Tipe-Tipe Pembaca Artikel Online. Kamu Masuk yang Mana Nih?

Gaya Hidup

photo credit: YouTube

2.5K
Apakah kamu sering meninggalkan komentar setelah membaca atau pergi begitu saja?

Di era internet seperti sekarang kamu bisa dengan mudahnya menemukan apa yang kamu butuhkan di dunia maya. Musik, film, hingga interaksi sosial dapat kamu peroleh melalui jaringan internet. Termasuk pula dengan bahan bacaan.

Kamu sudah tidak perlu lagi membuka lembaran halaman koran, menyalakan televisi untuk mencari sebuah berita, atau pun berlama-lama menatap buku untuk memperkaya wawasan. Sekarang cukup sambungkan perangkat elektronikmu dengan internet dan kamu bisa memilih apa yang ingin kamu baca.

Selain mendapatkan ragam jenis bacaan, di internet pun kamu juga bisa sekaligus mengenal macam-macam manusia berdasarkan sikap mereka dalam membaca sebuah materi berita atau artikel online. Setidaknya ada 5 tipe pembaca, cek deh kamu masuk tipe yang mana?


1. Tipe pembaca totalitas

photo credit: SD Headliner

Apa pun artikel yang sedang kamu baca, kamu akan akan membacanya secara menyeluruh, dari judul hingga tanda titik terakhir, tidak peduli seberapa pendek atau panjang tulisannya. Kamu akan berusaha memahami apa yang kamu baca dan jika kamu belum mengerti isi artikel tersebut, maka kamu cenderung akan membaca lagi dari awal.


2. Tipe pengamat kolom komentar

photo credit: YouTube

Kolom komentar adalah tempat yang paling kamu cari. Tak peduli jika artikel yang kamu baca berkualitas atau tidak, kamu lebih peduli pada aktvitas yang terjadi di bagian komentar. Sebab menurutmu, kolom komentar lebih menarik daripada tulisan itu sendiri. Apalagi jika kebetulan sedang terjadi perang argumen, maka kamu akan menghabiskan waktu dengan membaca kolom komentar sambil tertawa-tawa atau menilai orang-orang yang sedang berargumen itu sebagai orang bodoh.


3. Tipe pemicu keributan

credit; Social Shyness and Anxiety

Jika tipe dua hanya sebatas menikmati “keributan”, maka kamu yang termasuk tipe ketiga tidak akan segan untuk ikut ambil bagian dalam keributan tersebut. Kamu akan terpancing untuk menyatakan pendapatmu dan berusaha sekuatnya untuk melawan atau menjatuhkan orang yang pendapatnya berlainan.

Biasanya kamu tidak akan berhenti sebelum kamu memenangkan perdebatan tersebut. Yang lebih parah lagi, kamu bahkan bisa menyertakan kata-kata kotor di kolom komentar.


4. Tipe tabrak lari

credit: Ruang Sederhana

Kamu yang punya tipe ini akan membaca sebuah artikel lalu pergi begitu saja sehabis membaca. Kamu tidak akan memberikan komentar karena kamu menganggap tidak ada kewajiban untuk melakukannya. Tipe pembaca seperti ini juga dikenal dengan sebutan silent readers.


5. Tipe baca yang penting-penting saja

credit: We Know Your Dreamz

Dengan alasan menghemat waktu, kamu akan membaca sebuah artikel dengan cepat. Kamu yang termasuk tipe ini tidak akan membaca kata per kata seperti yang tipe satu lakukan. Jika kamu sedang membaca artikel berbentuk poin-poin, maka kamu hanya akan membaca poin-poin tersebut tanpa melihat penjelasan di bawahnya.

BACA JUGA


5 Food Instagramer yang Harus Kamu Follow Sekarang Juga

5 Food Instagramer yang Harus Kamu Follow Sekarang Juga

Kreativitas mereka dalam menyajikan konten yang konsisten dalam ranah food photography memang patut diacungi jempol. Follow mereka sekarang ...

Read more..

Ketika kamu membaca tulisan ini, apakah kamu membacanya secara menyeluruh seperti yang akan dilakukan tipe satu? Ataukah kamu melihat poin-poinnya saja seperti tipe lima? Apakah kamu juga berkeinginan untuk langsung saja pergi ke kolom komentar dan berharap ada keributan di sana? Atau mungkin kamu akan segera menutup tulisan ini dan pergi begitu saja tanpa meninggalkan komentar?

Jadi, kamu tipe yang mana?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tipe-Tipe Pembaca Artikel Online. Kamu Masuk yang Mana Nih?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ludi Mauliana | @ludimauliana

Silahkan login untuk memberi komentar