Mau Liburan Akhir Tahun? Ini 6 Cara Ampuh Dapatkan Cuti Buat Anak Baru!

Kerja

360
Sedikit lagi sudah akhir tahun. Pasti sudah ada rencana liburan bersama keluarga atau teman-teman. Tapi ternyata pekerjaan masih banyak di kantor. Bagaimana cara mendapatkan cuti?

Sedikit lagi kita akan memasuki liburan akhir tahun. Bisa kamu ketahui bahwa jatah libur pekerjaan di Indonesia itu sedikit sekali, apalagi untuk liburan. Walaupun memang ada cuti nasional, tapi terkadang waktu liburan yang dibutuhkan kurang untuk bisa kamu nikmati bersama dengan keluarga dan kerabat. Nah, setiap perusahaan memiliki aturan dalam hal ini berbeda-beda. Maka dari itu bagi kamu yang baru masuk dalam dunia kerja, mungkin masih belum tahu cara-cara yang tepat mendapatkan izin cuti dengan mudah. Nah, berikut trik yang bisa kamu lakukan.


1. Ajukan jauh-jauh hari

Photo Credit: Pexels

Kamu ingin liburan akhir tahun? Sebaiknya ajukan permintaan cuti jauh-jauh hari. Bisa sebulan atau seminggu sebelumnya. Hal ini biasanya juga mampu memudahkan kamu mendapatkan izin. Selain itu, mengajukan cuti jauh-jauh hari merupakan salah satu etika setiap perusahaan.


2. Tidak mengambil cuti terlalu lama

Photo Credit: Pexels

Kamu memang butuh waktu libur, tapi berpikirlah matang-matang dalam mengajukan cuti. Kamu harus memikirkan konsekuensi jika mengambil waktu cuti terlalu lama. Itu bisa berdampak terhadap pekerjaan kamu dan merugikan perusahaan. Selain itu, pikirkan juga teman-teman kantormu yang ingin mengambil jatah cutinya.


3. Selesaikan pekerjaan lebih dahulu

Photo Credit: Pixabay

Karena kamu sudah berencana untuk mengambil cuti pas akhir tahun. Pastikan pekerjaan-pekerjaan kamu itu sudah selesai lebih dahulu. Karena terkadang ada beberapa perusahaan yang tidak mengizinkan karyawan cuti karena pekerjaannya yang banyak dan masih terbengkalai. Selain itu, saat sudah mendapatkan cuti, kamu pun tidak direpotkan dengan sisa-sisa pekerjaan yang masih menumpuk.


4. Miliki rekan kerja yang bisa mengambil alih pekerjaan

Photo Credit: Pexels

Jika pekerjaan kamu terlalu banyak hingga pada hari H kamu cuti masih belum terselesaikan. Kamu bisa mencari teman kerja yang mau mengambil alih pekerjaan. Memang hal ini jarang bisa terjadi, tapi kalau ada orang yang kamu percaya dan kompeten kenapa tidak mencobanya. Setidaknya kamu bisa berikan dia beberapa pekerjaan yang tidak terlalu berat.


5. Pastikan kamu tetap bisa dijangkau oleh rekan kerja atau atasan


photo credit: Daily Mirror

Konsekuensi mengambil jatah cuti di akhir tahun biasanya ada pekerjaan menumpuk. Walau sedang liburan, upayakan kamu tetap bisa dihubungi oleh rekan kerja atau atasan.

BACA JUGA


Asyiknya Solo Travelling Bisa Berikan Kamu 6 Keuntungan Ini. Berani Coba?

Asyiknya Solo Travelling Bisa Berikan Kamu 6 Keuntungan Ini. Berani Coba?

Traveling sendirian ternyata bisa mendatangkan banyak keuntungan untukmu

Read more..

Saat bekerja memang ada kalanya butuh waktu liburan untuk istirahat dari pekerjaan-pekerjaan yang berat. Walau begitu, tanggung jawab tetap harus kamu selesaikan dengan baik. Selamat berlibur!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mau Liburan Akhir Tahun? Ini 6 Cara Ampuh Dapatkan Cuti Buat Anak Baru!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Geovania Loppies | @geovanialoppies

Silahkan login untuk memberi komentar