Saat Semuanya Memaksamu Menyerah dan Kamu Memilih untuk Terus Melangkah

Inspirasi

30.5K
Setiap bisnis mengandung risiko untung dan risiko rugi maka kita harus siap menghadapinya. Jika untung maka sebaiknya pelaku bisnis berusaha untuk menyisihkan sebagian keuntungan demi investasi masa depan.

Sebaliknya, jika rugi, kita harus siap menghadapinya. Dalam menjalankan bisnis sering kali para pelaku bisnis menemui bermacam godaan. Godaan-godaan yang menyertai jika mendapat keuntungan dan kemakmuran adalah seperti berikut ini:

1. Cenderung menjadi tinggi hati.

2. Cenderung terikat dengan kekayaan

3. Cenderung menindas dan bersikap semena-mena

4. Cenderung ingin memuaskan keinginan sendiri secara berlebihan

Berbicara tentang seorang pebisnis tangguh, kita bisa melihat pada salah satu sosok bernama Soichiro Honda. Honda menceritakan rahasia suksesnya bahwa apa yang dilihat orang lain mengenai kesuksesannya saat ini hanyalah 1%-nya saja. Sedangkan, orang lain tidak melihat 99% kegagalannya.

Kisah hidup Honda memang banyak diwarnai dengan kegagalan.

Ia dilahirkan dari keluarga miskin, tidak pintar di sekolah hingga dikeluarkan dari sekolah dan banyak kekurangan yang lain. Saat ia dewasa dan mulai menerjuni dunia otomotif, ring piston buatannya ditolak Toyota. Berkat kerja keras dan ketekunan yang luar biasa, ring piston buatannya diterima Toyota.

Saat Honda hendak mendirikan sebuah pabrik, rencana tersebut kandas karena saat itu sedang terjadi Perang Dunia II. Ia tidak putus asa, dan mengumpulkan modal dari sekelompok orang untuk mendirikan pabrik meskipun ia mengalami musibah, pabriknya terbakar dua kali akibat perang meletus.

Honda tidak putus asa.



Dia mengerahkan karyawannya untuk mengumpulkan sisa kaleng bensol yang dibuang oleh kapal Amerika yang digunakan sebagai bahan untuk mendirikan pabrik. Tanpa diduga gempa bumi menghancurkan pabriknya. Saat mencoba usaha-usaha lain, Honda selalu mengalami kegagalan, bahkan untuk memberi makan keluarganya saja ia mengalami kesulitan.

Titik balik kehidupannya diawali saat ia mencoba memasang motor kecil pada sepedanya. Di luar perkiraan, sepeda bermotor tersebut diminati tetangganya.

Di sinilah Honda mulai mengembangkan sepeda motor yang akhirnya menuai sukses luar biasa. Jika Honda tidak tangguh, barangkali orang tidak akan pernah mengenal sepeda motor merek Honda.

Keuletan dan konsistensi pada akhirnya selalu membuahkan hasil.



Jika hari ini kita sedang mengalamai kegagalan, dipecat dari perusahaan, atau bahkan mengalami kebangkrutan maka jangan berputus asa. Kisah Honda bisa dijadikan pelajaran menginspirasi dan membangkitkan semangat.

Menjadi karyawan atau pebisnis tangguh tidak diuji pada saat aman tapi pada saat mengalami masa-masa sulit.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Saat Semuanya Memaksamu Menyerah dan Kamu Memilih untuk Terus Melangkah". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Fachmy Casofa | @fachmycasofa

Managing Editor Virala.id. Writer of best seller national book, Habibie Tak Boleh Lelah dan Kalah!, Founder Satria Foundation and Epixplay Karya Indonesia | www.fachmycasofa.com or fachmycasofa@gmail.com for more creative collaboration.

Silahkan login untuk memberi komentar