Tak Kunjung Dapat Kerja? Sudah Sedihnya! Inilah 5 Cara Atasi Rasa Kecewa Akibat Ditolak HRD

Kerja

photo credit: The Business Journals

12.2K
Kecewa itu wajar tapi terlalu larut dalam kekecewaan juga bukan sesuatu yang baik.

Mencari pekerjaan tidak semulus yang dibayangkan. Ada yang langsung berhasil mendapatkan pekerjaan meski baru sekali mengajukan lamaran, tapi ada pula yang terus gagal meski telah berusaha berkali-kali. Padahal CV dan surat lamaran kerja sudah disusun dengan sebaik-baiknya.

Kecewa itu wajar tapi terlalu larut dalam kekecewaan juga bukan sesuatu yang baik. Sudah saatnya bangkit dan lawan rasa kecewa akibat gagal diterima kerja dengan 5 cara ini.


1. Luapkan emosi

photo credit: Pinterest

Memendam emosi terlalu lama hanya akan menimbulkan penyakit. Jadi, cara terbaik adalah dengan meluapkannya selama dilakukan dengan cara yang tepat. Kamu bisa mencurahkan isi hati pada teman terdekat atau lakukan hal-hal yang menurutmu menyenangkan. Intinya, apa pun caranya, kamu tetap harus bagkit.


2. Intropeksi diri

photo credit: Blue Elevator

Setelah berhasil menghilangkan kekecewaan, maka saatnya kembali mencari pekerjaan. Tapi sebelum itu, perhatikan terlebih dulu di bagian mana kamu sering gagal. Jika sudah menemukannya, maka perbaikilah bagian tersebut. Misalnya, kamu sering gagal saat interview, maka kamu harus lebih menpersiapkan diri sebelum tes interview. Pelajari apa saja yang berkaitan dengan perusahaan yang kamu tuju atau siapkan fisik dan mental sebelum wawancara.


3. Tingkatkan kemampuan

photo credit: shutterstock
Kegagalan bukanlah waktu untuk bersedih. Sebaliknya kegagalan adalah saat yang tepat untuk semakin tumbuh menjadi lebih baik.

Jika kamu ditolak di sebuah perusahaan karena kurang baik dalam berbahasa Inggris, maka hal yang perlu kamu lakukan adalah meningkatkan kemampuan bahasa Inggris agar bisa memenuhi kualifikasi perusahaan tersebut. Jadi, jika nanti perusahaan tersebut kembali membuka lowongan, kamu sudah siap dengan kemampuan yang baru.


4. Fokus ke masa depan

photo credit: The Daily Wiz

Ditolak perusahaan impian memang sesuatu yang menyakitkan. Tapi, apakah kita harus larut terus dalam kesedihan? Tidak! Sudah saatnya membuang kegagalan itu jauh-jauh dan fokuslah untuk mengejar impian baru. Jangan hanya terpaku pada satu perusahaan saja. Masih ada banyak perusahaan yang mungkin adalah jalan bagi kesuksesan kamu.


5. Belajar dari kesalahan

photo credit: Forbes

Setelah siap, pastikan kamu tidak mengulang kesalahan yang sama. Persiapkan CV dan surat lamaran kerja yang baru yang khusus dipersiapkan untuk tiap-tiap perusahaan yang akan kamu lamar. Persiapkan pula jawaban terbaik saat kamu telah dipanggil untuk melakukan tes wawancara.

BACA JUGA


Tertarik Kerja Freelance? 7 Pekerjaan Ini Bisa Jadi Salah Satu Pilihan Kamu!

Tertarik Kerja Freelance? 7 Pekerjaan Ini Bisa Jadi Salah Satu Pilihan Kamu!

Bagi kalian yang mempunyai kemampuan atau sekedar hobi di bidang desain grafis, jangan sungkan untuk menawarkannya kepada klien atau ...

Read more..

Itulah beberapa cara mengatasi rasa kecewa akibat ditolak perusahaan yang dilamar. Selamat mencoba dan tetap semanagat.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tak Kunjung Dapat Kerja? Sudah Sedihnya! Inilah 5 Cara Atasi Rasa Kecewa Akibat Ditolak HRD". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Arif Gunawan | @arifmanunited

Silahkan login untuk memberi komentar

mike donald | @LOANFIRM

Hola, ¿Está buscando libertad financiera? ¿Está en deuda, necesita un crédito para iniciar un nuevo negocio? ¿O doblar financieramente, usted necesita un crédito, un coche para comprar o una casa? ¿Alguna vez ha rechazado las finanzas de su banco? ¿Quieres mejorar tu situación financiera? ¿Necesita un préstamo que sus cuentas pagan? No busque más, le damos la bienvenida a una oportunidad para obtener todo tipo de préstamos, a un precio muy asequible 3% de interés para obtener más información, póngase en contacto con nosotros ahora por correo electrónico a: (stevedanielloanfirm@gmail.com)