakan strategi yang bagus dan menarik, bisnis kamu bisa langsung tersebar dan dikenal beberapa kalangan. So, selamat mencoba ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tips Sukses Promosi di Media Sosial Biar Bisnis Kamu Lancar Maksimal!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Geovania Loppies | @geovanialoppies

Silahkan login untuk memberi komentar