Mengeluh Boleh Saja, Tapi Harus Perhatikan Tiga Hal Ini Dulu!

Industri Kreatif

photo credit: smartness

867
Mengeluh yang benar adalah mengeluh pada orang yang tepat, di tempat yang tepat, dan pada waktu yang tepat pula.

Mengeluh sudah menjadi bagian dari sifat alami manusia. Ketika mendapat sebuah masalah seseorang akan dengan mudahnya mengatakan betapa berat dan menyebalkannya masalah itu. Pada dasarnya tidak ada yang melarang kamu mengeluh. Hanya saja kamu perlu memahami bahwa kamu tidak bisa sembarangan mengeluarkan uneg-uneg semaumu. Setidaknya kamu harus memperhatikan tiga hal ini.


1. Cari orang yang bisa kamu percaya

LinkedIn

Ketika kamu memutuskan ingin menceritakan masalahmu kepada orang lain, carilah orang yang bisa dipercaya. Keluarga, rekan kerja, sahabat, atau pasangan adalah pilihan bijak yang bisa kamu ambil. Namun kamu perlu bertanya terlebih dahulu apakah mereka bersedia mendengarkan atau tidak. Kamu juga tidak boleh memaksa jika kebetulan mereka sedang tidak mau atau tidak bisa mendengarkan masalahmu.


2. Hindari mengeluh di media sosial

photo credit: smartness

Di zaman modern ini, seseorang seakan bebas menuliskan apa saja di akun media sosialnya, termasuk mengeluh. Namun keputusan untuk membeberkan masalah yang sedang kamu alami dan menuliskannya di media sosial sangatlah berisiko, karena:

  • Tidak semua orang akan peduli
  • Beberapa orang akan menganggapmu sangat menganggu karena sudah mengeluh di media sosial
  • Peluang memperoleh simpati sama besarnya dengan peluang mendapatkan cibiran dan cemoohan. Artinya, ketika ada yang menyampaikan simpati atas masalah yang menimpamu, ada pula yang akan mengatakan kalimat-kalimat negatif yang bisa membuatmu semakin stres.

Jadi sekali lagi, hindari mengeluh di media sosial.


3. Mengeluh harus lihat-lihat waktu

Ketika kamu sudah menentukan kepada siapa kamu akan menceritakan masalahmu, tanyakan dulu kapan dia bisa mendengarkanmu. Setiap orang punya kesibukan masing-masing dan kamu tidak bisa begitu saja meminta seseorang meluangkan waktunya untuk mendengarkan keluhanmu.

BACA JUGA


Tipe-Tipe Pembaca Artikel Online. Kamu Masuk yang Mana Nih?

Tipe-Tipe Pembaca Artikel Online. Kamu Masuk yang Mana Nih?

Apakah kamu sering meninggalkan komentar setelah membaca atau pergi begitu saja

Read more..

Kamu boleh mengeluh karena kamu masih seorang manusia. Namun sikap kamu dalam memilih di mana, kapan, dan kepada siapa kamu akan mengeluh akan menentukan apakah masalahmu yang sedang kamu alami akan teratasi dengan baik atau tidak.

Mengeluh itu sama seperti membuang sampah. Jika dilakukan sembarangan, maka hanya akan mendatangkan kerugian bagi diri sendiri dan orang lain.

Bagaimana menurut kamu? Adakah hal-hal lain yang harus dipikirkan sebelum mulai mengeluh?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mengeluh Boleh Saja, Tapi Harus Perhatikan Tiga Hal Ini Dulu!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ludi Mauliana | @ludimauliana

Silahkan login untuk memberi komentar