Microsoft Akuisisi LinkedIn Senilai 348 Triliun!

Kabar

4.3K
“Hari ini LinkedIn seperti terlahir kembali. Saya melihat kesempatan yang menakjubkan untuk para karyawan dan pengguna kami, dan saya sangat mendukung bisnis gabungan yang baru ini.” Reid Hoffman

LinkedIn yang merupakan raksasa media sosial yang khusus untuk para profesional ini, pada tanggal 13 Juni 2016, resmi dicaplok oleh perusahaan besutan Bill Gates, yakni Microsoft, yang sekarang dipimpin oleh Satya Nadella. Microsoft harus mengeluarkan duit sebanyak US$26,2 miliar atau bila dirupiahkan sekitar Rp348 triliun, untuk mendapatkan LinkedIn.

Memang akhirnya banyak pertanyaan, langkah apa yang akan segara diambil oleh Microsoft dengan akuisisi bernilai fantastis ini, mengingat sebelumnya pada April 2015, LinkedIn juga telah mengakuisisi Lynda, yang bergerak dalam ranah online learning.



Beberapa pengamat mengatakan bahwa, kemungkinan besar tentu saja Microsoft dengan Lynda dan LinkedIn akan saling mendukung untuk kemampuan dan pengalaman pengguna yang lebih baik, misalkan para profesional yang berada di LinkedIn bisa memiliki akses untuk meningkatkan skill dengan belajar di Lynda, dan pengguna Lynda yang ingin memasuki ranah profesional bisa diarahkan untuk menggunakan LinkedIn.

Hal tersebut tentu mutualisme yang akan mengguncang dunia startup edtech.

Tetapi, kita tunggu saja bagaimana Microsoft akan menggunakan dua kekuatan tersebut dalam strategi bisnisnya ke depan. Dengan nilai akuisisi yang sebesar itu, tentu langkah besar juga yang akan diambil oleh Microsoft, bukan?

Microsoft dalam laman resminya menyatakan bahwa LinkedIn akan tetap beroperasi secara independen. Itu artinya, Jeff Weiner tetap menjadi CEO di LinkedIn, namun berada dalam pengawasan Satya Nadella sebagai petinggi Microsoft. Sebagai informasi, hingga saat ini, LinkedIn telah menjaring 433 juta pengguna, dengan dukungan rata-rata 105 juta pengunjung unik di setiap bulannya, dengan 7 juta jumlah lowongan kerja aktif.



Sebagaimana dilansir oleh Bloomberg, ini adalah akuisisi dengan nilai terbesar dalam kepemimpinan Satya Nadella. Mari kita lihat grafiknya di bawah ini.



Langkah apa yang akan diambil Microsoft setelah proses akuisisi ini tentu layak ditunggu.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Microsoft Akuisisi LinkedIn Senilai 348 Triliun!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Virala | @virala

Markasnya biang kreatif Indonesia

Silahkan login untuk memberi komentar