Selain Hati yang Bahagia, Apa Sih yang Harus Dibawa Kalau ke Luar Negeri?

Piknik

3K
Tips ini menjadi sangat penting bagi kamu yang deg-degan melakukan perjalanan pertamamu ke luar negeri.

Baiklah, saya jelaskan satu-satu ya, apa yang perlu kamu persiapkan untuk melakukan perjalanan ke luar negeri.

1 - Mukena + Sajadah

Allah tetap harus jadi prioritas utama. Karena Allah yang mengizinkan kita akhirnya bisa traveling. Nah, Juga, catat jadwal shalat sesuai negara yg dituju. Karena kadang kita nggak mendengar adzan. Maka, lebih baiknya di catat. Dan sebisa mungkin ketika waktu shalat tiba, mengutamakan shalat di tempat yg memungkinkan. Kalau waktu di perjalanan ya shalat di bis, di pesawat, dan lain-lain.

2. Paspor + fotokopi paspor/scan ke email

Setidaknya kalo kemungkinan terburuk terjadi, seperti paspor hilang jadi kita punya cadangannya untuk mengurus.

3 - KTP atau tanda pengenal lainnya

Sebenernya ini nggak kepake di sana, tetapi dibawa saja untuk jaga-jaga.

4 - Notes kecil + bolpen

Catat semua nomor-nomor penting, seperti KBRI di negara tujuan, nomor teman yang berdomisili di sana, dll. Dan masing-masing harus bawa ya, jangan cuma 1 orang yang mencatat.

5 - Maps dan sebelumnya bisa googling baca-baca tentang negara tujuan, biar sudah ada gambaran tentang negara tujuan.

6 - Catat di mana saja ada masjid dan makanan halal.

7 - Sandal jepit

Kalau pegal pakai sepatu, ganti pakai sandal. Nggak usah malu. Banyak kok bule yang backpacker-an pakai sandal malah kesannya keren. Wkwkw. Kalau mau foto ganti sepatu lagi dong *tetep*.

8 - Backpack

Ini udah pasti dong, namanya backpacker-an pasti pake backpack. Pilih backpack yang nyaman, yang memang didesain untuk perjalanan jauh. Pakailah senyaman mungkin. Dan jangan lupa backpack-nya harus ada mantolnya, ya, dan pakai aja mantolnya. Biar kalau hilang gampang ketemunya. Karena biasanya mantol tas warnanya nge’jreng. Pengalaman dari perjalananku kemarin yang sempat hilang.

9 - Print semua dokumen penting

Seperti booking hotel, booking bis, boarding pass, dll. Taruh di bagian dalam backpack dan dilapisi plastik.

10 - Permen

Kalau pas di bis dan mati gaya, makan permen ajah *ga nyambung*.

11 - Syal + Kaos kaki

Bawa selalu syal, biar nggak kedinginan kalau perjalanan jauh, daripada jaket terlalu berat dan riweuh bawanya. Kaos kaki dipakai biar kaki nggak kegesek langsung dengan sepatu, jadi mengurangi tingkat lecet. Kaos kakinya bawa 2, tipis dan tebel. Yang tipis untuk sehari-hari. Yang tebel untuk perjalanan jauh, menghalau dingin.

12 - Karet gelang

Untuk ngaretin baju. Cara biar bajunya muat banyak di tas adalah di gulung terus di karetin.

13 - Universal travel adaptor + power bank

14 - Kresek

Untuk baju kotor, dipisahin sama baju bersih.

15 - Tas lipat

Buat ngepak oleh-oleh yang di taruh di bagasi.

16 - Obat-obat’an pribadi

Misal nggak bisa makan pedes, bawa obat diare, ya. Jadi kalau kepaksa makan pedes nggak perlu takut nanti diare. Bawa juga minyak kayu putih, untuk jaga-jaga saja.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Selain Hati yang Bahagia, Apa Sih yang Harus Dibawa Kalau ke Luar Negeri?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Risa Ilovecha | @risailovecha

I'm a girl with a lot of dream on my mind, I love crafting, traveling and cooking. Selalu berusaha menjadi lebih baik dan mendewasa bersama langkah kaki serta senyuman.

Silahkan login untuk memberi komentar