Tetap Produktif Saat Bosan, Inilah 15 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengisi Waktu Luang!

Inspirasi

photo credit: pinterest

4.6K
Saat kamu bosan, tidak ada salahnya mencari kegiatan yang dapat mengisi harimu dan menghilangkan rasa jenuhmu.

Bosan di rumah dan tidak tahu ingin melakukan apa memang hal yang menyebalkan. Namun, kamu bisa juga, lho, melakukan hal berikut untuk mengusir bosan. Selain menghilangkan bosan, kegiatan ini juga dapat memberikan banyak manfaat. Penasaran? Check this out!


1. Membuat origami

photo credit: hiveminer


Seni melipat kertas atau yang lebih dikenal dengan origami ini selain bisa mengusir bosan, ternyata juga bisa mengasah kreativitas dan meningkatkan motorik kamu, lho. Banyak sekali bentuk yang bisa dibuat menggunakan kertas origami. Mulai dari burung bangau, bunga, pesawat, hingga pembatas buku.


2. Melukis sepatu

photo credit: pinterest

Bosan menggunakan sepatu yang itu-itu saja? Melukis sepatu bisa menjadi pilihan tepat saat kamu bosan dan tidak tahu ingin melakukan apa. Cukup siapkan sepatu polos kamu, cat akrilik, pisau kertas, koran bekas, masking tape, dan kuas. Lalu, lukis sepatu kamu sesuai dengan keinginan dan kamu juga bisa modifikasi gambarnya. Kemudian, jemur sepatu kamu hingga kering. Voila, sepatu cantikmu pun siap dipakai!


3. Bersepeda

photo credit: pinterest

Bersepeda keliling komplek atau ke taman juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengusir bosan, lho. Karena dengan bersepeda, otak kita akan fresh kembali dan pikiran kamu tidak akan suntuk lagi.


4. Mengubah posisi barang di kamar

photo credit: pinterest


Melihat tata letak barang yang selalu sama terkadang membuat bosan, ya. Tidak ada salahnya, kok, jika kamu ingin mengubah tata letak barang di kamar agar memberikan kesan baru yang tidak biasa. Misalnya, kamu bisa memindahkan kasur ke bagian dekat jendela, atau memindahkan lemari ke dekat pintu. Jangan lupa minta bantuan dari ayah atau kakak, ya, jika ingin memindahkan barang yang cukup berat!


5. Menjadi sukarelawan

photo credit: briankeithohara

Menjadi sukarelawan merupakan kegiatan mulia yang ternyata juga bisa menghilangkan rasa bosan, lho! Bergabunglah dengan komunitas yang cocok denganmu atau bisa juga menanyakan kepada teman acara apa yang sedang membutuhkan sukarelawan. Mereka akan senang hati menerimamu dan kamu akan belajar banyak dari mereka.


6. Membuat ripped jeans

photo credit: wheretoget

Style ripped jeans memang menjadi fashion kekinian yang suka dipakai oleh anak muda. Kamu bisa lho membuat ripped jeans dengan tangan kamu sendiri. Cukup siapkan amplas dan silet, kamu sudah bisa berkreasi dengan jeans kamu. Tapi, perlu ekstra hati-hati ya dalam membuatnya.


7. Menonton film klasik

photo credit: rebloggy

Menonton film era 90an bisa menjadi pilihan yang unik, nih, untuk kamu. Kamu akan mengetahui perkembangan film dari hitam-putih hingga berwarna seperti sekarang.


8. Membaca buku yang memiliki cover sama dengan warna favoritmu

photo credit: abeautifulmess

Tantang dirimu sendiri dengan membaca buku yang memiliki cover sama dengan warna favoritmu. Hal ini sangat tepat untuk mengusir rasa bosan, karena kamu akan sibuk mencari buku tersebut lalu membacanya. Misalnya kamu menyukai warna biru, maka buku The Fault In Our Stars bisa menjadi pilihan yang bagus untuk dibaca.


9. Kirim surat ke kakek-nenek atau teman lama

photo credit: tumblr

Sudah lama tidak berjumpa dengan kakek-nenek serta teman yang tinggal di kota atau negara berbeda memang menimbulkan rasa kangen. Gak ada salahnya kok kalau kamu ingin mengirim surat kepada mereka. Ceritakan tentang keseharianmu dan jangan lupa juga tanyakan kabar mereka, ya.


10. Bermain puzzle

photo credit: myallcall

Merangkai gambar-gambar kecil menjadi satu kesatuan yang utuh, secara langsung dapat mengasah otak kamu untuk berkonsentrasi, lho. Saat bosan, kamu bisa mengambil sebuah puzzle dan menyatukan mereka. Kamu juga bisa mengajak kakak atau adik untuk bermain bersama.


11. Mengoleksi vinyl

photo credit: gadcompany

Vinyl atau piringan hitam kini sudah mulai menghilang eksistensinya. Namun, di tempat tertentu kamu masih tetap bisa menemukannya, kok. Mengoleksi vinyl bisa menjadi hobi unik kamu untuk mengusir hari-hari yang menjenuhkan.


12. Memasak makanan favoritmu

photo credit: cooksmarts

Jika biasanya makanan favorit kamu dimasak oleh Ibu atau membelinya di luar, saat bosan kamu bisa banget membuat makanan kesukaanmu sendiri. Akan ada rasa kebanggan yang timbul jika kamu berhasil membuatnya. Tapi, jika kamu gagal memasaknya, jangan kecewa! Kamu bisa terus mencoba membuat makanan tersebut di lain waktu.


13. Membuat scrapbook

photo credit: pinterest

Membuat scrapbook yang sesuai dengan keinginanmu sangat tepat untuk mengusir bosan, karena kamu bisa berkreasi dengan ide kreatifmu. Salah satunya, kamu bisa membuat scrapbook tentang tempat apa saja yang ingin kamu kunjungi. Jangan lupa juga sertakan gambar dan warna untuk mempercantik karyamu, ya!


14. Menggambar doodle

photo credit: justcolor

Selain mengusir bosan, membuat doodle ternyata memiliki banyak manfaat, lho. Salah satunya adalah meningkatkan konsentrasi dan fokus kamu. Saat menggambar doodle, kamu tidak diberikan batasan harus menggambar seperti apa. Kamu bebas menunangkan ide bahkan hal abstrak sekalipun.


15. Temukan baju lama kamu lalu mix and match

photo credit: alibaba

Jika kamu tidak tahu ingin melakukan apa, coba izin kepada Ibu untuk melihat isi lemari dan temukan baju lama yang sudah tidak terpakai. Terkadang, baju-baju tersebut masih layak digunakan. Karena jangan salah lho, fashion tahun 90an kini mulai menjadi trend kembali. Kamu bisa mix and match mereka menjadi fashion style yang menarik.

BACA JUGA


Sebelum 25 Tahun, Inilah 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan!

Sebelum 25 Tahun, Inilah 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan!

Meski pun berbeda tujuan hidup, 5 hal ini harus kamu lakukan sebelum usia 25

Read more..

Nah, itu dia 15 hal yang bisa kamu lakukan saat bosan. Bikin harimu yang menjenuhkan menjadi suatu kegiatan yang bermanfaat. Tertarik mencobanya?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tetap Produktif Saat Bosan, Inilah 15 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengisi Waktu Luang!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ramadhana Afida | @Afidarmd

Silahkan login untuk memberi komentar