Rencana Solo Traveling? Tingkatkan Keamanan Liburanmu dengan 10 Tips Berikut Ini!

Piknik

credit: Lifehack

1.5K
Sembilan tips ini akan membuat solo traveling kamu aman sekaligus menyenangkan

Solo traveling alias traveling sendirian memang memberi kamu banyak keleluasaan. Kamu bisa pergi menjelajahi banyak tempat dan melakukan apa saja yang kamu suka. Tetapi itu tidak lantas membuatmu jadi sembrono dan mengabaikan banyak hal selama bepergian. Kamu tentu tidak ingin kena masalah selama traveling, bukan? Makanya, agar kamu tetap nyaman menjalankan solo traveling, kamu harus memperhatikan hal-hal berikut ini.


1. Buat jadwal dan anggaran

credit: List Elist

Salah satu keuntungan traveling sendirian adalah kamu bisa menentukan tempat apa saja yang ingin kamu kunjungi. Oleh karenanya, penting bagi kamu untuk menuliskan tempat-tempat tujuan tersebut dan waktu untuk mengunjunginya.

Buat pula anggaran untuk menentukan kisaran biaya yang kamu perlukan untuk mewujudkan petualanganmu itu.


2. Simpan uang di tempat aman

credit: CB Insight

Kemanapun kamu pergi, memang lebih baik kamu tidak membawa uang tunai di dalam dompet dalam jumlah yang banyak. Kamu akan mengalami kerugian besar seandainya dompet kamu yang penuh uang itu raib alias atau berpindah tangan.

Jika kamu tetap memaksakan diri membawa uang banyak, pastikan simpan di tempat yang paling aman. Atau kamu juga bisa “menyebar” uangmu itu di beberapa tempat. Maksudnya, kamu tidak menyimpan seluruh uang di satu tempat saja. Selain dompet, sebar uangmu di saku pakaian, tas, atau bahkan diselipkan di dalam kaus kaki.


3. Bawa barang seperlunya

credit: WordPress

Sebelum hari keberangkatan, tentukan dulu barang-barang yang ingin kamu bawa selama perjalanan. Membawa terlalu banyak barang tentu akan mengurangi kenyaman traveling. Selain itu barang bawaan yang kelewat banyak juga akan menambah biaya bagasi ketika kamu bepergian menggunakan pesawat terbang.


4. Jangan asal memberi tahu kalau kamu sedang travelling sendirian

Jangan sembarangan mengatakan pada orang yang tidak kamu kenal kalau kamu sedang tavelling sendirian. Hal ini penting untuk mencegah kamu jadi incaran orang-orang jahat. Tak apa kamu sedikit berbohong dan mengaku kalau kamu sedang berwisata bersama banyak teman daripada kamu jadi sasaran empuk pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.


5. Jangan gunakan pakaian atau memakai perhiasan mencolok

credit: Gregetan

Ingat, tujuan kamu traveling adalah untuk bersenang-senang dan menyegarkan kembali pikiran, bukan untuk pamer barang-barang mahal yang kamu punya. Jadi, perhatikan apa yang kamu pakai karena jika kamu mengenakan sesuatu yang berlebihan dan mencolok, kamu berpeluang besar untuk menjadi saasaran kejahatan.


6. Hati-hati saat memakai gadget

credit: Time Magazine

Keberadaan gadget memang penting untuk membuat traveling kamu sempurna. Mengambil foto, update status, atau menggunakan layanan GPS adalah fungsi gadget selama traveling. Tapi ingatlah untuk selalu memperhatikan sekelilingmu saat kamu sedang memakai gadget. Usahakan cari tempat yang aman untuk menggunakan gadget dan yang terpenting kamu harus tetap waspada.


7. Bawa alat pelindung

credit: Pinterest

Kamu tidak akan pernah tahu kapan bahaya akan datang dan kamu juga tidak bisa berharap semua orang di sekitarmu adalah orang baik. Berhubung kamu pergi sendirian, maka memiliki alat-alat pelindungan diri menjadi hal sangat diutamakan. Bawalah alat-alat pertahan diri semacam, pisau lipat, semprotan merica, atau alat kejut listrik (taser).


8. Sebisanya jangan pergi di malam hari

credit: Shutterstock

Jangan sok jagoan dengan memaksakan diri bepergian di malam hari. Jika kamu berkeras pergi di malam hari, setidaknya cari orang yang bisa dipercaya untuk menemanimu.


9. Simpan nomor darurat setempat

Cari informasi tentang nomor-nomor darurat di tempat kamu melakukan traveling. Paling tidak kamu harus punya nomor kantor polisi, layanan kesehatan, atau pusat transportasi terdekat.


10. Berdoa

Sebelum kamu pergi ke tempat tujuan, luangkan waktu sebentar untuk berdoa. Mintalah perlindungan-Nya agar perjalananmu aman dan menyenangkan.

BACA JUGA


Asyiknya Solo Travelling Bisa Berikan Kamu 6 Keuntungan Ini. Berani Coba?

Asyiknya Solo Travelling Bisa Berikan Kamu 6 Keuntungan Ini. Berani Coba?

Traveling sendirian ternyata bisa mendatangkan banyak keuntungan untukmu

Read more..

Traveling sendirian tidak berarti kamu bisa seenaknya pergi tanpa melakukan persiapan-persiapan yang penting. Jangan sampai kesembronoan dan sikap tak acuh membuatmu terkena masalah selama melakukan traveling.

Nah, selamat traveling dengan aman!

Oh iya, kalau kamu punya tips lainnya, jangan sungkan memberitahu, ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Rencana Solo Traveling? Tingkatkan Keamanan Liburanmu dengan 10 Tips Berikut Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ludi Mauliana | @ludimauliana

Silahkan login untuk memberi komentar