Tingkatkan Produktivitas Kerja Kamu dengan 5 Langkah Berikut Ini!

Kerja

credit: Entrepreneur

1.6K
Buatlah prioritas sebab sejatinya kamu tidak bisa multitasking

Kamu pasti pernah berada di sebuah situasi ketika kamu merasa kesulitan menyelesaikan suatu pekerjaan. Dari sejumlah target yang diberikan kepadamu, ternyata kamu tidak bisa memenuhinya. Situasi ini terus berlanjut hingga kemudian kamu melihat rekan-rekanmu dan menyadari bahwa kamu satu-satunya orang yang tidak bisa memperoleh pencapaian memuaskan dalam bekerja. Ketika kamu mengalami hal-hal semacam itu, besar kemungkinan kamu mengalami gangguan produktifas kerja. Dengan kata lain, kamu tidak produktif.

.

credit: Smart Bussines Trends

Apakah ini sebuah masalah besar? Coba saja kamu ajukan pertanyaan barusan kepada atasanmu dan lihat apakah dia punya jawaban lain selain menegur dan mengancam akan menggantikanmu dengan orang yang lebih produktif.

Tapi tenang saja. Kamu tidak perlu bingung atau takut sebab kamu sendiri bisa meningkatkan produktifitas kerjamu dengan melakukan hal-hal berikut.


1. Membuat rencana pekerjaan dengan baik

credit: Tools 4 Dev

Kamu memang masih bisa melakukan tugas-tugasmu meski tanpa sebuah rencana. Tetapi sebuah rencana dapat membantumu menentukan langkah-langkah yang diperlukan untuk menuntaskan sebuah pekerjaan. Selain itu, rencana pekerjaan yang baik juga bisa membantumu memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan sehingga waktumu di kantor bisa digunakan seefektif dan seefisien mungkin.

Jadi, mulailah merencakan pekerjaanmu. Kamu bisa melakukan perencanaan harian untuk pekerjaan yang akan dilakukan esok hari atau kamu juga bisa menyusun rencana pekerjaan untuk seminggu ke depan.


2. Buatlah prioritas sebab sejatinya kamu tidak bisa multitasking

credit: Memolition

Dibebani lebih dari satu tugas di waktu yang sama adalah hal yang biasa terjadi di dunia kerja. Tapi jangan pernah berpikir untuk melahap tugas-tugas itu secara bersamaan sebab otak manusia hanya bisa fokus pada satu pekerjaan. Daripada coba-coba untuk multitasking, lebih baik kamu mulai membuat prioritas.

Tentukan mana pekerjaan yang harus diselesaikan lebih dulu dan mana yang masih bisa ditunda. Penentuan ini akan membantumu fokus bekerja hingga setiap tugas yang diberikan kepadamu dapat dituntaskan dengan baik dan tidak ada pekerjaan yang terbengkalai.


3. Lindungi dirimu dari gangguan sekitar

credit: Images Buddy

Kamu sudah membuat rencana kerja yang baik serta sudah menentukan urutan pekerjaan yang akan dikerjakan. Namun ternyata itu semua tidak berarti sebab kamu terganggu hal-hal yang ada di sekelilingmu seperti:

  1. Suara ponselmu sendiri
  2. Godaan untuk bermain media sosial, dan
  3. Rekan kerja yang mengganggu

Maka, jika kamu ingin produktif bekerja, kamu harus bisa menjaga perhatianmu agar tidak teralihkan. Kamu bisa mencoba:

  1. Mematikan ponsel. Jika belum mampu, cukup nonaktifkan suaranya saja. Jangan lupa taruh agak jauh dari jangkauan
  2. Matikan koneksi internet ke komputer atau laptopmu
  3. Jika mendengarkan musik bisa membuatmu lebih fokus, maka segera pasang earphone-mu
  4. Beritahu rekan-rekanmu kalau kamu sedang tidak ingin diganggu


4. Rehatlah sejenak

credit: Live Rostrum

Ambillah beberapa menit untuk meluruskan kaki atau melakukan beberapa gerakan peregangan. Jalan-jalanlah sebentar agar otot-otot tubuhmu tidak kaku. Jika memungkinkan, buatlah secangkir kopi untuk menemanimu menyelesaikan sisa pekerjaan.


5. Jangan malu bertanya

credit: Lifehacker Australia

Terkadang kamu tidak mampu menyelesaikan suatu pekerjaan karena tidak tahu caranya. Dalam situasi ini datangilah rekan kerja atau senior di kantormu untuk meminta pendapat mereka. Selain dapat membantumu menuntaskan pekerjaan, hal ini juga bisa membuatmu lebih akrab dengan mereka.

BACA JUGA


Tetap Produktif Saat Bosan, Inilah 15 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengisi Waktu Luang!

Tetap Produktif Saat Bosan, Inilah 15 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengisi Waktu Luang!

Saat kamu bosan, tidak ada salahnya mencari kegiatan yang dapat mengisi harimu dan menghilangkan rasa jenuhmu

Read more..

***

Menjadi pekerja yang produktif akan memberimu banyak keuntungan. Selain pekerjaan cepat selesai, produktifitas kerjamu yang tinggi juga akan membuat atasan senang.

Nah, kamu siap menjadi produktif?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tingkatkan Produktivitas Kerja Kamu dengan 5 Langkah Berikut Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ludi Mauliana | @ludimauliana

Silahkan login untuk memberi komentar