Para Web Designer, Pilih Warna yang Tepat untuk Ekspresikan Karyamu. Berikut Ini Panduannya!

Industri Kreatif

481
Ternyata warna mampu membantu memberikan pesan itu sampai kepada para pembaca. Ini dia caranya!

Warna mampu memunculkan reaksi emosional yang berbeda dan unik. Warna juga menjadi elemen yang dominan dalam desain dan kehidupan. Salah satu bagian pekerjaan yang sangat bergantung dengan tampilan sebuah warna adalah web desain. Para web designer diharapkan dapat menentukan warna yang tepat sesuai dengan dampak dari setiap warna yang dipakai, bagaimana, dan kapan menggunakannya. Berikut ini ada beberapa penjelasan nuansa warna yang bisa kamu gunakan dalam mendesain sesuai dengan perasaan atau emosi yang ingin kamu munculkan lewat karyamu.


1. Merah:

Photo Credit: noupe

Warna merah merupakan warna yang memiliki aura kuat. Walaupun begitu harus berhati-hati dalam menggunakan warna ini untuk sebuah desain. Kemampuan untuk memikat memang tinggi, tapi jika salah dalam penggunaannya akan menghambat relaksasi. Jika ingin menunjukkan gairah tinggi dan keberanian, kamu bisa gunakan warna merah dengan dikolaborasikan dengan pattern kecil yang meringankan tapi tidak menghilangkan aura kuat dari warna merah ini.


2. Jingga

Photo Credit: onextrapixel

Warna ini menunjukkan simbol semangat, optimisme dan kepercayaan diri. Para web designer bisa menggunakannya dengan bebas, walaupun ada bagian dari warna merah, karena warna ini hasil dari campuran merah dan kuning, jingga merupakan warna netral yang bisa membuat situs web terlihat berwarna tapi juga nyaman dilihat lama-lama.


3. Kuning

Photo Credit: speckyboy

Warna kuning merupakan warna dengan sisi unik. Biasanya ini untuk menunjukkan rasa bahagia dan kehangatan. Selain itu juga menimbulkan sisi untuk bermain. Akan lebih baik jika menggunakan warna kuning dipadupadankan dengan warna gelap seperti hitam atau warna emas.


4. Biru

Photo Credit: hongkiat

Warna yang satu ini sudah banyak digunakan sebagai situs website. Warna biru menunjukkan sisi menenangkan dan kepercayaan. Ada dua jenis biru yang bisa digunakan untuk web desain. Pertama biru terang seperti biru langit, yang mampu memberikan kesan menyegarkan dan perasaan bebas. Sedangkan biru gelap memberikan kesan aman.


5. Hijau

Photo Credit: designspike

Warna hijau identik dengan alam dan suasana yang santai. Warna ini merupakan warna yang memberi keseimbangan bagi warna lain. Di dalam web desain, hijau dapat memberikan kesan yang segar. Kamu bisa kombinasikan dengan warna cokelat gelap.


6. Ungu

Photo Credit: spyrestudios

Warna ungu menciptakan suasana yang mewah dan elegan. Warna ini cocok untuk membantu menaikkan daya tarik website, karena akan terlihat ‘mahal’. Warna ungu muda memberikan suasana yang lembut, sedangkan ungu tua memberikan sisi misteri. Tapi keduanya dapat memberikan nuansa asmara yang romantis.

BACA JUGA


Kreatif: Kunci Sukses di Zaman Sekarang! Ini dia 3 Resep Meningkatkan Kreativitas Tanpa Batas

Kreatif: Kunci Sukses di Zaman Sekarang! Ini dia 3 Resep Meningkatkan Kreativitas Tanpa Batas

“Hanya orang gila yang melakukan pekerjaan yang sama terus-menerus tetapi menginginkan hasil yang berbeda

Read more..

Warna memang bisa memberikan pesan emosi terutama pada objek desain, tapi itu tidak menjadi patokan. Kamu bisa menjadikan ini sebagai ide inspiratif untuk lebih kreatif dalam menunjukkan pesan dan kesan karyamu lewat sebuah warna. Terus berkarya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Para Web Designer, Pilih Warna yang Tepat untuk Ekspresikan Karyamu. Berikut Ini Panduannya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Geovania Loppies | @geovanialoppies

Silahkan login untuk memberi komentar