Tampil Memukau Saat Presentasi, Atasi Rasa Gugup dengan 7 Langkah Mudah Berikut Ini!

Kerja

photo credit: US News & World Report

1.5K
Gugup saat tampil di depan banyak orang adalah wajar. Menjadi tidak wajar kalau kamu tidak berusaha mengatasinya.

Melakukan presentasi adalah hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupanmu baik sebagai mahasiswa atau seorang pekerja. Dan masalah umum yang sering kamu dan kebanyakan orang hadapi ketika menyajikan sebuah presentasi di hadapan orang-orang adalah rasa gugup. Namun, kamu bisa mengatasi rasa gugup yang mengganggu itu jika kamu melakukan langkah-langkah ini.


1. Persiapan

photo credit: Prezentr

Mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan presentasi adalah hal dasar yang wajib kamu lakukan. Pelajari materi yang akan kamu sampaikan. Dengan begitu kamu akan lebih mudah menyampaikannya di depan orang-orang sekaligus memberikan kesan kalau kamu menguasai materi tersebut.

Persiapkan juga hal-hal pendukung seperti file presentasi (soft copy dan hard copy), laptop, proyektor, mikrofon, laser pointer, dan lainnya. Siapkan pula rencana darurat berisi tindakan-tindakan yang akan kamu lakukan ketika terjadi suatu gangguan seperti laptop mati atau proyektor yang tiba-tiba rusak.

Persiapan yang baik sudah menjamin 50% keberhasilan presentasimu.


2. Latihan dan latihan

credit: Her campus

Pernah dengan kalimat practice makes perfect? Sama halnya dengan presentasi, jika kamu ingin membuat presentasi berjalan sempurna maka kamu harus sering latihan.

Ajak beberapa rekanmu untuk menyaksikan bagaimana kamu berlatih. Mintalah pendapat dan saran mereka. Seandainya tidak ada rekan yang bisa membantu, kamu tetap bisa melatih dirimu sendiri dengan berbicara di depan cermin.


3. Perhatikan postur

photo credit: US News & World Report

Cara kamu menjaga postur tubuhmu selama presentasi adalah hal yang penting. Usahakan agar kamu tetap berdiri dengan punggung tegak selama menyajikan materi. Jika kamu tampak bungkuk atau terlalu membusung, hal itu akan mengurangi nilaimu di hadapan orang-orang dan juga memberikan kesan bahwa kamu tidak percaya diri atau terlampau percaya diri.


4. Atur nafas

photo credit: ThoughtCo

Buat dirimu lebih rileks dengan mengatur nafas. Sebelum memulai presentasi, tariklah nafas panjang lewat hidung lalu embuskan perlahan lewat mulut. Lakukan 3 – 5 kali. Cara ini juga bisa juga kamu lakukan ketika gugup mulai menyerangmu di tengah-tengah presentasi. Tetapi ingat, beritahu dulu audiens kalau kamu butuh jeda beberapa detik untuk mengatur nafas. Setelah selesai, hadiahi mereka senyuman sebelum kamu melanjutkan memaparkan materi.


5. Tubuhmu harus ikut bergerak

photo credit: english.manoramaonline

Bahasa tubuh yang kamu tampilkan menentukan kualitas presentasimu. Sebagus apapun materi yang kamu punya akan percuma jika kamu menyampaikannya tanpa gestur yang mendukung. Tanganmu harus aktif bergerak. Selain untuk memberikan penekanan pada poin-poin yang kamu sampaikan, menggerakkan tangan juga cukup efektif untuk mengurangi gugup.

Jangan lupa pula untuk berpindah posisi. Berada di posisi yang sama terus-menerus akan membuat audiens bosan. Cobalah melangkah ke sisi lain untuk mendapatkan sudut pandang yang lebih bervariasi di ruangan tempatmu melakukan presentasi. Dengan berjalan pun rasa gugupmu bisa sedikit teratasi.


6. Cuci muka dan minum

photo credit: Feelgood Style

Sisihkan beberapa menit saja untuk mencuci wajahmu supaya kamu merasa lebih segar. Dan sebelum memulai presentasi, minumlah beberapa teguk air putih untuk mengurangi gugup.

Trik minum air ini juga bisa kamu lakukan seandainya kamu mulai gugup saat presentasi berlangsung.


7. Jangan lupa berdoa

photo credit: professionvoyage

Sebagai insan beragama, kamu punya Tuhan sebagai tempat meminta pertolongan. Berdoalah di malam sebelum hari presentasi dan berdoalah juga beberapa saat sebelum presentasi dimulai.

***

Kamu bisa melakukan cara-cara di atas untuk mengurangi gugup saat presentasi. Atau kamu juga boleh melakukan cara-caramu sendiri.

BACA JUGA


Tingkatkan Produktivitas Kerja Kamu dengan 5 Langkah Berikut Ini!

Tingkatkan Produktivitas Kerja Kamu dengan 5 Langkah Berikut Ini!

Buatlah prioritas sebab sejatinya kamu tidak bisa multitasking

Read more..

Selain itu, ada satu hal lagi yang sangat ampuh untuk mengurangi gugup yang kamu rasakan, yaitu dengan sering melakukan presentasi. Jika kamu semakin terbiasa berbicara di depan orang banyak, maka gugup tidak akan lagi mengganggumu.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tampil Memukau Saat Presentasi, Atasi Rasa Gugup dengan 7 Langkah Mudah Berikut Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ludi Mauliana | @ludimauliana

Silahkan login untuk memberi komentar