Sebelum 25 Tahun, Inilah 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan!

Hiburan

29.8K
Meski pun berbeda tujuan hidup, 5 hal ini harus kamu lakukan sebelum usia 25.

Setiap orang punya tujuan hidup yang tentu berbeda dengan satu dan lainnya. Memang, ketika memasuki kepala dua sudah selayaknya kita yang dominan menentukan jalan hidup kita karena usia ini sudah menuju gerbang dewasa awal. Apa lagi, sebelum pertengahan 20-an alias umur 25 tahun, nih! Mungkin, pembaca artikel ini ada yang sudah punya momongan di usia muda, ada yang masih berjuang mendapatkan gelar sarjananya, atau sedang sibuk-sibuknya kerja. Maklum, usia produktif katanya. Akan tetapi, suatu waktu kamu pasti akan menemukan titik jenuh menjalani 'endless cycle' ini. Pas banget nih, Virala akan memberikan rekomendasi yang harus kamu lakukan (atau alami) sebelum usia 25 tahun.


1. Lakukan hal yang anti-mainstream

Maksud anti-mainstream di sini tentu tetap sesuai dengan norma yang berlaku, ya, bukan neko-neko. Yap, sudah pernah coba lakukan sesuatu di luar kebiasaan dan ketertarikanmu, belum? Misalnya, kamu seorang yang suka alat musik dan sering menghabiskan waktu di studio musik, kamar, atau pun beranda rumah, coba deh sesuatu yang benar-benar berkebalikan dari dirimu yang biasanya. Bisa ikut naik bukit, berkemah, atau coba scuba diving atau bungee jumping pokoknya hal yang sebelumnya belum pernah lakukan dan rasanya 'enggak gue banget'. Siapa tahu kamu temukan hobi baru yang bisa digeluti?


2. Gabung di komunitas tertentu sebagai relawan

Komunitas pecinta lingkungan, pecinta alam, atau komunitas yang peduli pada penyandang disabilitas. Anything new! Hal baru yang pengin kamu tahu lebih dalam. Selama ini mungkin hanya tahu komunitas X yang diundang salah satu talkshow di televisi saja. Nah, sekarang mumpung kamu belum ada pasangan hidup dan buah hati, lebih baik rasakan yuk jadi relawan. Dengan begini, kamu bisa ketemu sama orang berbagai latar belakang dan karakter. Kamu bisa menemukan perspektif baru dalam hidup dan pemikiranmu jauh lebih terbuka alias open-minded!


3. Bepergian sendiri

Eits, beda ya kalau kamu hanya sekadar bepergian ke tempat tertentu yang masih di sekitar kota. Sebelum menginjak 30 tahun, bepergian sendiri ini patut kamu coba! Entah ke tempat yang memiliki kultur jauh berbeda, ke wilayah yang mayoritas menganut agama yang berbeda dari kamu, bahkan ke tempat terpencil yang belum terekspos oleh media sebelumnya sebagai destinasi menarik. Yap, hal ini bisa kamu tanyakan kepada teman yang lebih berpengalaman traveling tentunya, biar selama pergi kamu tetep enjoy. Jangan sampai zonk dan malah bikin kamu bete, lho! Dijamin kamu akan dapat pengalaman berharga.


4. Gagal

  1. Apa? Gak salah, tuh? Masa harus gagal, sih?

Gak, gak salah, kok. Kamu memang harus gagal dulu. Habiskan jatah gagalmu selagi kamu masih muda, begitu pernyataan orang-orang sukses. Tentu, gagal dalam mempertahankan hubungan, gagal membangun bisnis, gagal meraih target-target kehidupan seperti tembus di universitas terbaik di negeri, beasiswa ke luar negeri, atau pun lulus kuliah melebihi tenggat waktu ideal. So, tenang saja, gagal itu bagian dari proses pendewasaan diri, kok!


5. Buat tantangan sendiri

Tantangan seperti workout untuk mendapatkan perut rata dalam sebulan, tantangan 2 minggu hanya minum air mineral, atau pun 7 hari penuh untuk selalu menyapa orang di kantor, kampus, atau tetangga. Jangan lupa, kalau kamu gak berhasil tentukan juga konsekuensinya.

BACA JUGA


Saat Semuanya Memaksamu Menyerah dan Kamu Memilih untuk Terus Melangkah

Saat Semuanya Memaksamu Menyerah dan Kamu Memilih untuk Terus Melangkah

Setiap bisnis mengandung risiko untung dan risiko rugi maka kita harus siap menghadapinya. Jika untung maka sebaiknya pelaku bisnis berusaha ...

Read more..

Sebelum usia 25 tahun, 5 hal yang telah disebutkan tadi sangat direkomendasikan buat kamu lakukan segera! Cari partner yang pas untuk melakukan poin 1 dan poin 2. Tulis daftar sifat atau sikap kamu sebelum dan sesudah kamu melakukannya. Apa kah ada perubahan (tentunya ke arah yang lebih baik) signifikan pada dirimu?

Well, make the best out of your life, ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sebelum 25 Tahun, Inilah 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Githa MuthiaAnanda | @githamuthiaananda

Silahkan login untuk memberi komentar