Para Film Maker, Ini Dia 10 Software CGI Andalan untuk Hasilkan Film dengan Visual Terbaik!

Industri Kreatif

656
Film akhir-akhir ini tidak terlepas dari adanya efek-efek yang memberikan sensasi lebih dalam dan menarik. Hal itu semuanya dibuat dari program CGI yang dibentuk oleh para desain perfilman melalui software dan aplikasi.

CGI (Computer Generated Imagery) merupakan penciptaan konten visual animasi dengan sebuah aplikasi perangkat lunak. CGI digunakan untuk membentuk sebuah gambar visual baik diam atau bergerak yang digunakan pada periklanan, desain arsitek, teknik, tv show, video game, efek film, dan sebagainya. Akhir-akhir ini hampir semua film menggunakan CGI dalam proses pembuatannya. Dengan CGI, hal-hal yang tidak mampu dibuat secara fisikal dapat terlihat nyata. Beberapa film Hollywood yang menggunakan CGI ada Thor Ragnarok, Wonder Woman, Star Wars, Kingsman, dan lain-lain. Kamu yang tertarik dalam bidang perfilman atau desain mungkin ingin tahu software atau aplikasi apa saja yang sering digunakan para pembuat film tersebut. Berikut ada 10 software CGI terbaik.


1. Adobe Illustrator

Photo Credit: softdeluxe

Software ini merupakan bagian dari Adobe System. Biasanya digunakan untuk membuat vektor. Tapi, lewat aplikasi ini juga bisa membuat CGI dalam bentuk 2D.


2. Autodesk Maya

Photo Credit: billdesowitz

Software pembuat animasi 3D ini lebih relatif mudah dibandingkan yang lainnya. Kamu yang mau menggambar dan membentuk sebuah model dan karakter animasi bisa gunakan software yang satu ini.


3. Autodesk 3Ds Max

Photo Credit: d22blwhp6neszm.cloudfront.net

Dalam finishing object, software ini dapat memberikan kesan virtual mendekati aslinya serta memiliki efek-efek khusus seperti efek cahaya, bayangan, atmosfer, dan sebagainya. Software ini cocok untuk kamu yang pemula karena akan lebih mendalami cara-caranya lebih detail.


4. Adobe After Effects

Photo Credit: digitaltextuality.pbworks

Menggunakan After Effects akan membuat efek yang lebih dinamis terhadap film yang kamu buat. Selain itu, dalam software ini juga terdapat matte painting yang menjadikan sebuah gambar terlihat nyata sebagai background film yang biasanya saat shooting menggunakan green screen.


5. Blender

Photo Credit: wikimedia

Software ini merupakan perangkat lunak di bawah GNU yang biasanya digunakan untuk modeling, uv unwrapping, texturing, rigging, water simulator, skinning, animating, rendering, particle, dan membuat interaktif 3D termasuk video game.


6. Apple FCP-X

Photo Credit: iphoneincanada

Lebih dikenal dengan Final Cut Pro, Apple FCP-X merupakan software professional untuk menyunting video. Software ini dikembangkan oleh Maromedia Inc. dan sekarang di bawah perusahaan Apple yang berjalan di sistem operasi Mac OS X versi 10.5.6. Hasil editing video dari software ini akan lebih memuaskan karena dapat diedit secara real time dari beberapa kamera.


7. The Foundry Nuke

Photo Credit: foundry

Software editing VFX ini juga dapat mengkomposisi editing video secara professional bersadarkan timeline dan menambahkan efek pada video.


8. Avid Media Composer

Photo Credit: videomaker

Walaupun dikenal lebih susah dalam penggunaannya, software ini memiliki tingkat level editing yang berkelas dan professional. Beberapa film Hollywood yang menggunakan software ini di antaranya ada Avatar, Iron Man, 127 Hours, The Avenger, dan lain-lain.


9. Zbrush

Photo Credit: iamag

Software ini dikenal memiliki kemampuan pada pengguna untuk memahat atau mengukir model. Selain itu, Zbrush juga popular digunakan dalam pipeline production tidak hanya untuk perfilman, tapi juga video game, konsep desain, dan sebagainya.


10. Lightwave


Photo Credit: googleusercontent

Lightwave merupakan sebuah program grafik komputer secara 3D. Aplikasi ini dikenal sebagai kemampuan rendering dan animasinya yang bagus. Lightwave merupakan aplikasi multi-threaded yang menggunakan 8 prosesor.

BACA JUGA


Belajar dari Keseruan Film Thor: Ragnarok, Inilah 7 Inspirasi yang Bisa Kamu Dapatkan!

Belajar dari Keseruan Film Thor: Ragnarok, Inilah 7 Inspirasi yang Bisa Kamu Dapatkan!

Selama 130 menit, film ini banyak memberikan cerita yang menegangkan, haru, dan humor yang sesuai sehingga dijamin kamu tidak akan bosan dan ...

Read more..

Itu dia top 10 aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat film animasi atau CGI yang bagus dan terlihat professional. Kesepuluh software di atas bisa kamu kolaborasikan sesuai dengan kebutuhan sehingga hasil akan lebih maksimal. Semoga bermanfaat dan silahkan mencoba!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Para Film Maker, Ini Dia 10 Software CGI Andalan untuk Hasilkan Film dengan Visual Terbaik!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Geovania Loppies | @geovanialoppies

Silahkan login untuk memberi komentar