Tertarik Bekerja secara Remote? Ini 3 Keuntungan yang Harus Kamu Tahu

Kerja

Photo Credit: Huffington Post

5.6K
Apakah kamu pernah merasa bosan dengan rutinitas bangun pagi-berangkat ke kantor-kena macet-pulang malam? Cobalah bekerja secara remote atau tidak harus pergi ke kantor setiap hari.

Beberapa bulan terakhir, saya mendapatkan berbagai pengalaman menarik sebagai seseorang yang bekerja dari rumah. Saya tidak mendirikan sebuah usaha, akan tetapi saya bekerja untuk sebuah perusahaan yang berpusat di Jakarta. Saya pribadi berdomisili di Yogyakarta, namun hal tersebut tidak mengganggu produktivitas saya sebagai pekerja. Saya tetap memiliki tanggung jawab moral untuk memenuhi kuantitas dan kualitas pekerjaan sesuai yang diminta oleh atasan. Saya juga bekerja dengan beberapa orang sebagai anggota tim, yang tinggal di berbagai kota lain di Indonesia.

Pada zaman dimana Internet memegang peranan penting dalam kehidupan, kamu pun sangat bisa memanfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan uang. Kamu pun memiliki kesempatan yang lebih luas untuk mengaplikasikan keahlian dan bakatmu, tanpa harus bermacetan di jalan. Dengan demikian, kamu bisa memiliki waktu yang lebih banyak untuk beristirahat, berolahraga, atau mengerjakan hobimu.

Sebaliknya, beberapa perusahaan juga tidak keberatan mempekerjakan pekerja remote. Memang ada jenis-jenis pekerjaan yang tidak cocok jika dikerjakan secara jarak jauh, terutama yang membutuhkan pelayanan secara langsung untuk klien. Namun, ada beberapa alasan yang menjadikan perusahaan memilih mengizinkan pekerjanya bekerja secara remote, antara lain:

Meningkatkan Produktivitas

Photo Credit: Pinterest

Mungkin kamu tipikal pekerja yang memiliki waktu tertentu yang lebih produktif dibandingkan siang hari. Misalnya, kamu lebih senang bekerja pada malam hari karena situasi lebih sepi dan tenang. Atau, kamu lebih sigap saat harus berkreasi pada awal hari. Buat kamu yang sudah berkeluarga, apalagi memiliki anak, remote working akan membantu keseharianmu. Kamu masih bisa memasak, mengantar anak sekolah, membereskan rumah, bahkan kamu sempat berolahraga. Intinya, ketika kamu memiliki manajemen waktu yang baik, kamu bisa memaksimalkan waktumu untuk berbagai aktivitas disamping bekerja. Namun, tetap harus diingat bahwa yang paling penting adalah ketika kamu bisa memenuhi deadline dan tetap produktif. Kalau sudah bicara produktivitas, tentu perusahaan akan lebih untung bila karyawannya produktif, bukan?

Memaksimalkan Output atau Hasil Pekerjaan

Photo Credit: Purelx

Sebagian besar karyawan mengalami masalah-masalah yang disebabkan oleh kekurangan waktu tidur dan kelelahan akibat commuting. Hal ini membuat konsentrasi karyawan berkurang dan banyak waktu kerja yang terbuang. Meskipun kamu diwajibkan datang ke kantor pada jam delapan pagi, kamu tidak langsung bekerja karena harus sarapan atau menggunakan make up. Bahkan, kamu membutuhkan beberapa waktu untuk mengumpulkan ‘nyawa’ dan memulai pekerjaan.

Sebaliknya, mantan bos di tempat kerja saya yang sebelumnya pernah berkata bahwa beliau tidak memerlukan karyawan yang menghabiskan delapan jam di kantor hanya untuk browsing dan posting di media sosial. Beliau memberikan kebebasan bagi karyawan untuk datang dan pulang pada jam berapapun – atau bekerja dari rumah – jika memang dilihat karyawan tersebut mampu berkomitmen dan bekerja dengan lebih baik.

Menghemat Biaya Operasional

Ketika kamu bekerja secara remote, kamu bisa menghemat uang yang kamu gunakan untuk ongkos ke kantor. Selama kamu berada di tempat yang memiliki akses Internet kecepatan tinggi, kamu tetap bisa bekerja. Kamu pun tidak perlu memiliki banyak pakaian resmi, dan tentu dapat mengurangi biaya mengentertain klien.

Sementara perusahaan juga bisa menghemat pengeluaran listrik, air, atau mengurangi biaya-biaya yang awalnya memang wajib disediakan oleh perusahaan. Sebagai contoh, uang lembur, persediaan bahan makanan di dapur, atau fasilitas-fasilitas tertentu seperti printer, coffee maker, dan lain-lain.

Tertarik bekerja secara remote? Pastikan kamu menegosiasikan syarat, ketentuan, dan kompensasi dengan perusahaan secara menyeluruh sehingga kedua belah pihak mendapatkan win-win solution.


*konten ini hasi kerja sama dengan SISTERNET.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tertarik Bekerja secara Remote? Ini 3 Keuntungan yang Harus Kamu Tahu". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Virala | @virala

Markasnya biang kreatif Indonesia

Silahkan login untuk memberi komentar

mike donald | @LOANFIRM

Hola, ¿Está buscando libertad financiera? ¿Está en deuda, necesita un crédito para iniciar un nuevo negocio? ¿O doblar financieramente, usted necesita un crédito, un coche para comprar o una casa? ¿Alguna vez ha rechazado las finanzas de su banco? ¿Quieres mejorar tu situación financiera? ¿Necesita un préstamo que sus cuentas pagan? No busque más, le damos la bienvenida a una oportunidad para obtener todo tipo de préstamos, a un precio muy asequible 3% de interés para obtener más información, póngase en contacto con nosotros ahora por correo electrónico a: (stevedanielloanfirm@gmail.com)