Putus Cinta Bikin Galau Berkepanjangan? Tenang, Kamu Hanya Perlu Melewati 5 Tahapan Ini untuk Kembali Happy!

Cinta

photo credit: identity-mag

826
Bagian tersulit dari putus cinta adalah berjuang melewati waktu untuk menerima kenyataan.

Kamu pernah putus cinta? Biasanya, berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk bisa move on? Bisakah kamu ingat-ingat kembali apa yang kamu rasakan ketika kamu dan pasanganmu akhirnya berpisah?

Pada tahun 1969, Dr.Elisabeth Kubler-Ross mengembangkan sebuah teori yang bernama “The 5 Stages of Grief”. Teori tersebut menjelaskan tentang fase-fase yang akan dialami seseorang saat berada dalam sebuah kedukaan atau tragedi. Fase-fase tersebut terdiri dari Denial (Penyangkalan), Anger (Kemarahan), Bargaining (Penawaran), Depression (Depresi), dan Acceptance (Penerimaan).

Di dalam tulisan ini, kamu akan menjalani sebuah simulasi tentang apa yang akan terjadi pada dirimu saat mengalami kegagalan cinta berdasarkan teori tersebut.


1. Denial - Kamu menyangkal apa yang sudah menimpamu

photo credit: satujam

Ketika kamu baru saja putus cinta, kamu akan mempertahankan diri dengan menyangkal keputusan tersebut. Kamu meyakinkan diri sendiri bahwa tidak ada yang terjadi sehingga kamu menyangka cintamu dengan pasanganmu belum berakhir.


2. Anger - Kamu tidak terima dan kamu menjadi marah

photo credit: identity-mag

Di fase ini kamu belum bisa menerima apa yang terjadi. Kamu juga menuntut penjelasan darinya. Namun terkadang apa pun yang pasanganmu jelaskan terasa tidak masuk akal dan sulit untuk kamu pahami hingga kemudian emosimu pun terpicu. Kamu akan menunjukkan kemarahanmu. Pada beberapa kasus, kemarahan yang muncul itu dapat berujung pada tindak kekerasan.


3. Bargaining - "Please, jangan tinggalin aku dulu"

photo credit: identity-mag

Kamu sudah menunjukkan emosimu tapi pasanganmu bergeming dengan keputusannya. Karena kamu belum siap kehilangan dia, kamu pun melunak. Di fase ini kamu akan melakukan apa pun seperti memohon, meminta, atau berjanji bahwa kamu akan menjadi orang yang lebih baik lagi. Kamu akan lakukan apa pun asalkan dia tidak pergi.


4. Depression - Kamu tenggelam dalam kegalauan

photo credit: story.rozali

Marah sudah, memohon pun sudah, tetapi pasanganmu tetap gigih dengan keputusannya. Dia teguh ingin berpisah dan kamu pun mulai memasuki fase depression. Di fase inilah kamu akan menghabiskan sebagian besar waktumu dengan bersedih. Segala sesuatu yang berhubungan dengan dia akan membuatmu sedih dan galau seketika. Misalnya, ketika kamu tidak sengaja mendengar lagu favoritnya, kamu pun menangis. Di fase keempat ini kamu sangat mungkin melewati hari-hari dengan sering melamun (terutama saat hujan trurun), mendengarkan lagu-lagu bertema patah hati, menolak berbicara dengan orang lain, atau mengungkapkan perasaan sedihmu di jejaring sosial.


5. Acceptance - Pada akhirnya kamu mampu menerima semuanya


Ketika semua usahamu untuk kembali padanya tidak membuahkan hasil, kamu menyadari tidak ada pilihan lain yang kamu punya selain menerima keadaan lalu mulai move on. Untuk mendukung proses move on tersebut, biasanya kamu akan menyingkirkan segala hal yang berhubungan dengan mantan kekasihmu mulai dari hadiah, foto, lagu-lagu kesukaannya, hingga nomor kontak dan akun media sosialnya pun akan kamu hapus.

BACA JUGA


10 Alasan Asyiknya Punya Pasangan Traveler

10 Alasan Asyiknya Punya Pasangan Traveler

Mulai saat ini. Jangan mengeluh dan selalu tersenyumlah, nikmati peranmu. Syukuri dan jalani dengan ikhlas, Bahagialah dengan cara yang ...

Read more..

Itulah hal-hal yang kamu alami saat putus cinta berdasarkan perspektif teori 5 Stages of Grief. Apa yang sudah kamu baca di atas tidak lebih dari sebuah penggambaran. Artinya, kamu belum tentu mengalami seluruh 5 fase seperti yang sudah disebutkan. Kamu bisa saja hanya mengalami 3 atau 4 fase. Dan mungkin juga kamu tidak mengalami satu fase pun sehingga kamu bisa move on seketika.

Kalau kamu punya pengalaman tentang putus cinta, silakan berbagi di sini.




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Putus Cinta Bikin Galau Berkepanjangan? Tenang, Kamu Hanya Perlu Melewati 5 Tahapan Ini untuk Kembali Happy!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ludi Mauliana | @ludimauliana

Silahkan login untuk memberi komentar