Suka Jadi Silent Reader? Ketahui 5 Dampak dari Komentar yang Kamu Berikan!

Inspirasi

credit: Value Bound

237
Resign jadi silent readernya

Setiap artikel online selalu dilengkapi kolom komentar di bagian paling bawah. Kolom komentar tersebut diciptakan supaya kamu dapat menuangkan gagasan atau tanggapan terhadap artikel yang kamu baca. Tetapi ada kalanya kamu menjadi seorang silent reader, yaitu orang-orang yang tidak pernah memberikan komentar setelah membaca sebuah artikel online.

Mulai saat ini kamu harus mampu meninggalkan kebiasaan silent reader itu dan mulai memberikan tanggapan di kolom komentar. Pemikiran, ide, atau tanggapan yang kamu tulis di kolom komentar adalah hal yang sangat penting, sebab:


1. Berlatih menghargai sesama

photo credit: Baseline of Health Foundation

Dengan membaca sebuah artikel, kamu memang sudah memberikan sebuah apresiasi kepada penulis. Tetapi apresiasi itu akan terasa kurang bermakna jika kamu langsung pergi tanpa meninggalkan komentar.

Mari beranalogi. Bayangkan kamu sedang mengikuti sebuah audisi menyanyi. Juri mendengarkan dengan serius dan tampak menyukai nyanyianmu. Tetapi setelah kamu selesai bernyanyi, mereka tidak memberikan komentar apa pun. Kamu akan merasa tidak nyaman, bukan?


2. Menumbuhkan sikap peduli

photo credit: KQED

Komentar yang kamu berikan tidak lain adalah sebuah bentuk kepedulianmu terhadap penulis. Kepedulian ini sangat penting karena jika penulis menemukan tulisan-tulisannya selalu sepi komentar, hal ini bisa membuatnya berpikir kalau tidak ada yang peduli lagi dengan hasil kerja kerasnya dan ini tentu akan mempengaruhi semangatnya dalam bekerja. Kemungkinan terburuknya, si penulis pun enggan untuk menulis lagi.


3. Penulis ingin kamu menjadi bagian dari tulisannya

credit: Paul C Burr

Penulis ingin kamu tidak sekadar membaca. Dengan berkomentar kamu telah menjadi bagian penting dari sebuah tulisan dan sang penulis tentu akan sangat menghargainya.


4. Feedback yang kamu berikan bisa memberi dampak besar

credit: Kubik Leadership

Komentar yang kamu berikan juga bisa berperan menjadi sebuah bentuk penilaian terhadap artikel yang kamu baca. Penulis akan sangat senang jika kamu dapat menilai sebuah artikel baik itu dari segi penulisan, tata bahasa, atau relevansinya dengan situasi terkini.

Penilaian yang kamu berikan itu akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan sehingga penulis dapat membuat tulisan yang lebih bagus lagi di kesempatan berikutnya.


5. Bisa menambah wawasan

credit: Slef Educated Conservative

Kolom komentar adalah sebuah ruang interaksi. Orang-orang dengan beragam latar belakang hadir di sana untuk memberikan tanggapan dan sudut pandangnya. Makanya, di kolom komentar kamu bisa menemukan informasi baru atau hal-hal lain yang tidak kamu temukan langsung di artikel yang kamu baca.

BACA JUGA


Jangan Sebarkan Info di Media Sosial, Sebelum Menjawab 5 Pertanyaan THINK Ini!

Jangan Sebarkan Info di Media Sosial, Sebelum Menjawab 5 Pertanyaan THINK Ini!

Jangan asal membagikan sebuah konten di media sosial. You must THINK before sharing

Read more..

Sayang sekali jika kamu masih ingin bersikap seorang silent reader. Kamu akan melewatkan banyak kesempatan bagus hanya karena kamu terlalu malas berkomentar.

Jadi, kamu sudah siap berkomentar?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Suka Jadi Silent Reader? Ketahui 5 Dampak dari Komentar yang Kamu Berikan!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ludi Mauliana | @ludimauliana

Silahkan login untuk memberi komentar