Tertarik Kerja Freelance? 7 Pekerjaan Ini Bisa Jadi Salah Satu Pilihan Kamu!

Kerja

freelancer

31.6K
Bagi kalian yang mempunyai kemampuan atau sekedar hobi di bidang desain grafis, jangan sungkan untuk menawarkannya kepada klien atau perusahaan yang sekiranya membutuhkan jasa kamu.


Tren kerja secara freelance memang telah digemari beberapa tahun ini, kerja secara freelance melepaskan kita dari kekangan jam kerja, namun kita harus menyadari bahwa bila kita kerja freelance, bos adalah klien, sementara kita tidak pernah jadi bos. Tapi, biasanya pekerjaan freelance adalah sebuah pekerjaan yang memang benar-benar kita senangi, sehingga seolah-olah pekerjaan tersebut adalah hobi yang dibayar.

Inilah beberapa pekerjaan freelance yang dapat kamu gunakan sebagai motivasi sekaligus inspirasi untuk terjun ke dalam dunia kerja freelance ini.


1. Penerjemah bahasa, hobi bisa menjadi hoki

atercume.com.tr

Jika kamu seorang lulusan mahasiswa sastra, bisa juga lho menggeluti pekerjaan ini secara freelance. Secara kemampuan berbahasa pasti kamu berada di atas rata-rata kemampuan orang pada umumnya, tinggal passion dan kemauan yang dapat menggerakkanya. Kamu dapat menerjemahkan berbagai karya sastra, mulai dari biografi, novel, atau buku bacaan yang berasal dari mancanegara. Selain itu, kamu juga dapat menawarkan jasa kepada mahasiswa-mahasiswa yang membutuhkan perjemah jurnal studi mereka.


2. Percayalah, hampir semua perusahaan butuh desainer grafis

Udemy Blog

Bagi kalian yang mempunyai kemampuan atau sekedar hobi di bidang desain grafis, jangan sungkan untuk menawarkannya kepada klien atau perusahaan yang sekiranya membutuhkan jasa kamu. Buatlah portfolio semenarik mungkin dan hal tersebut bisa dilakukan dengan posting hasil karya di Instagram, LinkedIn, atau devianArt. Siapa tahu desain yang kamu buat banyak dilirik oleh perusahaan dan klien-klien yang mebutuhkan jasa tersebut.


3. Animator adalah salah satu industri kreatif yang sedang booming

CGMeetup

Karena industri animasi sedang booming-boomingnya, pekerjaan tersebut kian dilirik banyak orang karena nominal penghasilan yang cukup menggiurkan. Animasi adalah sebuah industri kreatif yang relatif mahal. Maraknya penggunaan media digital beberapa tahun belakangan ini membuat banyak perusahaan yang meng-hire animator untuk bergabung di perusahaan mereka. Akan tetapi, jika kamu ingin tetap menjadi freelancer, hal tersebut juga tidak masalah karena justru karya yang akan kamu buat sangat bervariasi. Bahkan di negara Amerika, penghasilan rata-rata animator berkisar antara 70-80ribu dolar per tahun. Wow!


4. Menulis adalah suatu pekerjaan yang layak dipertimbangkan saat ini

Letsintern

Mempunyai hobi menulis tentunya bisa menjadi penghasilan yang menjanjikan, apalagi jika sudah menyangkut passion yaitu jiwa kita sudah terikat dalam hal tersebut. Kalian bisa menjadi penulis konten di suatu portal online, menjadi kontributor di sebuah majalah, atau malah menulis buku karangan sendiri yang berpotensi menjadi best seller.


5. Videomaker sangat banyak dibutuhkan oleh perusahaan sebagai konten marketing saat ini

credits: Dave Bigler

Kebutuhan video untuk mengisi konten-konten digital saat ini sangat besar. Oleh karena itu, peluang menjadi video maker sangat tinggi dan prospeknya juga sangat bagus. Dan yang paling menarik, pekerjaan ini bisa dilakukan secara freelance, sehingga kalian hanya butuh mengatur jadwal dari klien. Hal yang terpenting dalam pekerjaan ini adalah portofolio kalian harus bagus agar klien tertarik, lalu pengelolaan waktu atau jadwal harus efektif untuk menghindari benturan dan mencegah revisi dari klien yang kadang menghabiskan cukup waktu.


6. Zaman sudah serba online, Web Developer memang dibutuhkan di segala bidang industri

credits: Entrepreneur

Di kala online shop banyak menjamur, tentu salah satu kebutuhan mereka adalah pembuatan website atau blog. Apabila kalian mahir dalam coding dan tata letak cobalah untuk menawarkan kemampuanmu itu paling tidak pada temanmu yang memiliki online shop. Lalu secara perlahan buat portfolio yang bagus sehingga lebih besar lagi kemungkinan klien yang dapat kamu gaet.


7. Social Media Strategist, pekerjaan yang sangat diperhitungkan saat ini

Erporate.com

Konten yang merambah media sosial tentunya membutuhkan seorang ahli dalam bidang tersebut. Apabila kamu jago dalam menganalisa situasi marketing di media sosial dan pandai menemukan solusinya mungkin pekerjaan ini adalah pekerjaan yang pas dengan passion kamu.

BACA JUGA


5 Strategi Mengubah Hobi Menjadi Hoki

5 Strategi Mengubah Hobi Menjadi Hoki

Hobi mahal ternyata bisa dipakai sebagai pencari nafkah utama

Read more..

Itulah beberapa pekerjaan yang dapat kamu jadikan referensi apabila ingin merintis karier secara freelance. Tentu ada kelebihan dan kekurangan tersendiri yang berbeda-beda bagi setiap orang. Hal yang paling penting adalah lakukan pekerjaan yang kamu senangi dan jangan merasa terpaksa, teruslah berproses karena kegagalan itu pasti ada tergantung seberapa banyak kita bangkit lagi dan kembali menyongsong masa depan.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tertarik Kerja Freelance? 7 Pekerjaan Ini Bisa Jadi Salah Satu Pilihan Kamu!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Zaky Faz | @zakyfaz

Silahkan login untuk memberi komentar

mike donald | @LOANFIRM

Hola, ¿Está buscando libertad financiera? ¿Está en deuda, necesita un crédito para iniciar un nuevo negocio? ¿O doblar financieramente, usted necesita un crédito, un coche para comprar o una casa? ¿Alguna vez ha rechazado las finanzas de su banco? ¿Quieres mejorar tu situación financiera? ¿Necesita un préstamo que sus cuentas pagan? No busque más, le damos la bienvenida a una oportunidad para obtener todo tipo de préstamos, a un precio muy asequible 3% de interés para obtener más información, póngase en contacto con nosotros ahora por correo electrónico a: (stevedanielloanfirm@gmail.com)

artha amalia | @arthaamalia

Suka bagian "menulis". Tapi kudu sering dilatih biar makin bagus. Belajarnya selain nyontek buku3 kepenulisan yang nyari di priceza.co.id dengan harga sesuai budget, juga dari baca post2 macam gini. Mendidik