Sering Terjadi, Inilah 7 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula yang Harus Kamu Hindari!

Industri Kreatif

photo credit: Credit Sesame

1.7K
Di FEI 2017, akan ada ratusan coach dan mentor dari berbagai disiplin ilmu, lembaga coaching, dan komunitas bisnis, akan bersatu di forum Coaching Festival untuk melakukan business coaching secara tatap muka, dan membantu pelaku bisnis keluar dari problemnya.

Menjadi pengusaha sukses, siapa sih yang tidak mau? Tapi, perjalanan menuju kesuksesan bukanlah perjalanan yang mudah. Kegagalan demi kegagalan bisa saja kamu temui dalam prosesnya. Kamu yang memiliki impian menjadi pengusaha atau saat ini sedang merintis usahamu sendiri, pernah menemui kebuntuan atau merasa ingin menyerah? Jika iyah, coba cek jangan-jangan kegagalan yang kamu alami terjadi karena kamu pernah melakukan salah satu kesalahan fatal di bawah ini.

1. Ingin mendapatkan kesuksesan dan keuntungan dalam waktu singkat

Pada dasarnya, memiliki kepercayaan diri yang tinggi dapat membantumu meraih kesuksesan, tapi mengharapkan hasil dalam waktu singkat justru bisa berdampak sebaliknya. Walau terdengar klise, kesabaran merupakan salah satu kunci dalam meraih kesuksesan. Bersifat realistis kadang bisa menyelamatkanmu dari rasa kecewa yang bisa memicu keinginan untuk menyerah.

photo credit: Credit Sesame

2. Berpikir bahwa kamu bisa menyelesaikan semua hal

Saat lingkup bisnismu masih sangat kecil, kamu mungkin merasa bisa menghandle semuanya. Tapi, jika kamu tetap memegang prinsip ini, bisnismu tak akan berkembang dan justru bisa gulung tikar. Ada kalanya kamu harus mendelegasikan pekerjaan yang harus dilakukan. Cari atau ajaklah orang yang kamu percaya untuk berbagi peran dan tanggung jawab yang diperlukan dalam usaha yang sedang kamu bangun. Dengan begini, kinerja yang dihasilkan pun dapat lebih maksimal.


3. Terlalu kaku dan tidak mau beradaptasi

photo credit: Big Think

Kebutuhan dan selera pasar berubah-ubah dengan cepat, maka belajar beradaptasi adalah skill dasar yang harus kamu miliki. Selalu pelajari hal-hal baru, dan cobalah untuk menemukan strategi/solusi yang kamu butuhkan. Misalnya saja, jika dulu menjamur kedai kopi yang menawarkan tempat yang nyaman, kini tak ada salahnya mencoba model kopi susu take-away dengan kemasan unik dan instagramable, yang juga sedang hits.

4. Tidak memanfaatkan media sosial dengan baik

Kadang, informasi di media sosial jauh lebih aktual daripada informasi di televisi maupun media cetak. Maka, penting sekali untuk mengikuti update terkini di media sosial. Kegemaran individu menunjukkan produk yang ia beli dan miliki, bisa menjadi 'data' penting yang berguna untuk bisnismu loh.


5. Tidak memiliki dan tidak mempelajari ilmu bisnis yang cukup

Salah satu kesalahan yang juga sering dimiliki para pembisnis pemula adalah kurangnya ilmu bisnis yang memadai. Saat berniat terjun ke dunia bisnis, ada baiknya kamu mulai belajar dan kalau perlu mencari mentor yang kompeten. Salah satu cara yang juga bisa kamu lakukan adalah bergabung dengan komunitas para pengusaha yang bisa menjadi wadah sharing dan saling belajar.

Mencari informasi pendukung di internet merupakan salah satu cara yang mudah untuk dilakukan, sayangnya, tak semua informasi bisa berguna untukmu. Tak sedikit informasi yang tersedia di dunia maya tersebut justru menyesatkan loh. Nah, untuk mendapatkan informasi yang akurat dan berkumpul dengan komunitas pengusaha yang kamu butuhkan, maka kamu harus banget nih datang ke FEI 2017.

Seminar, Talkshow, hingga Klinik Bisnis!

Festival Entrepreneur Indonesia (FEI 2017) merupakan gelaran akbar yang diadakan oleh Diah Yusuf, pegiat dan pelaku wirausaha yang menyatukan semua pelaku, pegiat dan pelaku wirausaha, dengan semangat sinergi untuk mengguncang dunia.
photo credit: FEI 2017

Dari junior, pemula, hingga para expert dapat duduk bersama dan saling berbagi optimisme dalam ekosistem entrepreneur Indonesia, menumbuhkan kewirausahaan, memberdayakan, dan melahirkan banyak entrepreneurs dengan produk dan brand yang bergaung di kancah Internasional.

Kamu akan bertemu Budi Satria Isman, Subiakto Priosoedarsono, Coach Dr. Fahmi, Jaya Setiabudi, Rendy Saputra, Yuszak M. Yahya, dan Mustofa Romdloni. Kalangan pengusaha muda seperti Bahlil Lahadalia, Yasa Singgih, dan Gazzan Azka. Professional seperti Armala, Fay Irvanto, Harri Firmansyah. Dan para Expert,seperti Riyeke Ustadiyanto, Budiman Hakim, Rizky Nur Zamzamy, dan Asep Herna. Selain seminar dan talkshow, di FEI 2017 juga ada Klinik Bisnis dengan para expert di bidang fashion, franchise, frozen food, HKI, hingga Finance.


photo credit: FEI2017

Business coaching langsung secara tatap muka


Di FEI 2017, akan ada ratusan coach dan mentor dari berbagai disiplin ilmu, lembaga coaching, dan komunitas bisnis, akan bersatu di forum Coaching Festival untuk melakukan business coaching secara tatap muka, dan membantu pelaku bisnis keluar dari problemnya.
Kamu bisa berkonsultasi langsung dan jika produk atau bisnismu berpotensi ekspor, serta lolos kurasi, maka kamu pun berkesempatan berkesempatan mendapat akses pemodalan di forum Business Pitching dan Investor Gathering, sehingga bisnisnya melesat lebih cepat.

BACA JUGA


Yuk, bergabunglah bersama semua kekuatan di Festival Entrepreneur Indonesia, tanggal 15-16 Agustus 2017. Dengan investasi Rp. 350.000, kamu bisa menjadi pengusaha yang kamu impikan. Tunggu apalagi? Kamu bisa mendaftar di http://bit.ly/RegFEI atau jika kamu ingin menjadi peserta bazar bisa mendaftar di http://bit.ly/RegBazaarFEI2017.


Untuk informasi selengkapnya, cari tahu di http://bit.ly/FEI2017




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sering Terjadi, Inilah 7 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula yang Harus Kamu Hindari!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Virala | @virala

Markasnya biang kreatif Indonesia

Silahkan login untuk memberi komentar